Monday, February 11, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Alhamdulillah teman-teman berjumpa lagi dengan saya, pada hari ini saya akan membahas materi mengenai perbedaan router,hub dan switch.

Latar Belakang :
Pada dasarnya router,hub dan switch itu merupakan alat yang sering digunakan di dalam dunia IT atau biasanya itu untuk perangakat sebuah sistem jaringan,sehingga ketiganya itu membuat bingung bagi orang yang masih belum mengetahui dunia IT.

Pengertian :
Router merupakan sebuah perangkat keras jaringan  yang dapat menggabungkan beberapa jaringan secara bersama-sama.

HUB merupakan sebuah perangkat jaringan yang sederhana dan murah yang dapat menggabungkan beberapa komputer secara bersama-sama.

Switch merupakan sebuah perangkat keras jaringan yang dapat menggabungkan beberapa komputer secara bersama-sama dalam satu jaringan area lokal (LAN).

Maksud dan Tujuan :
Agar dapat membedakan antara Router,HUB dan Switch.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu mengetahui fungsu dari Roiter,HUB dan Switch.

Alat dan Bahan :
Laptop
Koneksi Internet
 
Waktu Kegiatan :
Hari : senin
TGL : 11 februari 2019

Pembahasan :

Router digunakan untuk mengambil keputusan routing (meneruskan paket dari satu jaringan ke jaringan lainnya), sehingga pada perangkat layer 2 tidak bisa melakukannya. Router juga memelihara tabel routing yang berdasarkan jaringan tujuan selain itu router juga dapat melihat header layer network dari paket untuk informasi pengalamtan yang logis.

HUB beroperasi pada layer 1 (physical layer) dari model OSI. Pada HUB sendiri dapat kita logika kan bekerja seperti topologi bus tetapi secara fisik seperti topologi star padahal HUB beroperasi menggunakan model siaran.

Switch biasanya digunakan untuk menentukan di mana sebuah paket harus dikirim dengan memeriksa alamat MAC Address di dalam header data link paket (alamat MAC adalah alamat pada perangkat keras adaptor jaringan tersebut). Di dalam switch menyimpan alamat MAC Address pada port yang terhubung dengannnya.

Fungsi dari Router, HUB dan Switch :
1. Router

Router meneruskan paket data di sepanjang jaringan. Router menggunakan header dan tabel forwading untuk menentukan jalur terbaik untuk meneruskan paket, dan menggunakan protokol untuk berkomunikasi satu sama lain dan mengkonfigurasi rute terbaik antara dua host.

2. HUB


HUB memiliki ttik koneksi umum untuk perangkat dalam jaringan sehingga HUB dapat menghubungkan segmen LAN. Pada HUB ini terdapat beberapa port sehingga ketika sebuah paket tiba di satu port, maka port tersebut disalin ke port yang lain sehingga segmen LAN dapat melihat semua paket.

3. Switch

Switch yaitu perangkat jaringan yang dapat menyaring dan meneruskan paket antara segmen LAN. Switch beroperasi pada lapisan data link (layer 2) dan kadang-kadang lapisan jaringan (lapisan 3) dari model referensi OSI dan oleh karena itu mendukung protokol paket. Di switch itu LAN digunkan untuk bergabung dengan segmen.


Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa dari ketiga alat tersebut bisa dilihat dari [engertian dan fungsinya masing-masing.

Referensi :
https://www.dictio.id/t/apakah-perbedaan-antara-hub-switch-dan-router/13734

Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan teman-teman, semoga materi kali ini bermanfaat bagi kita semua.
Terima kasih.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers