Monday, May 6, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo teman-teman, apa kabar kalian semua?, pastinya kalian baik-baik saja kan. Kembali lagi di blog Mahfud Andriyan ini, nah pada kesempatan hari ini saya akan membagikan sebuah tutorial bagaimana cara melakukan instalasi web server pada debian server.

Latar Belakang :
Pada sebuah web server itu merupakan sebuah perangkat yang menyediakan layanan akses untuk merujuk sebagai dasar untuk membangun sebuah server.

Pengertian :
Web Server merupakan sebuah wadah untuk menempatkan suatu situs web yang di perluas dalam penyimpanan data dan juga dapat untuk menjalankan sebuah aplikasi yang berada di dalamnya.

Maksud dan Tujuan :
Dapat mengetahui serta memahami apa itu web server pada debian server.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu melakukan konfigurasi web server pada debian server tersebut secara benar.

Alat dan Bahan :
Laptop
Charger
Debian Server Yang Sudah Terinstall

Waktu Kegiatan :
Hari : Senin
TGL : 06 Mei 2019

Pembahasan :

1. Pertama langkah yang harus kita lakukan yaitu menginstall apache 2 dan php5, jadi disini saya akan memberikan cara agar bisa langsung menginstall kedua-duanya secara bersamaan. Nah teman-teman pastinya penasaran bukan?, iya pasti penasaran, untuk perintahnya itu mudah kok seperti di bawah ini.

"#apt-get install apache2 php5"



2. Langkah kedua ini kita melakukan cek apakah yang kita install tadi sudah terinstall apa belum dengan menggunakan web browser pada laptop/pc kita, untuk mengeceknya kita cukup mengetikkan "alamat ip address server debian" kita tetapi sebelum kita mengeceknya kita pastikan terlebih dahulu antara server dengan laptop kita dapat saling ping antar keduanya, untuk lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini.


3. Selanjutnya kita membuat konten dari web server tersebut untuk mengecek info dari php yang kita install tadi, kita dapat membuatnya di direktori /var/www/html. Lalu bagaimana untuk membuat dan mengeditnya?, nah itu mudah sekali, kita tinggal ketikkan perintah "nano /var/www/html/mahfud.php" (untuk nama file php itu bisa kita buat sesuka hati kalian ya), kemudian setelah kita ketikkan perintah tersebut maka akan muncul tampilan seperti berikut dan kita tinggal tambahkan script untuk info phpnya.

<?php
phpinfo();
?>

Selanjutnya setelah kita menuliskan script seperti di atas itu, kita tinggal menyimpannya dengan menekan "CTRL + X" lalu tekan "y".

4. Langkah keempat ini kita cek php infonya di browser laptop dengan ketikkan perintah seperti berikut.
"IP_Address_Debian_Server"



5. Kemudian jika sudah berhasil untuk php infonya maka langkah selanjutnya kita menginstall mysql untuk database debian server kita tersebut, untuk perintahnya seperti di bawah ini.

"#apt-get install mysql-server mysql-client"

6. Kemudian setelah kita install maka akan muncul pertayaan dalam proses instalasi tersebut yaitu configuration mysql-server-5.5, untuk kita membuat password Mysql.


7. Langkah ini kita di perintahkan untuk memasukan verifikasi password lagi seperti password yang kita buat tadi.



8. Nah pada langkah kedelapan ini kita selanjutnya menginstall phpmyadminnya dengan perintah sebagai berikut.

"#apt-get install phpmyadmin"


9. Kemudian kita di sungguhkan tampilan untuk memilih antara apache2 dan lighttpd, kita tinggal pilih "apache2" lalu "Ok".
 10. Lalu pada configure database for phpmyadmin with dbconfig-common pilih "Yes".


11. Pada langkah ini kita di perintahkan untuk membuat password untuk user kita.

12. Lalu kita masukkan passworduntuk phpmyadminya.


13. Lalu kita masukkan verifikasi password kembali.


14.  Kemudian kita cek phpmyadmin yang kita install tadi berhasil apa tidak jika berhasil maka akan muncul tampilan phpmyadmin, untuk mengeceknya kita tinggal ketikkan perintah seperti berikut.

"#IP_Addrees_Debian_Server/phpmyadmin"


15. Langkah terakhir ini kita tinggal masuk ke phpmyadmin kita dengan memasukan username dan password yang telah kita buat tadi, jika berhasil masuk maka tampilannya seperti berikut.




Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi untuk web server yang kita install itu tempat direktori web server tersebut berada di /var/www/html. Sehingga untuk mengakses sebuah aplikasi dari web server tersebut kita harus menaruh sebuah file ataupun data pada direktori /var/www/html tersebut.

Referensi :
Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf


Penutup :
Baiklah teman-teman itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan hari ini dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers