Saturday, March 9, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo guys,berjumpa lagi di blog saya Mahfud Andriyan ini. Pada kesempatan ini saya akan menceritakan kegiatan saya di BLC Telkom pada hari ini yaitu sharing network security system bersama Mas Michael Takeuchi, untuk kalian yang ingin tahu lebih lanjut silahkan baca artikel berikut.

Latar Belakang :
Pada hari ini BLC Tekom Klaten kedatangan tamu istimewa yaitu mas Michael Takeuchi, siapa itu michael takeuchi? beliau merupakan seorang mastah Network Engineer, Network Consultant, Network Analysis, Network Architect, Network Administrator dan juga seorang Trainer, Beliau juga mendapat sertifikasi ethical hacking.


Pengertian :
Network Security merupakan sebuah keamanan jaringan dalam jaringan komputer sangat penting dilakukan untuk memonitoring akses jaringan dan mencegah terjadinya penyalahgunaan sumber daya jaringan yang tidak sah.


Maksud dan Tujuan :
Dapat mengetahui dan bisa mengamankan jaringan agar tidak di eksploitasi oleh orang lain.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu menjadi network engineer yang profesional.

Alat dan Bahan :
Laptop
Internet


Waktu Kegiatan :
Hari : Sabtu
TGL : 09 Maret 2019


Pembahasan :

Michael Takeuchi
Oke guys langsung saja ya, tadi Mas Michael Takeuchi ingin sharing tentang Network Security atau keamanan jaringan, dimana hal ini adalah hal cukup krusial di bidang IT adalah rahasia. Jika terbongkar maka akan sangat dapat berbahaya bagi orang yang bersangkutan.  

Pada siang hari ini sebelum mas Michael Takeuchi membahas Network security  saya di suruh mas Michael Takeuchi untuk sharing mengenai Osi Layer. Kenapa kok di suruh sharing Osi Layer dan apa hubungan Osi Layer dengan Network security?, Karena pada metode serangan para hacker yaitu melalui jaringan, dan proses pengiriman maupun penerimaan data/informasi dalam jaringan melalui sebuah layer-layer pada Osi Layer tersebut. Setelah saya sedikit sharing mengenai osi layer di lanjutkan mas Michael Takeuchi menjelaskan tentang pentingnya osi layer itu terkait dengan network security.

Selanjutnya mas Michael Takeuchi setelah sharing mengenai osi layer, beliau melanjutkan sharing mengenai Network security. Dalam network security terdapat berbagai segi keamanan diantaranya :
1. Confidentiality (Kerahasian Data).
2. Integrity (intergritas) hanya pihak yang berwenang yang dapat mengubah data.
3. Availability (Ketersediaan Data).

Mas Michael Takeuchi juga bilang sebelum memulai hacking, kita harus mengumpulkan information (Information Gathering) kepada target bisa dilakukan di media sosial seperti facebook untuk pengumpulan informasi. Pada siang  ini mas Michael Takeuchi juga menunjukkan beberapa trik dan tips hacking secara langsung.

Tools hacking yang digunakan mas Michael Takeuchi antara lain untuk menganalisis sebuah jaringan antara lain :
1. Nmap
2. NetworkMiner
3. John the Ripper
4. https://www.exploit-db.com/
5. PWN STAR
6. WEBSPOLIT
7. Winbox Exploit

Selain itu mas Michael Takeuchi juga sharing mengenai berbagai macam dan cara peretasan  website (deface) dan juga beberapa contoh hacking lainnya.

Dokumentasinya :

Menjelaskan Osi Layer
Mas Michael Mencoba Menghack Jaringan BLC

Temuan Masalah :
Untuk menjadi seperti mas Michael Takeuchi harus diperlukan mempunyai pengalaman dan dasar-dasar IT yang luas untuk bisa menjadi Mastah Network Security.

Kesimpulan :
Jadi untuk menjadi seorang network security system tidak hanya harus menguasai tentang jaringan, tetapi kita juga harus memahami tentang infrastruktur jaringan dan juga bisa coding dengan bahasa pemograman seperti php,java,phyton dan lain sebagainya.


Referensi :
Michael Takeuchi


Penutup :
Oke guys itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers