Saturday, April 6, 2019


Assamu'alaikum Wr.Wb
Pendahuluan :
Hai teman-teman, Pada kesempatan hari ini saya akan menceritakan mengenai hari ketiga training mikrotik MTCNA yang berada di BLC Telkom Klaten, langsung saja kita simak.


Latar Belakang :
Pada training hari ini merupakan training MTCNA terkhir dan setelah usai materi kami akan melakukan ujian MTCNA.

Pengertian :
Simple Queue merupakan salah fitur yang berada pada mikrotik yang biasanya digunakan untuk memanage bandwidth.
 
Maksud dan Tujuan :
Agar ketika kita memberikan koneksi internet kepada seseorang dapat kita atur bandwithnya.

Hasil yang Diharapkan :
Dapat memahami managemen bandwidth dan tahu cara kerjanya sehingga kita juga dapat melakukan konfigurasinya.


Alat dan Bahan :
Laptop
Kabel UTP
Mikrotik
Koneksi Internet

Waktu Kegiatan :
08.00-12.00 : Training
12.00-13.00 : Istirahat
13.00-16.00 : Training
16.00-16.30 : Istirahat
16.30-17.30 : Training
17.30-20.00 : Istirahat
20.00-22.00 : Training


Pembahasan :

Simple Queue merupakan salah fitur yang berada pada mikrotik yang biasanya digunakan untuk memanage bandwidth. Untuk mencobanya kita masuk pada fitur yang berada pada "Queues=>Simple Queue"


Kemudian untuk mengelola bandwithnya kita harus memperhatikan "Target Destination" untuk target destination itu kita bisa menentukan berdasarkan IP Address maupun interfaces pada mikrotik.


Selanjutnya setelah target destination kita pindah ke "Target Upload"  dan "Target Download", seperti dibawah ini kita juga bisa menentukan batas maximum upload dan download sesuai keinginan.


Kemudian kita harus mengelola berapa kb/mb yang akan dipakai untuk melakukan upload maupun download, langsung saja lihat seperti berikut.


Kemudian kita masuk di menu "Queue type=> pcq upload" dan "pcq download." Disini kita harus mengatur pada "pcq download" dan "pcq upload" untuk mengetahui berapa besar bandwidth untuk upload maupun download.


Tahap terakhir kita menentukan berapa bandwidth yang akan kita bagikan  dengan kita mengganti queues type menjadi "pcq upload" dan "pcq download" yang nantinya ketika koneksi tersambung secara otomatis maka akan mendapatkan bandwith sesuai yang telah kita atur tadi.

Materi pengelolaan bandwith  menggunkan simple queue selesai maka di lanjutkan dengan ujian sertifikasi MTCNA. Pada ujian ini jika nilai diatas 75 maka lulus sebagai trainer, kalau nilai diatas 60 juga dinyatakan lulus namun tidak bisa sebagai trainer dan jika nilai 50-59 akan melakukan test ulang yang hanya 1 kali kesempatan. Lalu bagaimana untuk nilai admin blog sendiri (Mahfud Andriyan) ? alhamdulillah saya lulus dengan nilai 70% walaupun awalnya saya agak grogi saat mengerjakannya.




Temuan Masalah :
Awalnya grogi saat mengerjakan soal ujian MTCNA dan takut gagal.


Kesimpulan :
Jadi pada hari ketiga ini selain kita melakukan managemen bandwith  dan mempelajari materi-materi yang lain,hari ini juga merupakan hari dimana ujian sertifikasi MTCNA itu berlangsung dan alhamdulillah saya berhasil lulus.

Referensi :
Pak Ziad Sobri

Penutup :
Oke teman-teman, itu saja dari saya pada kesempatan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
 
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers