Saturday, February 16, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hallo teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan membahas materi training cisco yang saya dapatkan hari ketiga ini di BLC Telkom.

Latar Belakang :
Cisco merupakan suatu perusahaan jaringan dimana yang menjadi standarisasi jaringan secara global, sehingga alasan itu menjadikan seorang IT harus mampu mempelajari dan memahami cisco tersebut.

Pengertian :
Cisco adalah peralatan utama yang banyak digunakan pada jaringan secara luas dan sering digunakan pada WAN (Wide Area Network). Dengan adanya cisco router, sehingga informasi dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjahuan dan berada di jaringan komputer yang bertujuan untuk meneruskan sebuah paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya.

Maksud dan Tujuan :
Memberikan wawasan pengetahuan dan pelatihan kepada siswa-siswi yang prakerin di BLC Telkom mengenai Cisco dan ujian sertifikasi Cisco.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu memahami dan mengetahui apa itu Cisco, sehingga bisa mengimplementasikan Cisco secara nyata.

Alat dan Bahan :
Laptop
Charger

Waktu Kegiatan :
Hari : sabtu
TGL : 16 februari 2019

Pembahasan :

Pada hari ketiga training cisco ini membahas materi :
Bagaimana client dan server itu dapat bekerja secara bersamaan dan hubungan client server. Karakteristik pada sistem client-server yaitu client mengirimkan permintaan server untuk merespon dengan menjalankan fungsinya, seperti mengirim dokumen yang diminta kembali ke client.

Addressing :
Apa yang dimaksud ipv4?
Ipv4 merupakan sebuah alamat jaringan logis yang mengidentifikasi host tertentu dikonfigurasi dan unik di jaringan untuk komunikasi berhubungan dengan kartu antarmuka jaringan.

Struktur pada ipv4 :
Ipv4 mempunyai 32 binary bits yaitu untuk memudahkan penggunaan, 32 bit tersebut dikelompokkan menjadi empat oktet atau setiap oktet memiliki 8 bit. Oktet diwakili dalam notasi desimal bertitik.

Alamat IPv4 statis :
Host, seperti server dan printer, yang membutuhkan alamat tertentu bisa memakan waktu dan rawan kesalahan. Karena ipv4 Perlu untuk mempertahankan daftar alamat IPv4 yang akurat.

Alamat ip dinamis :
Dynamic host configuration protokol (DHCP) memungkinkan penugasan otomatis untuk menangani informasi, dengan metode penugasan pilihan untuk jaringan besar alamat ip dinamis.

Bagaimana cara kerja pada DHCP ipv4?
Client mengirimkan pesan DHCP discover pada alamat tujuan ipv4 255.255.255.255 (32 ones) dan alamat MAC tujuan FF-FF-FF-FF-FF-FF (48 ones). DHCP server akan response dengan mengirimkan paket (DHCP offer) sehingga host akan meminta request ip ke server (DHCP request) dan server akan mengirimkan atau meminjamkan paket ip ke host (DHCP ACK).

Apa itu gateway default ?
Gateway default merupakan alamat ipv4 dari antarmuka router yang terhubung ke jaringan tempat host terpasang.sehingga setiap host di jaringan menggunakan gateway default untuk menjangkau jaringan lain.

Apa itu unicast, broadcast dan multicast ?
Unicast merupakan komunikasi antar device dari source (sumber) ke destination (target).

Multicast merupakan komunikasi antar device dari source (sumber) ke beberapa destination (target).

Broadcast merupakan komunikasi antar device dari source (sumber) ke semua device yang terhubung dalam jaringan.


Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan kita sebelum mempelajari materi cisco lebih dalam kita juga harus mengatahui dasar-dasarnya agar kita dapat mudah untuk melangkah tahap selanjutnya.

Referensi :
Trainer Cisco pak Najib dan Rival.

Penutup :
Oke teman-teman sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan hari ini,jangan lupa simak terus di postingan selanjutnya agar tidak ketinggalan materi-materi lainnya.
Terima kasih.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers