Monday, February 4, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo teman-teman bertemu lagi dengan saya,Alhamdulillah pada kesempatan hari ini saya akan membahas materi mengenai sejarah komunikasi.

Latar Belakang :
Mula-mula asal usul ilmu komunikasi itu tampil pada zaman yunani kuno sebelum masehi yang digagas oleh Aristoteles. Sebenarnya komunikasi itu sendiri terdapat komunikator,pesan dan penerima. Dari gagasan itu jika komunikator menentukan gagasan,kemudian diarahkan pada pilihannnya melalui media yang dimilikinya maka akan ada hasil yang diinginkan. Komunikasi bisa berupa simbol,gambar,tulisan maupun isyarat.

Pengertian :
Sejarah komunikasi adalah suatu upaya atau cara manusia menyampaikan ide,gagasan,kemauan,hasrat dan lain sebagainya,sehingga upaya tersebut hanya supaya manusia dapat saling berhubungan.

Maksud dan Tujuan :
-Untuk mengetahui dan memahami asal mula sejarah.
-Dapat mengetahui betapa pentingnya komunikasi.

Hasil yang Diharapkan :
-Bisa mengetahui bilamana komunikasi itu dibutuhkan.
-Bisa membangun komunikasi yang baik.

Alat dan Bahan :
Laptop
Internet

Waktu Kegiatan :
Hari : senin
TGL : 04 februari 2019

Pembahasan :

https://mahfudblctelkom.blogspot.com

Sejarah komunikasi adalah suatu upaya atau cara manusia menyampaikan ide,gagasan,kemauan,hasrat dan lain sebagainya,sehingga upaya tersebut hanya supaya manusia dapat saling berhubungan. Pada abad ke-5 sebelum masehi, di Yunani berkembang suatu ilmu yang dapat mengkaji proses pernyataan antar manusia yang diberi nama retrorika yang berarti seni berpidato dan beragumentasi yang bersifat menggugah atau seni yang menggunakan bahasa secara lancar untuk memengaruhi dan mengajak.

Munculya Teknologi Alat Komunikasi :
Pada sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini tidak lepas dari sejarah peradaban manusia di bumi ini. Berikut ini adalah sejarah perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komuniakasi) dari zaman pra-sejarah sampai zaman modern sekarang ini.

1. Masa Prasejarah
Pada zaman prasejarah ini mulai diciptakan dan digunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat,seperti halnya gendang,terompet yang terbuat dari tanduk binatang dan isyarat asap sebagai alat pemeberi peringatan terhadap bahaya.

-3000 SM
yaitu untuk yang pertama kalinya tulisan itu digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai huruf.

-2900 SM
yaitu zaman dimana bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf hieroglif. Hieroglif sendiri merupakan bahasa simbol yang berbeda. Bentuk tulisan hieroglif lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.

-500 SM
yaitu zaman manusia sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Serat papyrus tersebut digunakan sebagai kertas.

-105 M
Pada masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan bangsa Cina adalah kertas yang kita kenal sekarang ini.

2. Masa Modern (1400 M sampai Sekarang)

-Tahun 1455
Pada tahun ini, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.

- Tahun 1830
Pada tahun ini, Augusta Lady Byron menulis progam komputer yang pertama kali di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukan data, mengolah data,dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu.

-Tahun 1837
Pada tahun ini, Telegraf dan penemunya (Samuel Morse) Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir Willian cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik kabel tunggal.

-Tahun 1877
Pada tahun ini, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang digunakan pertama kali secara umum.

-Tahun 1889
Pada tahun ini, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.

-Tahun 1931
Pada tahun ini, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial.

-Tahun 1939
Pada tahun ini, Dr.John V.Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama.

-Tahun 1973 - 1990
Pada masa ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang TCP/IP. Secara harfiah, internet(interconnected networking) diaratikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkain.

-Tahun 1991- Sekarang
Sistem IT bisnis dlaam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya. Pada tahun 1992, mulai terbentuk komunitas internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN. Pada tahun 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database oleh ( AT&T),jasa registrasi oleh ( Network Solution Inc), dan jasa informasi oleh (General Atomics/CERFnet). Pada tahun 1994, pertumbuhan internet berkembang dengan cepat dan mulai merambah ke dalam segi kehidupan manusia. Pada tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenalakan menjadi provider dengan membeli jaringan backbone. Langkah ini mulai ada pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

Temuan Masalah :
Kurang mengetahui bahwa komunikasi sangat penting, sehingga masih banyak yang kurang berkomunikasi dengan baik.

Kesimpulan :
Jadi dengan kita mempelajari materi sejarah komunikasi ini, kita dapat mengetahui perkembangan sejarah komunikasi dari zaman pra-sejarah sampai zaman sekarang ini. Sehingga dengan adanya komunikasi kita dapat mudah saling berinteraksi.

Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan pada hari ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman.
Terima kasih.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers