Thursday, March 7, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo guys kembali lagi di blog saya, gimana kabarnya?, pastinya baik-baik ya guys. Oke guys pada kesempatan kali ini saya akan membahas topik mengenai pengertian dan cara install nexcloud di localhost, langsung saja simak berikut di bawah ini.

Latar Belakang :
Pada penginstallan nextcloud ini berlatar belakang jika berkas kita yang ada di direktori laptop maupun pc itu tidak aman jika ada orang yang jahil untuk mengubah direktori kita. Jadi dengan menggunakan nextcloud kita bisa mencadangkannya.


Pengertian :
Nextcloud merupakan sebuah perangkat lunak client-server untuk membuat dan menggunakan layanan file hosting. Nextcloud ini secara fungsional mirip dengan Dropbox, namun Nextcloud itu bebas dan open-source memungkinkan siapa saja untuk menginstall dan mengoperasikan di server pribadi.

Maksud dan Tujuan :
Dapat mengetahui apa itu Nextcloud dan mampu untuk menginstallnya.

Hasil yang Diharapkan :
Bisa menyimpan data di Nextcloud serta bisa menginstall pada server dengan baik dan benar.

Alat dan Bahan :
Laptop
Charger
File Nextcloud (DISINI)

Waktu Kegiatan :
Hari : Kamis
TGL : 07 Maret 2019


Pembahasan :


1. Pertama pastikan kita sudah mempunyai file nextcloudnya, jika teman-teman belum mempunyai silahkan download terlebih dahulu DISINI.


2. Kedua kita buka terminal (CTRL + ALT + T) kemudian kita copy kan file nextcloud itu ke direktori /var/www/html. Caranya "cp nama_file /var/www/html" lebih tepatnya seperti gambar di bawah ini.


3. Ketiga kita bukak terminal dan masuk sebagai super user kemudian kita masuk ke direktori /var/www/html kemudian kita lihat apakah sudah tercopy ke direktori /var/www/html tersebut. Cara masuk ke direktori "cd /var/www/html" dan untuk melihat "ls", seperti di gambar berikut.


4. Kemudian langkah keempat ini setelah kita pastikan sudah tercopy di direktori "/var/www/html" maka kita lakukan unzip dengan perintah "unzip nama_filenya" dan setelah kita unzip kita coba mengeceknya sudah terekstrak apa belum dengan perintah "ls", seperti berikut.


5. Langkah kelima kita lakukan chmod ke direktori "nextcloud" tersebut dengan perintah "chmod -R 777 nextcloud".

6. Keenam setelah kita chmod, kita sekarang lakukan chown ke direktori nextcloud itu, dengan cara "chown -R www-data:www-data nextcloud",seperti berikut.

7. Ketujuh setelah kita lakukan chmod dan chown, sekarang kita masuk ke phpmyadmin kita kemudian kita buat database untuk nextcloud. Kita pada phpmyadmin klik "new" kemudian ada create database isikan database yang ingin kita buat contohnya "db_nextcloud" jangan lupa pilih "collation" baru kita "create" maka jika berhasil akan muncul database yang kita buat, seperti gambar di bawah ini.



8. Kedelapan ini kita buka browser kita dan ketikkan "http://localhost/nextcloud" kemudian kita isikan sesuai database yang kita punya, seperti (username dan password) lalu kita klik "finish setup" dan tunggu prosesnya seperti di bawah ini.


9. Langkah Kesembilan ini setelah terinstall maka akan muncul tampilan seperti berikut ini, kemudian kita klik tanda (X) ataupun Next.


10. Maka hasil akhir setelah sudah fiks terinstall maka nextcloud tersebut tampilannya seperti gambar di bawah ini.



Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Nah sobat semua, untuk melakukan instalasi suatu aplikasi web itu yang di perlukan hanyalah ketilitian dan ketelatenan agar disaat melakukan proses instalasi kita bisa mengatasi permasalahan yang kita hadapi untuk menginstall tersebut.

Referensi :
https://nextcloud.com/install/#

Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan pada hari ini, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers