Tuesday, April 16, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo sobat setia, kembali lagi di blog saya ini semoga kalian tidak bosan-bosan ya untuk menyimak blog saya. Oke pada kesempatan kali ini saya saya akan membahas artikel mengenai bagaimana cara bypass login hotspot pada mikrotik, untuk teman-teman yang mau mencoba praktek jangan lupa membaca terlebih dahulu ya.


Latar Belakang :
Di dalam suatu area biasanya sudah tersedia jaringan yang nama sering kita jumpai dengan hotspot,jika kita login ke hotspot tersebut maka kita akan diarahkan ke halaman login hotspot dan dengan bypass ini bilamana kita terhubung hotspot tersebut tidak lagi diperlukan yang namanya username dan password.


Pengertian :
Bypass adalah suatu metode atau cara untuk bisa mengakses sebuah jaringan hotspot yang tidak pelu lagi memasukan username dan password ketika kita login pada hotspot tersebut.

 
Maksud dan Tujuan :
Agar kita bisa terhubung ke jaringan hotspot itu tidak harus memasukan username dan password untuk login.

Hasil yang Diharapkan :
Dapat memahami konsep dan melakukan konfigurasi dalam bypass ini.

Alat dan Bahan :
Laptop
Kabel UTP
Mikrotik
Koneksi Internet

Waktu Kegiatan :
Hari : Selasa
TGL : 16 April 2019

Pembahasan :


Sebenarnya pada saat kita untuk melakukan bypass login hotspot ini kita dapat menggunakan banyak fitur diantaranya fitur IP Bindings,Walled Garden atau bisa juga menggunakan fitur Walled Garden IP List pada menu Hotspot di Mikrotik, Namun pada kesempatan kali ini saya menggunkan fitur IP Bindings untuk melakukan bypass login hotspotnya. Untuk melakukan IP Bindings caranya yaitu kita harus mengetahui telebih dahulu MAC Address dari user client hotspot tersebut, untuk lebih jelasnya simak berikut ini.
1. Pertama pastikan mikrotik kita sudah tersetting hotspot, jika belum silahkan kalian setting dulu hotspot pada mikrotik kalian dan jika belum bisa membuat hotspot bisa lihat postingan saya sebelumnya DISINI.
2. Kedua setelah selesai bikin hotspot pastikan juga ada client yang terhubung ke jaringan hotspot kalian sobat.
3. Kemudian pada langkah ketiga ini kalian masuk ke menu Ip pilih Hotspot, seperti berikut.


4. Pada langkah ini kalian ke menu "Server Profiles" untuk memastikan hotspot kita.


5. Selanjutny di langkah kelima ini kita pindah ke tab menu "Host" untuk melihat MAC Address client kita yang akan kita bypass.



6. Keenam ini tinggal kita klik MAC Address client kita yang akan kita bypass, cara kita klik MAC Addressnya dengan double klik maka akan muncul tampilan "Hotspot Host" kita ke tab "General" lalu kita copy MAC Addressnya.


7. Langkah ketujuh ini kita sekarang pindah ke tab menu "IP Bindings" dan klik add (+), seperti gambar dibawah ini.


8. Langkah terakhir setelah kita tambahakan maka akan muncul tampilan "Hotspot IP Bindings" kemudian kita pastekan alamat MAC address client kita yang sudah kita copy tersebut ke button  MAC Address dan jangan lupa kita pilih Type "Bypassed" lalu kita "Apply dan Ok" maka selesai.


Catatan ya sobat :
Pada opsi type diatas terdapat 3 macam yaitu Blocked, Bypassed dan Regular, Nah disini saya juga akan menjelaskan sedikit mengenai 3 type diatas.

A. Blokked : Jika Mac Address yang didaftarkan dengan jenis type ini maka otomatis tidak akan mendapatkan layanan hotspot.

B. Bypassed : Jika Mac Address yang didaftarkan dengan jenis type ini maka akan di bypass sehingga tidak perlu melewati proses autentifikasi.

C. Reguler : JIka Mac Address yang didaftarkan  dengan jenis type ini maka akan melewati proses autentifikasi seperti biasanya, pada jenis type regular ini hanaya digunakan untuk mengalokasikan IP Address khusus ke host tertentu.


Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan kita melakukan bypass user client yang kita istimewakan itu untuk terhubung ke jaringan hotspot kita tidak perlu lagi memasukan username dan password lagi.

Referensi :
Modul MTCNA

Penutup :
Oke sobat setia, ini saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini bilamana ada kesalahan dalam penulisan artikel ini saya mohon maaf ya sobat dan semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.
Terima Kasih.

Wassamu'alaikum Wr.Wb 



0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers