Saturday, March 9, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo sobat, kembali lagi di blog Mahfud Andriyan ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah cara untuk mengatasi error file format pada instalasi moodle, langsung saja ya simak berikut ini.

Latar Belakang :
Pada saat ini pembelajaran ataupun E-Learning itu  sudah modern untuk kegiatan mengajar pembelajaran secara online. Nah dari itu kita dalam proses mengajar itu biasanya menggunakan moodle, pada moodle itu biasanya ketika menginstallnya ada terjadinya error pada file format moodle tersebut. Oke saya dari itu berinspirasi membuatkan tutorial untuk mengatasi errornya tersebut.

Pengertian :
Moodle (Modular Object-oriented Dynamic Learning Envionment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist. MOODLE merupakan salah satu aplikasi yang terdiri dari sebuah konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau disebut E-Learning.


Maksud dan Tujuan :
Supaya kita bisa lancar dalam melakukan instalasi moodle tersebut.

Hasil yang Diharapkan :
Bisa mengatasi error pada file format ketika  melakukan instalasi moodle tersebut.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
Charger
File Moodle

Waktu Kegiatan :
Hari : Sabtu
TGL : 09 Maret 2019

Pembahasan :

1. Pertama kita mencari file "config.php" untuk kita edit nantinya.

2. Kedua kita mengubah "dbcollation" => "utf8_unicode_ci", menjadi "dbcollation" => "utf8_unicode_ci".

3. Langkah terakhir, setelah kita mengeditnya kemudian kita menyimpan (CTRL + S) dan kita klik reload pada instalasi moodle tersebut.

Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi kit setelah melakukan troubleshooting pada eror di moodle ini selanjutnya kita akan mudah dalam melakukan konfigurasi moodle tersebut. Selain itu dalam mengatasi eror ini kita harus bisa teliti dan sabar.

Referensi :
Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel yang saya jelaskan ini dapat membantu sobat semua dan bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers