Tuesday, January 29, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb
Pendahuluan :
Hallo teman-teman gimana kabarnya, alhamdulillah kita bisa bertemu kemabali lagi dengan saya. pada kali ini kita akan membahas materi tentang cara menggunakan Trello.

Latar Belakang :
Pada saat ini,kita untuk memanjemen sebuah proyek di suatu tim tidak perlu pergi ke lokasi proyek tersebut. Karena kita sudah bisa menyelesaikan proyek itu dengan tim kita,hanya menggunakan aplikasi trello untuk memanajemen proyek dari lokasi yang berbeda-beda.

Pengertian :
Trello adalah sebuah aplikasi manajemen proyek yang berbasis website yang dapat di kolaborasikan untuk digunakan menyelesaikan sebuah proyek secara bersama-sama.

Maksud dan Tujuan :
Dapat menggunakan trello untuk memanjemen project dengan mudah dan efisien.

Hasil yang Diharapkan :
Bisa memanajen sebuah project dengan tim secara mudah dan terstruktur.

Alat dan Bahan :
Laptop
Internet

Waktu Kegiatan :
Hari : selasa
TGL : 29 januari 2019

Pembahasan :


Setelah kita memahami materi pengenalan trello pada sebelumnya, maka kita harus mendaftar terlebih dahulu di trello tersebut "https://trello.com/". sebelum bisa menggunakannya,silahkan login ke aplikasi trello tersebut  dengan klik sigup with google, selanjutnya klik login melalui akun google. Pada aplikasi trello tersebut mempunyai jenis fitur dengan cara menggunakannyayaitu sebagai berikut :

1. Broad
Broad merupakan papan untuk menandakan pekerjaan atau proyek apa yang saat ini kita kerjakan. sebagai contohnya :


2. List
List yaitu judul yang digunakan untuk membuat tahapan proyek apa saja yang harus kita perhatikan agar proyek selesai dengan apa yang kita inginkan bersama tim. contoh dari list :


3. Cards
Card merupakan sebauah tahapan utuk menulis ide yang harus kita kerjakan agar proyek tersebut selesai. contoh card:


Jadi untuk memulai sebuah tim pada trello, kita tinggal buat dengan cara fitur klik create a new team, kemudian kita memberi nama dan deskripsi pada tim yang kita buat tersebut. setelah itu kita untuk mengundang seorang teman agar masuk ke tim,kita gunakan fitur members dan klik add members setelah kamu klik itu kita tinggal memasukan email seorang teman yang ingin kita jadikan tim. Langkah selanjutnya setelah membuat tim, kita membuat dashboard untuk menyelesaikan suatu proyek. selain kita membuat dashboard tersebut kita juga perlu membuat list untuk acuan pada proyek. Kemudian langkah selanjutnya membuat card untuk memwujudkan poin yang ada pada list.

Pada aplikasi trello ini kita juga bisa melontarkan ide-ide kita untuk tim, mengupload suatu file (dokumen,gambar,link dan lain-lain) ke dalam list seain itu kita juga bisa melakukan komentar kepada tim. Sebelum  kita mengerjakan proyek di trello ini kita harus melakukan briving atau rapat agar hasilnya itu sesuai yang kita rencanakan. Jika sudah melakukan briving itu kita juga bisa melakukan drag dan drop untuk memprioritaskan proyek yang mana harus kita selesaikan terlebih dahulu sesuai yang kita rencanakan. Aplikasi trello ini juga bisa diberi batasan waktu dalam mengerjakan proyek sehingga kita bisa memantau anggota tim kita yang tidak berkerja secara optimal. maka trello ini bersifat real-time.

Temuan Masalah :
Belum mengetahui cara menggunakan secara detail pada tolls-tolls aplikasi trello tersebut.

Kesimpulan :
Jadi dengan adanya aplikasi trello tersebut kita bisa lebih mudah dalam menyelesaikan sebuah project secara terstruktur dan dengan aplikasi trello tersebut kita lebih efisien waktu.

Referensi :
https://windowsku.com/cara-menggunakan-trello/
https://digitalmarketer.id/content/cara-menggunakan-trello-untuk-mengelola-konten-blog-anda/

Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan pada hari ini, semoga bermanfaat bagi kita semua amin
terima kasih

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers