Wednesday, January 16, 2019

Assamua’alaikum Wr.Wb
Pendahuluan :
Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan  materi tentang pengenalan jenis desktop environment di linux.
Latar Belakang :
Sebelum kita melangkah jauh mengenai linux kita juga harus tau Desktop environment itu apa, karena kita pengguna juga harus bisa memilih desktop environment tapi kebanyakan orang tidak tahu tentang tampilan desktop environment yang ia pakai.
Pengertian :
Desktop environment ( DE) adalah sebuah perangkat progam yang berjalan diatas system operasi computer yang bersinambungan antar muka dengan tampilan grafis (GUI).
Maksud dan Tujuan :
Dapat mengetahui jenis- jenis perbedaan tampilan desktop pada linux dengan membandingkan satu dengan yang lain sehingga tahu pada kebutuhan laptop kita.
Hasil yang diharapkan :
Mampu memilih jenis desktop yang sesuai dengan spesifikasi laptopnya.
Alat dan Bahan :
Laptop
Proyektor
Internet
Waktu Kegiatan :
Jam : 08.00 – 16.00
Hari : rabu
Tgl  : 16 januari 2019

Pembahasaan :
1.    Unity
UNITY

Desktop pada Unity merupakan tampilan default yang disajikan untuk penggunak Ubuntu.Unity dibuat oleh Canonical Ltd dengan menggunakan GNOME Shell.Unity mulai menemani Ubuntu sejak dirilisnya Ubuntu 10.10.

2.    Gnome
GNOME

GNOME adalah jenis mulai melekat pada SO Linux sejak 3 Maret 1999.Gnome awalnya ialah proyek yang diusung oleh Miguel de Icaza dan Federico Mena sejak agustus 1997 yang bertujuan untuk menciptakan sebuah Desktop Environment yang mudah untuk digunakan dan gratis untuk di gunakan dalam Sistem Operasi. GNOMEjuga dapat kita  jumpai di Linux Debian ,Zorin,Backtrack,Kali Linux,dan Fedora. Selain itu GNOME lebih sederhana dibandingkan dengan KDE namun  lebih ringan untuk digunakan pada komputer spesikasi rendah

3.    KDE

KDE

KDE Desktop Environment merupakan jenis tampilan Desktop Environment yang dibangun dengan Toolkit Qt dari Trolltech.Proyek KDE dimulai tanggal 14 Oktober 1996 oleh Matthias Ettrich.KDE mulai menemani desktop sistem operasi sejak tahun 1998 dengan dirilisnya KDE 1.0.KDE telah merilis versi barunya dengan nama KDE Plasma 5.0 yang mulai diperlihatkan kepada publik pada pertengahan 2014. Sehingga KDE dapat dijumpai pada Linux Mint , PCLinuxOS , OpenSuse , dan Kubuntu. Selain itu KDE juga memerlukan spesifikasi laptop yang tinggi.

4.    XFCE
XFCE

XFCE merupakan perangkat lunak bebas desktop untuk Unix dan platform mirip Unix lainnya, seperti Linux, Solaris dan BSD. 
Tujuannya: cepat, ringan, menarik secara visual dan mudah digunakan.
Konfigurasi sepenuhnya digerakkan melalui mouse, dan file-file konfigurasi disembunyikan dari pengguna biasa.

5.    Cinnamon
MINT

•Desktop Cinnamon merupakan default atau standard desktop yang ada pada Distro Linux mint yang dikembangkan dari Desktop GNOME 3.

•Karena didasarkan pada GNOME, Cinnamon banyak menggunakan utilitas yang ada pada GNOME namun juga mencakup beberapa alat konfigurasi yang dibuat sendiri oleh pengembang Linux Mint. 

•Desktop ini menawarkan efek grafis yang bagus dan menu aplikasi dan ringan untuk digunakan, sehingga pada tahun 2013 meraih penghargaan sebagai peringkat #1  untuk Lingkungan Desktop yang ada OS Linux.

6.    LXDE (Lightweight X11 Desktop Environment)
LXDE

• LXDE adalah sebuah lingkungan desktop yang ringan dan cepat. 
• LXDE dirancang agar ramah bagi pengguna dan desainnya ramping, ini untuk menjaga agar penggunaan sumber daya tetap rendah. 
• LXDE menggunakan RAM dan CPU berkemampuan rendah namun tetap kaya fitur sistem operasi. Karena penggunaan sumber daya yang rendah inilah yang membuat LXDE hemat energi.

7.    Mate
MATE

Mate merupakan Perkembangan dari GNOME 2. Sehingga gnome 2 ditinggalkan setelah muncul adanya rilis GNOME 3.Namun beberapa orang masih menyukai sajian tampilan dari GNOME 2 tersebut.Oleh karena itu Pengembang mengambil source code GNOME 2 dan kemudian mengembangkan lagi GNOME 2 dengan menggunakan nama Mate. Sehingga nama Mate diambil dari nama tumbuhan yang bersal dari Amerika Selatan yang bernama Yerba Mate dan teh yang terbuat dari dedaunan.Mate awalnya merupakan Proyek dari Linux Mint sama halnya dengan Cinnamon.Mate pertama kali rilis pada 18 juni 2011.

Kesimpulan :
Pada dasarnya  setiap system operasi linux mempunyai tampilan desktop environment tersendiri dan berbeda-beda, maka kita dapat memilih desktop tersebut sesuai dengan yang kita inginkan.
Referensi :
Pengenalan Sistem operasi Linux.pdf
Penutup :
Sekian dari saya semoga ini bermanfaat bagi kalian teman-teman.
Terima kasih

Wassamu’alaikum Wr.Wb


0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers