Tuesday, February 12, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo teman-teman, Alhamdulillah pada malam hari ini kita berjumpa lagi dengan saya. Pada hari ini saya akan membahas materi mengenai langkah-langkah Konfigurasi Dasar Mikrotik Static.

Latar Belakang :
Pada zaman sekarang banyak yang sudah mengenal dunia IT, namun untuk maju melangkah ke yang lebih juah ya minimal kita harus bisa melakukan konfigurasi dasar mikrotik untuk membangun sebuah jaringan.

Pengertian :
Mikrotik merupakan perusahaan kecil yang berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins. Mikrotik sendiri mempunyai operasi sistem buatannya untuk menjalankan perangkatnya yaitu RouterOs.

Maksud dan Tujuan :
Dapat memahami konsep konfigurasi dasar mikrotik
 .
Hasil yang Diharapkan :
Mampu melakukan konfigurasi mikrotik statik dengan lancar.

Alat dan Bahan :
Laptop
Internet
Mikrotik
Kabel UTP
Winbox
Arus listrik
Charger

Waktu Kegiatan :
Hari : selasa
TGL  : 12 februari 2019

Pembahasan :


1. Pertama kita atur masuk ke network connections kemudian kita atur manual pada laptop kita untuk bisa mengakses mikrotik dengan winbox dengan IP 192.168.88.2 netmask /24 dan gatewaynya ip standart mikrotik 192.168.88.1 jangan lupa klik "Add".


2. Kedua kita sambungkan wired yang kita buat tadi dan pastikan sudah tersambung, seperti dibawah ini.


3. Ketiga masuk mikrotik dengan winbox dengan username login "admin" dan password kosong.


4. langkah keempat ini setelah kita masuk maka akan muncul tampilan "RouterOS Default Configuration" lalu kita pilih saja "Remove Configuration" nanti akan muncul tampilan seperti berikut.



5. Langkah kelima kita masuk pada menu wireless emudian pindah ke tab menu "Security profiles" kemudian kli add (+) untuk memberkan password untuk internet yang akan kita tembak dengan mikrotik kita. Hal yang perlu diisi "Name" sesuai keinginan, "WPA Pre-shared Key dan WPA2-Preshared Key" harus disisi sesuai password wifi yang akan kita tembak nanti baru kita "Apply lalu Ok.

6. Langkah keenam ini kita sekarang masuk di menu "Interfaces" kemudian klik pada "wireless" untuk mengenable dengan tanda centang biru, stelah kita enable kan maka kita beri indentitas pada interfacenya dengan klik interface yang akan diberi indentitas klik interfacesnya kemudian isikan comment, seperti di bawah ini.


7. Ketujuh kita setelah memberi indentitas sekarang kita klik wireless dengan "Double Klik" untuk menscan wifi yang akan kita tembak. Kemudian setelah kita klik kita klik "scan" untuk menscan wifi nanti akan muncul banyak wifi dan kita tinggal pilih wifi sasaran yang akan kita tembak lalu klik wifinya itu dan klik "connect", setelah connect kita jangan lupa masukan password yang kita buat tadi di menu " Seecurity Profile" kalau sudah baru kita "Apply kemudian Ok".



8. Langkah kedelapan ini sekarang kita akan menambahkan IP Address pada interface yang terhubung ke laptop kita dan untuk wifi yang kita tembak, dengan cara kita masuk di menu "IP=>Address" kemudian akan ada tampilan "Address List" kita klik add (+) baru kita isikan alamat ip. Saya memberikan alamat ip di interface wlan (wifi) dengan sekelas atau sesubnet pada wifi yang kita tembak dan untuk yang terhubung ke laptop saya, saya isikan dengan beda subnet. yang perlu di isi "address dan pilih Interface" kemudian "Apply baru Ok".



9. Pada langkah kesembilan ini kita isikan DNS untuk wifi kita, dimenu "IP=>DNS" pada kali ini saya memakai "DNS Nawala" sebenarnya memakai DNS google juga bisa namun dengan DNS Nawala ini jaringan kita lebih terfilter dari situs-situs yang kurang bermanfaat, tapi jangan lupa setelah kita isi DNS nya kita centang pada "Allow Remote Request" baru kita Apply dan Ok.

 
10. Pada langkah ini kita sekarang masuk di menu "IP=>Firewall" setelah itu kita msuk ke tab menu "NAT" kemudian kita klik add (+), setelah itu kita ke tab menu General masukan "Chain" dengan type "srcnat" lalu kita pilih "Out. Interface" dengan "Wlan1" setelah itu beres semua baru kita pergi ke tab menu Action pada tab menu ini isikan "Action" pilih "Masquerade" lalu kita "Apply dan Ok".


11. Selanjutnya kita mengisi gateway pada wifi yang kita tembak tadi di menu "IP=> Routers" saat di menu "Route List" kita tinggal klik add (+) isikan gateway ke kotak "Gateway" lalu kita "Apply dan Ok".

 
12. Kedua belas ini saat kita melakukan DHCP Server agar nanti kita bisa terhubung ke internet. Dengan cara masuk di menu "IP=> DHCP Server" dimenu DHCP ini kita klik "DHCP setup" pilih interface yang akan kita DHCP Server nanti kemudian klik "Next" sampai selesai".
 


13. Langkah yang ketiga belas ini sekarang kita cek dengan melakukan ping google.com di menu terminal router apakah sudah bisa repplay , "New Terminal".


14. Sekarang pada langkah ini kita masuk ke settingan laptop masuk di menu wired isikan secara manual "IP, Netmask dan Gateway" kemudian kita disable dulu wired kita baru kita enable dan sambungkan ke wired yang sudah di setting manual tadi.



15. Langkah terakhir sekarang kita cek apakah settingan kita berhasil atau tidak bisa membuka browser lalu kita browsing apa gitu, sebagai contoh saya browsing blog saya seperti berikut ini.



Temuan Masalah :
Masih kurang teliti ketika memberikan gateway di ip routers.


Kesimpulan :
Jadi hasilnya saya dapat menghubungkan mikrotik ke internet dan saya dapat terhubung ke internet melalui mikrotik saya walupun saya masih agak bingung pada awalnya, tapi setelah saya ulang-ulang sebanyak 25 kali alhamdulillah saya sudah bisa lancar.

Referensi :
Mbah Suro
Modul MTCNA-2012.pdf


Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan teman-teman,apabila ada kurang atau lebihnya minta maff. Semoga materi konfigurasi dasar mikrotik ini bermanfaat bagi teman-teman.
Terima Kasih.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers