Friday, February 8, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Alhamdulilah puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang mana pada kesempatan hari ini kita dapat berjumpa lagi dengan keadaan sehat wal'afiat. Pada kesempatan hari ini kita kita akan membahas materi tentang perbedaan simpati dan empati.

Latar Belakang :
Pada kata simpati dan empati itu mungkin tidak asing lagi kita mendengarnya. Sehinga kedua kata tersebut juga sering diartikannya keduanya berbeda, lalu simpati dan empati juga merupakan suatu hal yang berhubungan dengan perasaan kita.

Pengertian :
Simpati merupakan suatu proses kejiwaan manusia yang dimana seorang individu merasa tertarik pada seseorang atau sebuah kelompok orang karena sikap,penampilan,wibawa, atau perbuatannya yang sedemikian rupa.

Empati merupakan suatu kemampuan manusia dengan berbagai definisi yang berbeda sehingga bisa mencakup spektrum yang luas untuk menciptakan keinginan untuk menolong sesama, sehingga mengetahui apa yang dirasakan dan di pikirkan orang lain.


Maksud dan Tujuan :
Dapat membedakan antara simpati dan empati.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu bersimpati dan berempati kepada orang lain.

Alat dan Bahan :
Laptop
Internet
Kemampua Berfikir

Waktu Kegiatan :
Hari : jumat
TGL : 8 februari 2019

Pembahasan :

Simpati merupakan suatu proses kejiwaan manusia yang dimana seorang individu merasa tertarik pada seseorang, sedangkan Empati merupakan suatu kemampuan manusia dengan berbagai definisi yang berbeda sehingga bisa mencakup spektrum yang luas.

Hubungan antara Simpati dan Empati :
1. Perasaan, baik simpati dan empati memiliki hubungan dasar untuk kita lebih menegrti dan bagaimana mengakui keadaan maupun perasaan orang lain.
2. Kepedulian, baik simpati maupun empati itu berarti tanda peduli terhadap orang lain namun empati sendiri lebih mempunyai nilai lebih ketimbang simpati.

Contoh Simpati dan Empati :
1. Bagaimana seseorang teman yang lagi sakit, tentunya banyak orang yang dapat bersimpati dan merasakan kasihan terhadap anak tersebut tetapi hanya beberapa orang saja yang merasakan kasihan tersebut.

2. Adapun seorang teman yang nilai ujian kenaikan kelas matematikanya jelek. Hampir semua teman-temannya akan merasa kasihan serta kesedihan terhadap siswa tersebut, namun yang bisa merasakan kasihan maupun kesedihan tersebut itu hanya teman-teman yang sudah serupa mengalaminya sehingga bisa benar-benar berempati.


Temuan Masalah :
Masih bingung untuk kita melakukan simpati maupun empati kepada orang lain.

Kesimpulan :
Jadi kita untuk bersimpati dan berempati merupakan suatu hal yang penting dalam kemanusiaan, sehingga simpati dan empati sendiri itu dapat mengerti dan bisa merasakan perasaan orang lain.


Referensi :
Mbah Suro
https://id.wikipedia.org/wiki/Simpati
https://id.wikipedia.org/wiki/Empati


Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan pada materi hari ini,semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman.

Terima Kasih.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers