Tuesday, April 23, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hai teman-teman kembali lagi di blog saya ini, jangan bosan-bosan ya menyimak blog saya ini. Nah langsung saja ya teman-teman, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi tentang Pengertian dan Konfigurasi Nstreme di Mikrotik.

Latar Belakang :
Pada penerapan konfigurasi Nstreme ini berlatar belakang bahwa nstreme itu dapat kita gunakan untuk mempercepat dan menstabilkan jaringan dengan baik yang jaraknya jauh.

Pengertian :


Nstreme merupakan sebuah protokol wireless yang merupakan mikrotik proprietari yang hanya bisa digunakan di vendor mikrotik, Nstreme berfungsi untuk memperkuat link. Jika kita kita melakukan point to point jaraknya sangat jauh kita bisa menggunkan yang standart yaitu 802.11, namun jika kita menginginkan link yang lebih stabil kita bisa menggunakan Nstreme.

Maksud dan Tujuan :
Agar dapat mengetahui dan memahami konfigurasi Nstreme pada mikrotik.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu melakukan konfigurasi Nstreme pada mikrotik.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
Mikrotik 2 buah
Kabel UTP
Koneksi Internet

Waktu Kegiatan :
Hari : Selasa
TGL : 23 April 2019

Pembahasan :
Sebelum kita melakukan konfigurasi Nstreme, alangkah baiknya teman-teman itu membuat topologi yang akan kita konfigurasikan nanti, agar kita bisa paham saat melakukan konfigurasi tersebut, berikut topologi yang akan saya konfigurasi.

1. Pertama kita membuat link antara akses point dengan client terlebih dahulu ya. Di sini konfigurasi sebagai access point itu Router-Mahfud sedangkan sebagai clientnya itu Router-imam.

#Router-Mahfud
Konfigurasi Mikrotik Sebagai Access Point

#Router-Imam
Konfigurasi Mikrotik Sebagai Client
2. Kedua setelah kita konfigurasikan sebagai Access point dan sebagai Client maka kita sekarang aktifkan protocol nstreme pada menu "Wireless=>Nstreme". Jadi kita untuk mengaktifkannya tinggal mengceklis "Enable Nstreme", dan khusus pada access point bisa mengatur "Frame Policy dan Frame Limit".

#Router-Mahfud
Mengaktifkan Protokol Nstreme Access Point
#Router-Imam
Mengaktifkan Protokol Nstreme Client
 3. Selanjutnya pada langkah terakhir ini kita mengganti mode protokol yang ada di menu wireless, seperti gambar berikut.

Wireless Protocol Pada Acces Point dan Client
Kemudian setelah kita selesai melakukan konfigurasi, sekarang kita waktunya kita melakukan pengecekan, seperti gambar di bawah ini :

Menggunakan Protocol Nstreme
Mencoba Tidak Menggunakan Protocol Nstreme
Dari pernyataan tahap pengecekan seperti gambar diatas, sudah kita bandingkan antara kita menggunkan protocol Nstreme dan tidak menggunakan protocol Nstreme. Jadi yang perlu kita perhatikan ketika memasang protocol Nstreme pada sebuah link wireless maka jangkaun wireless akan semakin sempit, tetapi memiliki kecepatan dan kualitas yang meningkat.

Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan Nstreme ini kita dapat meningkatkan kecepatan dengan memaksimalkan dan menstabilkan koneksi pada wireless,namun Nstreme ini hanya bisa untuk koneksi dengan mikrotik saja.

Referensi :
Ebook MTCNA-2012.pdf

Penutup :
Oke teman-teman itu saja dari saya,semoga pembahasan materi Nstreme ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Wassamu'alaikum Wr.Wb 


0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers