Tuesday, January 15, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
pada kali ini saya akan membahas mengenai materi pengenalan sistem operasi linux.

Pengertian :
Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja secara gratis.
Linux juga dikenal secara luas dengan bebas di bawah lisensi GNU (Genuine Not Unix = bukan mesin unix) General Public License (GPL) atau  lisensi publik umum yang pertama kali oleh Richard Matius Stallman merupakan fokus asli Free Software Foundation (FSF) pada pertengahan Tahun 1980 yang berawal dari keresahan pembatasan hak (lisensi) penggunaan sebuah perangkat lunak. Penamaan GNU GNU (Genuine Not Unix = bukan mesin unix) itu dipilih karena rancangannya mirip Unix, tetapi berbeda dari UNIX, GNU tidak mengandung kode-kode UNIX.  

Latar Belakang :
Sebelum kita mengunakan sistem operasi linux, maka kita harus mengetahui lebih detailnya mengenai sistem operasi linux tersebut. Jadi dengan adanya materi ini saya akan menjelaskan beberapa hal mengenai sistem operasi linux tentang sejarah,logo linux,distro linux dan lain-lain.

Maksud dan Tujuan :
1. Mampu memahami sejarah pada linux
2. Dapat memberikan pengetahuan operasi sistem linux.
3. Mengetahui distro linux.
4. Mengetahui kelebihan & kekurangan linux.
5. Dapat paham tentang open source.

Pembahasaan :


LINUX

1. Sejarah Linux :
Linux merupakan  berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Sistem operasi nya  GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Linux memiliki banyak Varian atau yang biasa dikenal dengan Distro (Distribusi Sistem Operasi), hal ini disebabkan oleh konsep pengembangan Open Source dan lisensi yang digunakan GNU/GPL

2. Sejarah Logo Linux :
Pada saat Linus Torvalds sedang berjalan-jalan di taman Perth. Ketika dia sedang berjalan itu Linus Torvalds di patok oleh seekor Pinguin dan demam selama berhari-hari. Dia pikir bahwa karakter pinguin itu sangat cocok untuk menjadi logo dari sistem operasi barunya itu. Maka dari itu diadakan sebuah kompetisi untuk mendesain sebuah Logo Linux yang baru, dan kompetisi itu dimenangkan oleh Larry Ewing yang berhasil menggambarkan seekor pinguin yang sedang duduk.

3. Apa itu Open source :
Open Source Software (OSS) yaitu istilah yang digunakan untuk software komputer yang membuka ataupun membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahankelemahan yang ada pada software tersebut. sehingga dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensinya. 

4. Distro Linux :
Distro Linux (singkatan dari distribusi Linux) merupakan sebutan yang digunakan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial seperti Red Hat Enterprise, SuSE, dan lain sebagainya. Maka juga ada distro linux yang muncul  bahkan sampai mengahsilkan turunan dari distro linux tersebut.

5. Macam-macam distro linux  :
Distro linux
Turunan distro linux




6. Kelebihan Linux :
a. Jauh lebih murah dibandingkan sistem operasi lain.
b. Lebih aman dari serangan virus.
c. Memilki tingkat keamanan yang cukup baik.
d. Tampilan grafik yang baik.
e. Mudah untuk dilakukan modifikasi terhadap source code.
f.  Mendukung akses ke 33 macam sistem file yang berbeda.
g. Penggunaan Linux lebih terspesifikasi.
h. Software bawaan sudah terinstall dan dapat digunakan dengan mudah.
i.  Cocok bagi yang hobi melakukan utak atik komputer.
j.  Cocok untuk dijadikan sebagai komputer server.
k. Spesifikasi hardware yang tidak terlalu besar.

7. kekurangan Linux :
a. Saat terjadi masalah pada OS Linux, sulit mengatasinya.
b. Dukungan software populer yang kurang.
c. Kalah bersaing dengan sistem operasi lainnya, sehingga terlihat inferior.

Kesimpulan :
Maka dengan mempelajari sistem operasi linux kita dapat mengetahui bahwa linux merupakan sistem operasi yang mempunyai lisensi secara gratis selain juga aman dari serangan virus dan sistemnya dapat dikembangkan sendiri.

Penutup :
Sekian dari saya semoga bermanfaat bagi teman-teman.
terima kasih

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers