Monday, April 22, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hai sobat setia blog MAHFUD ANDRIYAN, gimana kabarnya kalian semua? pastinya baik-baik saja bukan. Nah gini sobat pada kesempatan hari ini saya akan membagikan pengetahuan saya mengenai bagaimana cara membuat voucher hotspot mikrotik via user manager, pastinya sobat semua penasaran langsung saja silahkan disimak langkah-langkah di bawah ini.

Latar Belakang :
Pada pembuatan voucher hotspot dengan menggunakan user manager ini memang cukup rumit. Banyak hal yang harus kita konfigurasi untuk men-generate voucher hotspot tersebut, namun dengan metode voucher hotspot ini kita lebih mudah mberikan akses internet kepada client kita dan kita juga tidak perlu menambahkan user tiap kali ada client yang mau berlanggana denga wifi hotspot kita tersebut.

Pengertian :
Hotspot adalah area dimana seorang client dapat terhubung dengan jaringan internet wireless dan biasanya login lewat browser dengan perintah untuk memasukan username dan password.

Maksud dan Tujuan :
Dapat mengatahui dan memahami cara membuat voucher hotspot pada mikrotik.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu melakukan konfigurasi pembuatan voucher dengan user manager.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
Mikrotik RB951Ui-2HnD
Kabel UTP
Koneksi Internet
Template Hostpot (DISINI)

Waktu Kegiatan :
Hari : Senin
TGL : 22 April 2019

Pembahasan :
Pada pembuatan voucher dengan usermanager ini pastikan sebelumnya kita harus menginstall user manager pada mikrotik kita tersebut, jika teman-teman belum menginstallnya bisa di lihat DISINI.


1. Pertama kita masuk pada "User Manager" Mikrotik, dengan  memasukan Ip address mikrotik/userman pada browser, Seperti berikut.


2. Kedua setelah kita masuk pada user manager kita langsung saja masuk ke menu "Settings => Appearance =>Users", untuk mensetting variable pada user manager mikrotik.


3. Ketiga kita membuat user profiile mikrotik pada user manager, kita masuk pada menu "Profiles=> Profiles", untuk membuatnya tinggal klik "add (+)" kemudian isikan sesuai keinginan kalian untuk membuat voucher tersebut, seperti berikut.

Setelah kita membuat profile untuk hotspot voucher tersebut, lalu kita jangan lupa "save profile" terlebih dahulu.


4. Langkah keempat ini kita membuat paket hotspot mikrotik pada user manager, kenapa membuat paket hotspot ini? karena profile yang sudah  dibuat tadi perlu ditambahkan dengan limitasi bandwidth dan durasi aktif akun nya. Cara untuk menambahkannya kita msuk pada menu "Profiles => Limitations".


5. Pada langkah kelima ini waktunya menghubungkan limitation dengan profiles user manager mikrotik, dengan cara kita masuk pada menu "Profiles=> pilih profile=> add new limitation=> kemudian kita pilih batas limitaton sesuai dengan paket nya => klik Add", seperti gambar di bawah ini.


Maka setelah kita klik "Add" , jika kita berhasil akan berubah tampilan seperti berikut.

6. Keenam ini kita Men-Generate username dan password untuk akun pada masing-masing paket, Untuk men-generate nya kita masuk pada menu "Users => Add => Batch =>Add". Pada Number of user itu kita menentukan jumlah user yang akan kita generate nanti, Sedangkan untuk "Username length dan Password length" itu digunakan untuk menentukan berapa jumalah username dan password yang akan kita buat.

Maka setelah kita klik "Add", akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini.

7. Langkah ketujuh ini kita membuat template voucher hotspot pada user manager, melalui menu " Settings => Templates => kemudian kita klik Add (+) beri nama untuk voucher tersebut dan kita Create".

Selanjutnya setelah kita klik "Create" kita masuk lagi di menu "Template" pilih nama template yang kita buat tadi kemudian kita masukkan code HTML nya pada setiap menunya, seperti berikut.
8.  Kedelapan ini kita setelah mensetting template voucher hotspot, kemudian kita meng-genarate voucher hotspot dengan cara masuk di menu " Users => Generate => pilih user yang kan di generate => Generate", kenapa saya memilih 4 user? Karena jika terlalu banyak nanti tampilan pada vouchernya akan terpotong halaman, jadi untuk cari amannya saya meng-genarate secukupnya sesuai urutan.

Setelah kita klik "generate" kemudian akan muncul tulisan "Click here if the popup didn't show up" kita tinggal klik saja ya.


9. Maka setelah kita klik pada tulisan "Click here if the popup didn't show up", Tampilan hotspot kita akan muncul pada popup browser, Sperti gambar di bawah ini.
10. Langkah terakhir maka setelah kita lihat voucher kita, kemudian kita mencetak voucher hotspot yang telah kita buat tadi dari hasil generate. Untuk mencetaknya kita tinggal tekan "CTRL + P" pada halaman popup browser dan jangan lupa kita masuk pada settingan "Options" beri tanda centang pada " Print Background Colors", Mengapa kita beri tanda centang pada background color? karena jika kita print agar warna pada voucher sesuai yang kita buat, seperti berikut.


Jika teman-teman menginginkan template yang sederhana seperti diatas bisa downloannya DISINI ya.

Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan kita membuat hotspot dengan voucher ini kita dapat memberikan batasan waktu kepada client yang terhubung ke hotspot kita, selain itu kita juga dapat mengatur bandwidth untuk client kita tersebut.

Referensi :
https://mikrotikindo.blogspot.com/2016/08/caramembuat-voucher-hotspot-mikrotik-usermanager.html

Penutup :
Oke teman-teman, sekian dari saya apabila ada salah kata maupun penulisan mohon maff dan semoga artikel kali ini dapat membantu kalian semua.

Wassamu'alaikum Wr.Wb 


0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers