Saturday, March 23, 2019


Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hai teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai pengalaman saya  hari terakhir  IT Volunteer di SMP N 3 Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Latar Belakang :
Pada kegiatan IT Volunteer di SMPN 3 Mojosongo ini semoga sekolahan tersebut menjadi sekolah yang berbasis IT sehingga sekolahan tersebut juga bisa lebih maju dan berkembang mengenai IT nya khusunya untuk dibidang pendidikannya.

Pengertian :
SMPN 3 Mojosngo merupakan salah satu sekolah yang didirikan tentara pelajar yang dimana tentara pelajar tersebut dikenal dengan nama SA/CSA dengan logo burung garuda tegak. SMP N 3 Mojosngo ini  terletak di desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Maksud dan Tujuan :
Memberikan wawasan pengetahuan kepada seluruh warga SMP N 3 Mojosongo mengenai komputer dan dunia IT.

Hasil yang Diharapkan :
Dapat mengetahui manfaat dan fungsi komputer sehingga bisa mengoperasikan komputer secara benar.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
LCD Proyektor
Arus Listrik

Waktu Kegiatan :
Hari : Sabtu
TGL : 23 Maret 2019

Pembahasan :


Pada hari terakhir tepatnya hari sabtu tanggal 23 maret 2019, pagi bangun tidur melakukan rutinitas seperti biasa bangun tidur terus sholat subuh bahkan mandi untuk persiapan untuk berkemas-kemas barang bawaan. Pada pagi itu sehabis berkemas-kemas saya dan teman-teman pun melakukan sarapan pagi di tempat mas marjuli, selanjutnya setelah makan saya dan teman-teman langsung pergi ke ruang guru sebelum pergi ke ruang guru saya bersama teman-teman tidak lupa membereskan dan mencuci piring. Disaat sampai di ruang guru saya dan teman-teman mengikuti rapat rutin yang dilakukan bapak ibu guru dan setelah rapat tidak lupa melakukan yel-yel sehabis yel-yel langsung menyanyikan lagu indonesia raya.

Saya dan teman-teman pagi itu memiliki kegiatan edukasi kepada siswa-siswi seperti biasa yang bertempatkan di ruang lab komputer 1 dengan materi pengenalan komponen-komponen dan bongkar pasang komputer. Pada waktu itu siswa yang ikut kurang lebih 60 anak, disaat itu juga tidak murid saja yang ikut materi tersebut melainkan ada salah satu guru yang ikut materi itu yaitu Pak Sutrisno. Saat baru mau praktek bongkar pasang tiba-tiba saya dan teman-teman di panggil Pak Dawami untuk menuju ke kantor untuk pelepasan tim IT volunter dan memberikan pesan kesan kepada bapak ibu guru selanjutnya pesan kesan bapak ibu kepada saya dan teman-teman. Waktu itu perwakilan yang mewakili pesan kesan dari tim kami yaitu Imam dan Nisa, sehabis pesan kesan saya dan teman-teman diminta untuk maju dna menerima simbolis oleh-oleh dari pihak Smpn 3 Mojosongo tersebut. Selanjutnya setelah pemberian simbolis saya bersama teman-teman untuk melakukan foto bersama dengan bapak ibu guru smpn 3 mojosongo selain foto bersama saya pribadi juga diberi banyak motivasi dari bapak ibu guru sehingga sampai dimintai nomor telepon agar tidak hilang komunikasinya yang sudah seperti keluarga sendiri.

Pada waktu itu sudah masuk jam makan siang tiba-tiba sehabis foto-foto bersama,saya dan teman-teman diajak Pak Dawami untuk makan siang di cafe mat moen tempat Bu purwanti. Ketika itu suasana cafe itu sangat indah dan terlihat modern (kekinian) di cafe tersebut juga memiliki lahan yang lumayan luas bahkan sampai lantai ketiga. Saat saya dan teman-teman bahkan bersama Pak Dawami,Pak winarta, Pak Suyanto,dan Pak Darmawan. Sesampai di cafe matmoen tersebut ternyata Ibu Purwanti sama Pak Sukamto belum sampai lokasi cafe tersebut, beliau masih ada rapat koperasi di kabupaten sehingga saya dan teman-teman bersama rombongan Pak Dawami menunggu sekitar 15 menit untuk sampai ke lokasi. Pada saat itu juga Ibu Purwanti (pemilik cafe) tersebut datang bersama Pak Sukamto yang sama-sama rapat koperasi di kabupaten. Selanjutnya baru kita pesan menu secara sama semua yaitu nasi bakar & ayam kampung bakar dan memilih menu minum sesuai kesukaan, kalau saya pribadi memilih strawberry float. Setelah pesan sambil menunggu Ibu Purwanti menceritakan awal dari cafe mat moen tersebut dari nol hingga sampai berkembang pesat seperti sekarang, tidak terasa sambil cerita makanan dan minumannya pun sudah siap dihidangkan sehingga waktunya semua makan bersama. Sehabis makan bersama,langsung berpamitan kepada Ibu Purwanti untuk pulang ke Smpn 3 Mojosongo, sesampai di Smpn 3 Mojosongo saya bersama teman-teman disuruh untuk bersiap-siap barangnya untuk di bawa ke depan agar dimasukan ke mobil sehingga nantinya akan diantar pulang ke BLC Telkom Klaten.

Saya bersama teman-teman di antar pulang dari Smpn 3 Mojosongo sekitar pukul 14.00 wib ketika diperjalanan pulang kita juga mampir sebentar ke rumahnya Pak Dawami, setelah mampir semua langsung masuk mobil untuk perjalanan untuk menuju di BLC Telkom Klaten dan akhirnya sampai juga di BLC sekitar pukul 15.10 wib. Ketika sampai di BLC saya dan teman-teman langsung menurunkan barang bawaan yang awalnya kita bawa pada waktu menurunkan barang bawaan ternyata kita juga dapat sembako dari pihak Smpn 3 Mojosongo, sehabis semua diturunkan di taruh di dapur BLC maka saya dan teman-teman masuk ke ruang BLC 1 bersama pihak Smpn 3 Mojosongo yang telah menghantarkan lalu menemui mbah suro.


Dokumentasinya :

Temuan Masalah :
Banyak bapak/ibu guru SMPN 3 Mojosongo yang masih takut untuk mengoperasikan komputernya masing-masing, selain bapak/ibu guru juga siswa-siswinya belum mengenal komputer.

Kesimpulan :
Jadi dengan adanya IT Volunteer ini dapat membantu pihak SMPN 3 Mojosongo tersebut menjadi ekolah berbasis IT, selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman saya di dunia nyata. Ternyata belajar diatas meja lebih mudah dari pada terjun di dunia nyata.

Referensi :
Diri Sendiri

Penutup :
Oke teman-teman cukup sekian dan terima kasih dari saya, semoga postingan ini dapat bemanfaat bagi kita semua.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers