Saturday, January 12, 2019



Assamualaikum Wr.Wb

A.Pendahuluan :
Pada kesempatan kali ini tepat di hari ke-5 saya akan membawakan cerita kegiatan belajar di BLC Telkom mengenai pengenalan Sound System,Audio Mixer & Microphone.

1.      Pengertian :
Sound System adalah susunan komponen sistem perangkat elektronik untuk mengolah  sinyal suara dan meningkatkan level suara,sehingga terjadi kelipatan gain suara yang kemudian disalurkan ke loudspeaker.
Audio Mixer  adalah sebuah peralatan elektronik yang berfungsi memadukan (lebih populer dengan istilah "mixing"), pengaturan jalur (routing) dan mengubah level, serta harmonisasi dinamis dari sinyal audio. 
Microphone adalah suatu alat elektronik jenis transduser yang mengubah energi-energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik.

2.      Latar Belakang :
Mengingat kondisi saat ini banyak kebutuhan manusia khususnya di bidang suara, seperti halnya sebagai media prasarana  untuk memberikan pengumuman dan suara sangatlah penting untuk mempermudah keberhasilan suatu acara.  Sehingga suara dapat ditangkap dengan baik,kenyamanan lalu kenyamanan di dapatkan dari keaslian.

3.      Maksud dan Tujuan :
Pada dasarnya siswa siswi yang prakerin di BLC Telkom ini mampu mengetahui dasar-dasarnya mengenai peralatan sound system, sehingga siswa siswi tersebut akan tahu wawasan ilmu mengenai dunia elektronik.

4.      Hasil yang diinginkan :
v  Mengetahui peralatan pada sound system.
v  Belajar menerapkan SOP dalam pengoperasian sound system.
v  Dapat membedakan peralatan sound system antara yang bagus dan yang kurang bagus.
v  Bisa lebih mengenal peralatan elektronik.

B.     Alat dan Bahan :
v  Sound System
v  Mixer
v  Microphone
v  Jack canon/XLR
v  Jack TOA

C.     Waktu :
v  Hari                 : Sabtu
v  Tanggal           : 12 januari 2019
v  Pukul               : 08.00 – 16.00 wib

D.    Pembahasan :
Pada saat itu kita diterangkan SOP dalam menyiapkan sound system yaitu memasang kabel atau jack yang lain terlebih dahulu, setelah itu baru memasang arus listrik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Selanjutnya jika kita ingin melepasnya,yang pertama kali dilepas adalah konektor arus listriknya, baru bagaimana cara melepas jack dan konektor yang lain. Setelah megetahui SOP dalam menyiapkan sound system tersebut, kami diberi pengarahan untuk melakukan kalibrasi mic, yaitu mengatur suara yang dihasilkan dari mic agar tidak berdengung dengan cara menyetel gain nya,
selain itu kami juga di ajari menentukan karakter suara dari berbagai jenis mikropon,  menenukan paning untuk menutukan posisi perangkat, untuk menciptkan efek ruang dan mencampur jenis-jenis instrumen.

Perbedaan audio mono dan stereo
 Pengertian mono :
Pada audio mono hanya terdiri dari satu jalur audio saja. Amplifier, radio, serta ponsel jaman dahulu kebanyakan menggunakan sistem mono pada audionya contohnya adalah pada radio jadul yang memakai baterai, ponsel nokia 6600 dan sebagainya.
      Pada audio mono hanya terdiri dari satu jalur saja dan pada jalur headset kemudian di pecah jadi 2 sehingga sehingga ada jalur L (kiri) dan R (kanan) namun audio tersebut tetaplah mono. Dengan kualitas yang sama ukuran file mp3 mono pun kecil dari file stereo dan biasanya ukurannya hanya separuhnya saja. 








  Pengertian stereo :
      stereo adalah sistem audio yang menggunakan 2 jalur berbeda Yaitu L dan R. Pada audio stereo terdapat jalur terpisah secara sendiri-sendiri antara L dan R serta menggunakan penguat terpisah Kebanyakan peralatan audio saat ini menggunakan sistem audio stereo.
sistem stereo menyesuaikan dengan telinga manusia karena pada dasarnya telingan kiri dan kanan memproses suara yang berbeda. jika sobat memutar audio stereo maka sobat akan mendengarkan efek musik bergerak dari kiri (L) ke kanan (R).

      Ciri-ciri mixing yang bagus :
 Bisa menciptkan suasan  yang nyaman.
 Menciptakan efek berdasarkan posisi yang ada.
 Tidak saling mendominasi satu dengan yang lain.

Penataan Speaker :
 Suasanannya dapat.
 Di dengarkan nyaman.
 Karakternya asli (real).

E.     Kesimpulan :
Maka dengan adanya peralatan elektronik sound system tersebut, kita dalam mengadakan acara bisa berjlan dengan mudah dan nyaman karena suara yang dihasilkan sesuai keinginan kita

F.      Penutup :
Sekian dari cerita saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wassamu’alikum Wr.Wb



0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers