Thursday, March 28, 2019



Assamu'alaikum Wr.Wb
Pendahuluan :
Hallo semua,pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi mengenai PTP (Point To Point) beserta konfigurasinya dan langsung saja simak ya teman-teman.
Latar Belakang :
Latar belakang dari materi Point To Point (PTP) ini kita dapat mengetahui jenis jaringan yang digunakan penyedia layanan internet (ISP) juga telah menggunakan point to point untuk akses dial-up pelanggan ke internet.
Pengertian :
Point To Point (PTP) merupakan sebuah protokol pada data link layer (layer 2) yang digunakan untuk membangun hubungan langsung antara dua mode yang menghubungkan dua router secara langsung tanpa host maupun perangkat jaringan. Point To Point memberikan otentikasi koneksi,enkripsi transmisi dan kompresi.
Maksud dan Tujuan :
Dapat mengerti apa itu point to point (PTP).
Dapat melakukan konfigurasi point to point di mikrotik.
Hasil yang Diharapkan :
Mampu memahami konsep pada point to point di mikrotik sehingga dapat mengimplentasikan secara real (nyata).
Alat dan Bahan : 
1. 2 buah mikrotik
2. Kabel UTP
3. Laptop/PC
4. Koneksi Internet
Waktu Kegiatan :
Hari : kamis
TGL : 28 maret 2019
Pembahasan :

Hal yang pertama untuk melakukan konfigurasi point to point ini kita juga harus paham terhadap konsep gambaran yang akan dibuat point to point tersebut.Seperti topologi diatas.

Tahapan Settingan pada Mikrotik: Pertama masuk pada menu wireless setelah itu masuk ke security profiles dan tambahkan dengan tanda + kemudian isikan kata sandi wifi, selajutnya klik apply dan oke.



Langkah kedua  masuk pada menu wireless, lalu hidupkan interfaces wireless dan setting router A dengan mode brigde dan Router B setting dengan station. Jangan lupa pengaturan band-nya saya sarankan  menggunkan 2 GHz-B/G/N setelah itu atur frekuensinya dan berikan SSID sesuai keinginan kalian.

Langkah ketiga ini pada router yang mode brigde maupun router yang mode station ini sama yaitu masuk pada menu IP kemudian pilih addreses maka muncul tampilan address list lalu klik tanda +. Selanjutnya isikan alamat ip pada router yang mode brigde dan router mode station tersebut dengan ip yang sejaringan, setalah diisi maka klik Apply lalu Ok.



Langkah keempat kita pilih menu Tools, Pada router A yang mode brigde itu setalah pilih menu tools kita pilih "Bandwidth Test" nanti akan muncul tampilan bandwidth test kita masukan alamat ip router B yang mode station tersebut (10.60.5.5) kemudian start untuk memonitoring router B yang mode station. Sedangkan router B yang mode Station itu setelah masuk menu Tools kita pilih menu BTest Server kemudian akan muncul tampilan "BTest Server Settings" lalu hilangkan tanda centang pada "Authenticate" untuk mengaktifkan server yang akan dilakukan pengujian bandwidth. Selanjutnya Apply baru Ok.


Maka setelah router A melakukan start akan bisa melihat Rx dan Tx yang berjalan pada router B tersebut.

Langkah terakhir kita juga bisa melakukan ping dari router A ke ke router B atau sebaliknya untuk memastikan konfigurasi kita berhasil apa tidak.

Temuan Masalah : 
-
Kesimpulan :
Jadi dengan adanya sharing materi point to point pada mikrotik ini, kita semua dapat mengerti dan memahaminya sehingga kita juga dapat mengkonfigurasinya.
Referensi :
Modul Mikrotik MTCNA-2012.pdf
Penutup :
Okey teman-teman,sekian yang dapat saya sampaikan pada materi hari ini. Semoga dengan materi Point To Point ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Terima kasih
Wassamu'alaikum Wr.Wb


0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers