Saturday, February 2, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb
Pendahuluan :
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi yang saya pelajari pada hari ini yaitu tentang sejarah komputer.

Latar Belakang :
Kita sekarang ini hidup dizaman modern, yang dimana pada zaman sekarang ini telah berkembang pesat teknologi yang semakin canggih yaitu salah satunya komputer. Kita sebagai seorang IT juga harus mengetahui seluk beluknya perkembagan sejarah komputer dari generasi pertama hingga generasi kelima.

Pengertian :
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah ynag telah dirumuskan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan pengolahan informasi.

Maksud dan Tujuan :
Dapat mengetahui sejarah komputer.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu memahami sejarah komputer dan mengoperasikan komputer

Alat dan Bahan :
Laptop
Internet

Waktu Kegiatan :
Hari : sabtu
TGL : 02 februari 2019

Pembahasan :

Charless Babbage merupakan bapak komputer. Beliau merupakan seorang ahli matematika ,penemu dan insinyur mesin berkebangsaan inggris. Beliau itu lahir di southwalk,London dari Bejamin Babbage seorang banker. Charless Babbage merupakan seorang ahli matematika di Universitas Cambridge,London. Beliau ini merupakan seseorang yang mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogam sehingga Charless Babbage menciptakan mekanik pertama yang akhirnya mengarah pada desain elektronik yang lebih menyeluruh. Charless Babbage juga mempunyai hasil karya namun tidak lengkap namun hasil karya tersebut tetap diabadikan di museum Science London,Inggriss. Pada usia 79 tahun tepatnya tanggal 18 oktober 1871 Charless Babbage meninggal dunia dan dimakamkan di Green Kenasal, London.

Perkembangan komputer dari generasi 1 sampai generasi ke 5 :
1. Komputer Generasi pertama (1940-1959)

Pada generasi komputer ini ada bersamaan dengan adanya perang dunia II, negara-negara yang terlibat dalam perang dunia tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategi yang dimiliki komputer.
-Colossus
pada tahun 1943,pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunkan jerman.

-Marki
Pada usaha yang yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan. Howard H.Aiken (19001973),seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM,berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangna bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil.

-ENIAC
Pada perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Intergrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160KW.

-EDVAC
Pada pertengahan 1940an, John Von Neumann bergabung dengan tim university of ennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik progam ataupun data.

-UNIVAC
Pada tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand,menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.

Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama :
-Penggunaan tube vakum yang membuat komputer pada masa itu berukuran sangat besar.
-Adanya slinder magnetik untuk sebuah penyimpanan data.
-Setiap komputer memiliki progam kode binner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine langguage).
-Pada instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.

2. Komputer Genarasi Kedua (1959-1964)

Pada generasi komputer yang kedua ini memliki jenis komputer yang muncul,salah satunya yaitu UNIVAC III. Komputer generasi kedua ini,memliki beberapa ciri-ciri seperti berikut :
- Menggunkan teknologi sirkuit transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
- Menggunkan simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk.
- Kemampuannya melakukan proses real time,dan real sharing.
- Kapasitas memori utama telah dikembangkan dari magnetic tape dan magnetic disk.
-Sudah meggunakan bahasa pemograman tingkat tinggi seperti FORTAN dan COBOL.

3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar,yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.JAck Kilby, seorang insinyur di Texas instrument,mengembangkan sirkuit teritegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya,komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating sytem) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai progam yang berbeda secara serentak dengan sebuah progam utama yang memonitor dan mengkoordinasi pada memori komputer tersebut.

Ciri-ciri Komputer Generasi Ketiga :
-Ditemukannya sistem operasi.
-Ukuran komputer menjadi lebih kecil.
-Penggunaan IC (Intregrated Circuit).

4. Komputer Generasi Keempat (1970-1980)

 Pada komputer generasi keempat ini masih sama-sama menggunkan IC (Intregrated Circuit),namun ada generasi keempat lebih kompleks dan teritegrasi. Ada juga perkembangan lain yaitu penggunaaan Large Scale Intergration (LSI) yang kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan hingga ratusan ribu IC yang dikembangkan lagi menjadi micropocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal. Pada generasi ini tampilan monitornya masih juga satu warna hijau (Green Color).

5. Komputer Generasi kelima (1980 hingga sekarang)

Pada komputer generasi kelima ini telah menjadi cukup sulit karena pada tahap ini masih sangat muda. sebagai contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah fiksi HAL 9000 dari novel karya Arthur C.Clarke yang berjudul 2001:Space Odyssey. HAL novel ini menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artifical Intelligence), novel HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia menggunakan masukan visual,dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Ciri-ciri dari komputer generasi kelima :
-Adanya kecerdasaan buatan.
-Adanya teknologi super konduktor.
-Mengkoordinasikan CPU secara srempak.
Temuan Masalah :
-Banyak referensi tetapi berbeda isi maupun tahun dengan yang lainnya.

Kesimpulan :
Jadi dengan kita mempelajari sejarah perkembangan komputer itu, kita akan lebih mengetahui proses awal mulanya komputer itu ada dan dibuat hingga berkembang sampai sekarang.

Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan pada materi sejarah komputer ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Terima Kasih
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers