Tuesday, May 7, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo semua, kembali lagi di blog Mahfud Andriyan ini. Pada kesempatan kali ini setelah saya tadi membagikan sebuah tutorial untuk melakukan sebuah konfigurasi DNS server pada debian server maka saat ini saya akan menambahkan artikel untuk cara mengatasi nslookup command not found pada debian server, untuk lebih jelasnya simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Latar Belakang :
Pada dunia internet komputer dapat saling berkomunikasi antara satu dengan yang lain itu melalui alamat IP Address bukan dengan DNS(Domain Name System). Namun ketika manusia di berikan alamat IP Address untuk menghafalkannya itu lebih sulit jika di bandingkan dengan mengingat sebuah nama domain.

Pengertian :


Nslookup merupakan sebuah perintah pada administrasi jaringan yang tersedia di banyak sistem operasi komputer untuk menanyakan sebuah DNS (Domain Name System) untuk mendapatkan nama domain atau pemetaan alamat IP Address.

Maksud dan Tujuan :
Dapat mengatasi error yang terjadi ketika melakukan perintah nslookup.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu melakukan konfigurasi nslookup yang mengalami not found pada debian server.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
Charger
Debian Server

Waktu Kegiatan :
Hari : Selasa
TGL : 07 Mei 2019

Pembahasan :

Pada intinya permasalahannya itu seperti gambar diatas teman-teman, jika teman-teman itu mengalami kasus seperti itu jangan khawatir tinggal lihat cara mengatasinya dengan langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Langkah pertama kita harus menginstall "dnsutils" agar dapat bisa kita lakukan nslookup nantinya, untuk melakukan instalasi tersebut kita menggunakan perintah seperti berikut.

"#apt-get install dnsutils"


2. Kedua ini pada saat proses instalasi jika ada pertanyaan "Do you want to continue? [Y/n]", maka kita pilih saja "y", seperti berikut ini.


3. Langkah Terakhir kita setelah menginstall dnsutils tersebut maka kita tinggal melakukan pengecekan dengan nslookup, menggunakan perintah.

"#nslookup nama_domain/ip_address"

Jika kita berhasil maka akan bisa kita lihat seperti di bawah ini dan sudah tidak ada permasalahan lagi.


Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan kita menginstall dnsutils maka masalah nslookup command not found pada debian server dapat kita atasi secara mudah.

Referensi :
Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf
https://en.wikipedia.org/wiki/Nslookup

Penutup :
Oke teman-teman itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers