Friday, March 22, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb
Pendahuluan :
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai pengalaman saya  hari kedua belas   IT Volunteer di SMP N 3 Mojosongo Kabupaten Boyolali.

Latar Belakang :
Pada kegiatan IT Volunteer di SMPN 3 Mojosongo ini semoga sekolahan tersebut menjadi sekolah yang berbasis IT sehingga sekolahan tersebut juga bisa lebih maju dan berkembang mengenai IT nya khusunya untuk dibidang pendidikannya.

Pengertian :
SMPN 3 Mojosngo merupakan salah satu sekolah yang didirikan tentara pelajar yang dimana tentara pelajar tersebut dikenal dengan nama SA/CSA dengan logo burung garuda tegak. SMP N 3 Mojosngo ini  terletak di desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Maksud dan Tujuan :
Memberikan wawasan pengetahuan kepada seluruh warga SMP N 3 Mojosongo mengenai komputer dan dunia IT.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu mengetahui dan bisa mengoperasikan komputer secara mahir.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
LCD Proyektor
Arus Listrik

Waktu Kegiatan :
Hari : Jumat

TGL : 22 Maret 2019

Pembahasan :

Pada hari jumat tanggal 22 maret 2019, paginya masih seperti biasa memberikan edukasi kepada siswa-siswi smpn 3 mojosongo yang berlokasikan di lab komputer 2 dan lab komputer 3, kegiatan paginya itu masih melanjutkan pembuatan email yang belum bikin dan anak yang ikut susulan , dalam pembuatan email di hari ini ada kendalanya yaitu banyak siswa-siswi yang tidak mempunyai nomor telepon sehingga bingung untuk membuat email. Jadi saya bersama teman-teman membantu untuk mengisi nomor telepon tersebut dengan nomor telepon saya dan nomor telepon teman saya sehingga akhirnya tidak ada masalah maupun kendala dalam pembuatan email tersebut. Waktu semakin berjalan sehingga usai sudah edukasi kepada siswa-siswi mengenai pembuatan email selanjutnya saya dan teman-teman di panggil Pak Winarta untuk pergi makan siang di rumah makan soto rempah Pak Sutrisno, pada saat itu juga kami langsung bergegas untuk naik ke mobil bersama Pak Sukamto dan Pak Darmawan.

Dalam perjalan ke rumah makan soto rempah Pak Sutrisno saya suguhkan pemandangan yang indah yang ada di Boyolali,waktu perjalanan kami juga dikasih tahu mengenai bangunan-bangunan yang ada di boyolali sehingga tidak terasa sampailah di tempat rumah makan soto rempah Pak Sutrisno. Sesampai di rumah makan tersebut saya dan teman-teman bersama guru smpn 3 mojosongo bahkan juga ada mbah suro sekalian yang ikut ke rumah makan Pak Sutrisno. Saya bersama teman-teman pun disuguhkan banyak porsi makanan soto rempah dan minuman, sehingga kita dipersilahkan untuk makan soto tersebut. Disaat selesai makan tiba-tiba saya dan teman-teman yang laki-laki disuguhkan dengan soto rempah lagi oleh Pak Sutrisno, sehingga saya pun bersama teman-teman makan 2 porsi soto rempah tersebut. Berhubung itu hari jumat maka setelah selesai makan kita perjalanan pulang ke smpn 3 mojosongo,pada perjalanan pulang saya dan teman-teman tidak langsung untuk pulang tapi melainkan untuk ditunjukkan ke gedung bupati Boyolali,patung sapi, bahkan menara jagung yang ada di boyolali. Tidak lupa saya dan teman-teman juga melakukan foto bersama saat di gedung bupati, patung sapi dan menara jagung.

Selanjutnya sehabis melakukan foto-foto di tiga tempat tersebut saya dan teman-teman langsung pulang menuju ke smpn 3 mojosongo, sesampai di smpn 3 mojosongo saya dan teman-teman yang laki-laki langsung menuju ke masjid untuk melakukan ibadah sholat jumat setelah shalat jumat kami langsung menuju ke lab bersama mbah suro. Pada jam itu ternyata ada 2 siswa yang datang untuk mengikuti kelas tambahan, saya bersama imam langsung memberikan materi mengenai cara mendownload file,video,bahkan musik dan mendesain. Di saat itu saya dan teman-teman salut kepada siswa yang bernama Zafirah Ra'Ain yang mempunyai semangat tinggi dalam belajar komputer. Sehabis saya dan imam memberikan materi banyak siswa tersebut sudah capek dan dia langsung pulang. Saat siswa tersebut pulang, saya dan teman-teman pun menemui mbah suro untuk di beri arahan maupun saran selain itu saya dan teman-teman juga melakukan foto bersama di area smpn 3 mojosongo.

Dokumentasinya : 






Temuan Masalah :
Banyak bapak/ibu guru SMPN 3 Mojosongo yang masih takut untuk mengoperasikan komputernya masing-masing, selain bapak/ibu guru juga siswa-siswinya belum mengenal komputer.

Kesimpulan :
Jadi dengan adanya IT Volunteer ini dapat membantu pihak SMPN 3 Mojosongo tersebut menjadi ekolah berbasis IT, selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman saya di dunia nyata. Ternyata belajar diatas meja lebih mudah dari pada terjun di dunia nyata.

Referensi :
Diri Sendiri

Penutup :
Sekian dari saya teman-teman, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers