Saturday, May 4, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo sobat setia blogger Mahfud Andriyan, selamat datang di blog saya ini, terima kasih sobat masih setia menyimak artikel di blog saya ini. Nah pada kesempatan kali ini setelah saya membagikan sebuah cara dan konfigurasi tentang SSH maka saya juga akan membahas mengenai Telnet (Telecomunication Network) pada debian server, pastinya sobat semua ini penasaran bukan?, tidak usah penasaran sobat, mari kita langsung simak saja langkah demi langkahnya berikut ini.

Latar Belakang :
Meremote merupakan salah satu teknologi yang dapat kita gunakan untuk mengakses suatu system melalui sebuah jaringan, agar kita mampu mengkonfigurasi serta mengkontrol pada suatu system dimanapun dan kapanpun kita berada asalkan kita terhubung ke jaringan internet.


Pengertian :
Telnet (Telecomunication Network) merupakan salah satu protokol jaringan yang dapat digunakan pada sebuah system untuk menghubungkan komputer client dengan server.

Maksud dan Tujuan :
Agar bisa meromote server kita dengan menggunakan protokol telnet.

Hasil yang Diharapkan :
Dapat melakukan instalasi dan mengkonfigurasi server dengan telnet.

Alat dan Bahan :
Laptop
Charger
Debian Server yang sudah terinstall

Waktu Kegiatan :
Hari : Sabtu
TGL : 04 Mei 2019

Pembahasan :

1. Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu ke debian server kita tersebut dan pastikan berada di superuser, lalu setelah kita login tinggal kita lakukan install telnet dengan perintah seperti berikut.

"#apt-get install telnetd"


2. Pada proses instalasi tersebut jika ada pertanyaa "Do you want to continue? [Y/n]" kita tinggal ketikan "y" lalu kita enter dan tunggu proses instalasi tersebut hingga selesai.


 3. Ketiga setelah proses instalasi selesai kita selanjutnya mencoba melakukan remote sever kita menggunakan telnet tersebut melalui laptop kita, tetapi sebelum kita melakukan remote server kita tersebut pastikan antara laptop kita dengan server dapat saling ping. Untuk meremotenya itu kita tinggal mengetikkan perintah seperti berikut.

"#telnet Ip_Server

4. Langkah terakhir jika sudah muncul tampilan seperti diatas tandanya kita sudah bisa meremote server kita, tapi kita harus login dengan memasukan perintah seperti di bawah ini.
 
"Login : menggunakan root/username server kita"
"Password : masukkan password sama seperti password server kita"

Setelah kita berhasil memasukan username dan password pada server kita melalui telnet ini, maka tampilannya seperti berikut.


Temuan Masalah :
Meremote Access dengan menggunakan Telnet itu kurang amankan jika dibandingkan dengan meromote menggunakan SSH.

Kesimpulan :
Jadi dengan kita menggunakan sebuah protokol dengan fitur yang dapat meromote access pada system kita tersebut, maka sangat bermanfaat karena itu semua lebih efisien serta efektif jika kita ingin melakukan konfigurasi server dari jarak jauh.

Referensi :
Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf

Penutup :
Cukup sekian dan terima kasih ya sobat, semoga pada postingan artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassamu'alaikum Wr.Wb 


0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers