Saturday, March 9, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Oke teman-teman kembali lagi di blog saya ini, pada kesempatan kali ini saya akan mensharingkan ilmu tentang pengertian serta cara instalasi Moodle di Localhost.


Latar Belakang :
Dalam penginstalan moodle ini berlatar belakang untuk mengenai dunia penddikan di jaman IT seperti sekarang ini, pada saat ini pembelajaran ataupun E-Learning itu masih kurang maksimal maka dengan adanya kita melakukan penginstalasian moodle ini dapat digunkan untuk kegiatan pembelajaran secara online. Sehingga Moodle sendiri juga dapat mempermudah kita dalam kegiatan pembelajaran di sekolahan maupun di rumah.


Pengertian :
Moodle (Modular Object-oriented Dynamic Learning Envionment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist. MOODLE merupakan salah satu aplikasi yang terdiri dari sebuah konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau disebut E-Learning.


Maksud dan Tujuan :
Bisa tahu apa itu Moodle dan mengetahui fitur-fitur pada Moodle beserta fungsinya.


Hasil yang Diharapkan :
Kita mampu melakukan instalasi Moodle dan dapat menggunkannya.


Alat dan Bahan :
Laptop/PC
Charger
File Moodle (DISINI)

Waktu Kegiatan :
Hari : Sabtu
TGL : 09 Maret 2019

Pembahasan :


MOODLE merupakan salah satu aplikasi yang terdiri dari sebuah konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau disebut E-Learning.

Fitur-fitur dari Moodle :
Dalam User Mangement Moodle ini secara terdapat 7 lapisan user (Previllage) untuk mengurangi tingkat keterlibatan administrator sehingga administrator tidak terlalu sibuk dalam mengerjakan tugas di situs tersebut, meskipun ada 7 lapisan user ini tentu saja tingkat keamanan harus kita pertahankan.

1. Administrator
Administrator merupakan seorang yang bertugas mengatur situs secara umum.

2. Course Creator
Course Creator merupakan seorang yang dapat membuat course (pelatihan/mata kuliah/mata pelajaran), dan mengajar course tersebut atau menunjuk teacher (pengajar) mana yang akan mengajarkan course tersebut dan melihat course yang tidak dipublish. Dalam dunia real atau nyata bisa disebut koordinator progam studi atau kepala departemen.

3. Teacher
Teacher merupakan seorang pengajar yang dapat melakukan apapun terhadap course yang diajarkannya, seperti mengganti aktivitas yang terdapat pada course tersebut, memberikan nilai kepada siswa, mengeluarkan  siswa yang tergabung dalam course tersebut serta dapat menunjuk non editing teacher untuk mengajar pada course tersebut.

4. Non-editing teacher
Non-editing teacher mengajarkan coursenya, seperti memberikan nilai siswa namun tidak dapat mengubah aktivitas yang telah dibuat teacher. Di dalam dunia nyata ini biasanya disebut assisten dosen.

5. Student
Student merupakan user yang belajar pada suatu course tersebut.

6. Guest
Guest merupakan user yang selalu memiliki hak akses read-only. Setiap user yang belum terdaftar ke moodle disebut guest.

7. Authenticated User
Authenticated User merupakan secara default seluruh user yag telah login.

Sedangkan Course Management Moodle ini yang ada hanyalah user dengan role sebagai  teacher, dan tentu saja admin yang dapat melakukan apapun. Course Management pada Moodle tersebut memiliki beberapa format,diantaranya seperti berikut :

1. LAMS course format
LAMS course format merupakan materi yang digunakan sebagai materi utama untuk melakukan proses belajar mengajar.

2. SCORM format
SCORM format merupakan format yang digunakan teacher untuk melakukan seluruh proses belajar mengajar pada course tersebut.

3. Social format
Social format merupakan format yang berguna bila proses belajar mengajar yang dilakukan hanya memerlukan diskusi atau interaksi antar komponennya yaitu student dengan teacher, student dengan student.

4. Topics format
Topics format merupakanformat pembagian materi pada course berdasarkan penjadwalan yang tetap (week) dan  format course ini yang didesain dengan concept-oriented, dimana proses belajar mengajar akan melalui tahapan-tahapan konsep, mulai dari beginner sampai advance.

5. Weekly format
Weekly format ini merupakan format yang sama dengan format topic yaitu pemabgian materi pada course berdasarkan penjadwalan.

6. Weekly format - CSS/No tables
Weekly format - CSS/No tables merupakan format yang sama dengan format weekly, namun tanpa menggunakan table sebagai layout.

Oke teman-teman itu pengertian dan pengenalan jenis fitur-fitur dalam Moodle, Selanjutnya kita lanjut ke langkah instalasi Moodle berikut ini.

1. Pertama pastikan kalian sudah memiliki file moodle tersebut,jika belum bisa mendownloadnya DISINI.

2. Kedua kita bukak terminal kita masuk sebagai superUser kemudian kita masuk ke direktori tempat kita menyimpan file moodle tersebut.


3. Setelah itu kita kita copy  file moodle tersebut ke direktori "/var/www/html/", dengan perintah seperti berikut.


Kemudian setelah mengcopy file moodle tersebut kita masuk pada direktori /var/www/html, seperti berikut ini.


4. Langkah keempat ini setelah kita masuk ke direktori /var/www/html tersebut kita lihat file moodle kita apakah sudah tercopy apa belum di direktori tersebut, jika kita berhasil maka seperti berikut.


5. Kelima ini setalah kita pastikan file moodle tersebut sudah tercopy, maka kita selanjutnya mengekstrak file moodle tersebut dengan perintah seperti di bawah ini.

"#unzip file_yang akan kita ekstrak"


Setelah kita selesai mengekstrak maka kita lihathasil dari ekstrakan file moodle tersebut, seperti berikut.


6. Langkah keenam ini kita berikan hak akses pada direktori moodle hasil ekstrakan tersebut dengan perintah seperti berikut.

"#chmod -R 777 nama_direktori"


Selain memberikan hak akses dengan perintah chmod jangan lupa kita juga berikan hak akses dengan perintah seperti di bawah ini.
"#chown -R www-data:www-data nama_direktori"


7. Kemudian langkah ketujuh ini kita dari direktori /var/www/html kembali ke direktori "/var/www" dengan perintah seperti berikut.

"#cd .."

8. Setelah kita berada di direktori "/var/www" maka kita buat direktori baru "moodledata" dengan menggunakan perintah seperti berikut.

"#mkdir nama_direktori"
 

9. Langkah kesembilan ini kita berikan hak akses pada direktori moodledata tersebut dengan perintah seperti berikut.

"#chmod -R 777 nama_direktori"


Kemudian kita jangan lupa memberikan hak akses dengan perintah chown dengan perintah seperti di bawah ini.
 
"#chown -R www-data:www-data nama_direktori"


10.  Kemudian langkah kesepuluh ini kita masuk ke phpmyadmin kita, seperti berikut.


Setelah kita masuk pada phpmyadmin tersebut, langkah selanjutnya kita membuat database baru dengan nama "moodle", untuk lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini.


11. Kemudian setelah kita membuat database untuk moodle kita, langsung melakukan instalasi moodle tersebut melalui web browser pada laptop kita, maka nanti akan muncul halaman "Installation" kita langsung next aja memakai bahasa defaultnya saja, untuk melakukan ini kita menggunakan perintah seperti berikut.

"#localhost/moodle"



12. Pada langkah ini biarkan default saja dan jangan merubahnya agar tidak terjadi error, kemudian kita klik "Next" saja.
 

13. Kemudian setelah kita next di perintahkan memilih type database yang kita gunakan, berhubung saya menggunakan MariDB maka saya memilih "MariaDB (navite/maridb) tetapi jika teman-teman menggunakan mysql pilih aja yang "Improved MySQL (native/mysql)", lalu kita klik "Next".


14. Selanjutnya setelah kita memilih type database, kita di perintahkan untuk memasukkan username dan password sesuai phpmyadmin kita pada proses instalasi ini.

15. Pada langkah selanjutnya ini kita scroll kebawah klik "Continue", seperti berikut.
 

16. Selanjutnya pada saat sampai langkah ini pastikan server checks tersebut sudah ok semua, kemudian kita scroll kebawah dan klik "Continue".




17. Kemudian setelah kita klik continue tadi , maka proses ini yaitu proses instalasi semua paket-paket yang ada pada moodle tersebut dan pastikan sudah success semua, setelah sudah success semua kita scroll kebawah lalu klik "Continue" seperti gambar di bawah ini.




18. Setelah itu pada langkah ini kita diwajibkan untuk mengisi form-form yang ada untuk mendaftarkan ke account moodle, setelah kita pastikan terisi semua lalu scroll ke bawah maka kita klik "Update profile" untuk menyimpan data kita pada pendaftaran account moodle tersebut.






19. Pada langkah ini kita mengisi form untuk kita gunakan pada dashboard moodle ketika kita membuka moodle tersebut. Jangan lupa di isi dan setalah kita isikan scroll ke bawah klik "Save changes" untuk menyimpan data kita, seperti berikut.
 




20. Langkah terakhir ini setelah kita tadi menyimpan data untuk dashboard maka hasil akhirnya seperti berikut.


Pada tampilan your dashboard ini saya klik tanda (X), kemudian tampilannya berubah seperti gambar di bawah ini.


Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan kita menginstall moodle ini kita dapat manfaat untuk digunakan kegiatan E-Learning pembelajaran secara online.


Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Moodle
E-learning-dengan-moodle-2012.pdf

Penutup :
Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan teman-teman,kurang lebihnya mohon maff dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassamu'alaikum Wr.Wb 



0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers