Friday, February 1, 2019


Assamu'alaikum Wr.Wb


Pendahuluan :
Hallo teman-teman, alhamdulillah kita dapat bertemu kembali pada hari ini dengan membahas materi mengenai Telekomunikasi dan Jaringan.

Latar Belakang :
Pada jaman sekarang perkembangan teknologi semakin cepat dan banyak kemajuannya,diantaranya telekomunikasi dan jaringan sehingga dalam hal teknologi ini terus dikembangkan agar pengguna dapat melakukan komunikasi secara baik.

Pengertian :
Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian suatu informasi,dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk jarak jauh.

Jaringan komputer adalah hubungan antara 2 komputer atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).

Maksud dan Tujuan :
Dapat mengetahui dan memahami antara telekomunikasi dan jaringan komputer.

Hasil yang Diharapkan :
Bisa membedakan antara telekomunikasi dan jaringan komputer.

Alat dan Bahan :
Laptop
Internet

Waktu Kegiatan :
Hari : jum'at
TGL : 01 februari 2019

Pembahasan :


https://mahfudblctelkom.blogspot.com/search/label/KOMPUTER%20DAN%20JARINGAN


Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian suatu informasi,dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk jarak jauh.

Macam-macam Telekomunikasi :
1. Simplex (Komunikasi Satu Arah) merupakan komunikasi antara pegirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. contohnya : radio,televisi, AC, dan pager.

2. Half Duplex (Komunikasi Semi Dua Arah) merupakan komunikasi antara pengirim dan penerima informasi dapat berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. contohnya : Handy Talkie,Fax dan Chat Room.

3. Duplex  (Komunikasi Dua Arah) merupakan komunikasi antara pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. contohnya : Voip dan telepon.

Komponen Dasar Telekomunikasi :
1. Informasi merupakan data yang dikirim atau diterima seperti suara,gambar,file an tulisan.

2. Pengirim yaitu mengubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim.

3. Media Transmisi yaitu alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh,maka sinyal pengirim diubah lagi (dimoduasi) dengan gelombang radio,kemudian diubah menjadi gelombang elektromagnetik dan dipancarkan dengan alat bernama antena,agar dapat terkirim jarak jauh.

4. Penerima berfungsi untuk menerima sinyal elektromagnetik kemudian diubah menjadi sinyal listrik,sinyal diubah kedalam informasi asli sesuai dari pengirim, selanjutnya diproses hingga bisa dipahami oleh manusia sesuai dengan yang dikirimkan.

Macam-macam sinyal pada Telekomunikasi :
1. Sinyal Analog yaitu berfungsi untuk mengubah bentuk informasi ke sinyal analog dimana sinyal berbentuk gelombang listrik yang kontinyu (terus-menerus) kemudian dikirim oleh media transmisi.

2. Sinyal Digital yaitu berfungsi dimana setelah informasi diubah menjadi sinyal yang terputus-putus (discrete). Sinyal yang terputus-putus dikodekan dalam sinyal digital yaitu sinyal "0" dan "1".

Perbedaan sinyal analog dan digital :
Dalam pengiriman sinyal melalui media transmisi,sinyal analog mudah terkena gangguan terutama gangguan pada induksi dan cuaca, sehingga di sisi lain penerima sinyal tersebut tergredasi. Sementara pada sinyal digital lebih tahan terhadap pada gangguan induksi dan cuaca, sehingga selama gangguan tidak melebihi batasan yang diterima, sinyal masih diterima dalam kualitas yang sama dengan pengiriman.

Jaringan komputer adalah hubungan antara 2 komputer atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Dua unit komputer dikatakn terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data atau informasi, berbagi resource yang dimiliki,seperti : file,printer,edia penyimpanan (hardisk,floppy disk,cd-rom,flash disk dan lain sebagainya). Data juga dapat berupa audio maupun video yang bererak melalui media kabel ataupun tanpa kabel.

Jenis-jenis Jaringan Komputer :
1. LAN (Local Area Network) yaitu dapat didefinisikan sebagai kumpulan jaringan komputer yang saling dihubungkan bersama didalam satu area sempit, seperti satu kantor,gedung maupun sekolah.

2. MAN (Metropolitan Area Network) merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Tetapi MAN dapat mencakup area luas, seperti antar kota.

3. WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless,sarana satelit ataupun kabel serat optik, karena jangkaunnya yang mencakup wilayah satu kota atau antar kota bahkan mencakup wilayah negara dan benua.

4. Internet merupakan sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.

5. Intranet merupakan jaringan yang saling berhubungan atau tersambung yang diguakan oleh suatu sistem lembaga maupun organisasi yang berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain tetapi layanannya terbatas tiidak seluas internet.

Macam-macam Topologi Jaringan Komputer :
1. Topologi Bus
Pada topologi bus ini digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat di mana seluruh workstation dan server dihubungkan.


2. Topologi Ring
Pada topologi ring merupakan semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk pada suatu pola lingkaran atau cincin.


3. Topologi Star
Pada topologi star merupakan masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub.


4. Topologi Tree
Pada topologi tree ini merupakan gabungan dari beberapa topologi star dengan topologi bus.


5. Topologi Mesh
Pada topologi mesh merupakan topologi yang digunakan pada kondisi dimana tidak ada hubungan komunikasi terputus secara absolut antar node komputer.


Perangkat Jaringan Komputer :
1. Server merupakan pusat kontrol dari jaringan komputer, server berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer. Server bekerja pada client yang hanya terhubung pada jaringan.

2. Workstation merupakan komputer yang terhubung dengan sebuah LAN, Sehingga semua komputer yag terhubung dengan jaringan dapat dikatakan sebagai workstation.

3. Network Interface Card (NIC) merupakan exspansion board yang digunakan supaya komputer dapat dihubungkan dengan jaringan. Network Interface Card (NIC) sendiri dirancang untuk sebuah jaringan,protokol dan media tertentu atau biasanya disebut LAN Card.

4. kabel merupakan media saluran yang dapat menghubungkan antara 2 workstation atau lebih. contoh jenis-jenis kabel yang digunakan untuk jaringan antara lain Kabel Coaxial,Fiber Optic dan Twisted Pair.

5. Hub dan Switch pada jaringan merupakan alat yang sering digunakan untuk membangun sebuah jaringan. Hub merupakan sebuah perangkat dengan banyak port yang memungkinkan beberapa titik (dalam titik ini komputer sudah terpasang NIC) sehingga dapat bergabung menjadi satu jaringan. Sedangkan Switch merupakan sebuah perangkat

6. Bridge merupakan alat atau piranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan berdasarkan informasi pada lapisan data link.

7. Router merupakan suatu perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan pada LAN ke internetworking atau WAN dan dapat mengelola penyaluran lalu lintas data di dalamnya. Sehingga router akan menetukan jalur terbaik untuk melakukan komunikasi data.

8. Repeater merupakan perangkat atau alat yang berfungsi untuk memperkuat pada sinyal-sinyal yang menangkap sinyal wifi.

9. Modem adalah sebuah device yang digunakan sebagai penguhubung dari sebuah PC atau jaringan ke penyedia layanan internet ISP (intenet service provider).contohnya modem ADSL yaitu modem yang digunakan ISP Telkom Speedy.

Temuan Masalah :
-
Kesimpulan :
Jadi dengan adanya kemajuan telekomunikasi dan jaringan tersebut kita dapat melakukan komunikasi secara baik antara pengirim dengan penerima.

Referensi :
Konsep dasar jaringan komputer.pdf

Penutup :
Sekian materi pada hari ini,semoga dapat bermanfaat bagi kita semua teman-teman.
Terima Kasih.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers