Tuesday, April 9, 2019


Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Pada kesempatan hari ini saya akan membahas materi tentang cara pembuatan hotspot di mikrotik.

Latar Belakang :
Pada pembuatan hotspot ini sebab seiring perkembangan zaman teknologi dunia IT maka kita dimudahkan dengan adanya fitur mikrotik untuk membuat hotspot, sehingga hotspot sendiri juga dapat kita gunakan untuk bisnis kecil-kecilan di area perumahan maupun cafe.

Pengertian :
Hotspot adalah area  dimana seorang client dapat terhubung dengan jaringan internet secara wireless dan biasanya login lewat browser dengan perintah untuk memasukan username dan password.

Maksud dan Tujuan :
Agar dapat mengatur atau memanagemen  batas kecepatan hotspot yang digunakan oleh client hotspot kita.


Hasil yang Diharapkan :
Dapat melakukan konfigurasi hotspot dan memahami cara kerjanya.


Alat dan Bahan :
Laptop
Mikrotik
Kabel UTP
Koneksi Internet

Waktu Kegiatan :
Hari : Selasa
TGL : 09 April 2019


Pembahasan :


Sebelum kita membuata hotspot tersebut kita harus mensetting dasar mikrotik kita, jika teman-teman belum mensettingnya silahkan disetting terlebih dahulu dan jika teman-teman belum bisa silahkan teman-teman membaca serta mempraktekkannya cara mesetting dasar mikrotik di postingan saya DISINI.

1. Pertama teman-teman masuk di menu "Wireless" serta kita klik maka akan muncul tampilan "Wireless Table", seperti berikut ini.


Kemudian kita masuk ke tab menu "Wireless Interfaces" dan klik pilih "Virtual".


2. Langkah yang kedua setelah kita klik virtual tadi maka akan muncul tampilan "Interface <Wlan2>" kita klik ke tab menu "Wireless" lalu kita isikan "Mode dengan ap bridge", isikan "SSID sesuai keinginan kalian",  pilih master interface "wlan1" dan kita tinggal pilih isikan "Security Profile" dengan password yang kita inginkan atau tidak di kasih password, itu terserah teman-teman. Kalau saya tidak saya kasih password, seperti gambar dibawah ini.

 
3. Ketiga ini kita menambahkan ip untuk hotspot kita tinggal kita masuk ke menu "IP pilih Address kemudian akan muncul Address list" kita klik add (+).


Setelah kita klik add tinggal kita isikan alamat ip hotspot di tabel "Address" sesuai keinginan kalian dan jangan lupa lupa pastikan "interface" sudah benar yang kita pilih baru kita Apply dan Ok.

 
4.  Keempat pada langkah ini kita laukan DHCP Server untuk memberikan alamat IP secara otomatis yang terhubung di hotspot kita nanti langsung saja kita masuk di menu "IP kemudian pilih DHCP Server" maka nanti ada tampilan "DHCP Server" dan pastikan kita di tab menu DHCP ya teman-teman.


Selanjutnya setela kita di tab menu "DHCP" seperti diatas kita langsung pilih tab menu "DHCP Setup", Nah itu muncul tampilan "DHCP Setup" kita pilih interface yang akan kita DHCP nanti lalu klik "Next" sampai ada tulisan "Setup has completed successfully" baru kita "OK", sebagai contoh lihat gambar di bawah ini.



5. Maka langakh kelima ini hasilnya jika sudah kita "OK" maka seperti berikut ini, tapi semisal warna masih merah itu jangan khawatir ya itu tanda belum ada yang konek ke wifi kita kalau semisal sudah ada yang konek warna berubah menjadi hitam.


6. Keenam ini kita baru kita bikin hotspotnya, kita tinggal masuk "IP => Hotspot" lalu muncul tampilan "Hotspot" tinggal kita pastikan di tab menu "Server" , seperti berikut ini.


7. Langkah ketujuh kita pindah ke tab menu "Hotspot Setup" dan klik maka akan muncul tampilan "Hotspot Setup" kita pilih "Hotspot Interface" yang akan kita bikin hotspot, lebih tepatnya seperti berikut


Kemudian tinggal kita klik "Next" sampai selesai, ketika kalian menemui "DNS Name" itu teman-teman isikan nama sesuai keinginan kalian yang terpenting ada domainnya ( .com, .co.id, .web.id , sch.id ) itu fungsinya untuk memberikan nama hotspot kalian di browser nanti lalu kita klik "Next", contohnya berikut ini.
 
 
Setelah memasukan DNS Name kita di perintahkan untuk membuat username dan password untuk login, " Name of local Hotspot User" itu tidak harus admin bisa diganti sesuai keinginan teman-teman dan "Password for the User" itu isikan sesuai keinginan teman-teman juga, kemudian setelah di isi semua tinggal kita klik "Next" sampai selesai.

 
Jika teman-teman benar nanti akan ada pesan "Setup has completed successfully" tinggal klik "OK", seperti gambar di bawah ini.


8. Langkah kedelapan ini kita tinggal konekan laptop kita ke wifi hotspot yang telah kita buat tadi, seperti gambar berikut ini.


9. Kesembilan ini setelah laptop kita tesambung ke hotspot yang kita buat tadi, langkah selanjutnya kita tinggal buka browser kalian. Nanti akan muncul tampilan "Open Network Login page" tinggal kita klik saja.


10. Kesepuluh setelah kita klik tadi akan muncul tampilan hotspot yang meminta "Login, password" itu masukan username dan password yang telah kita buat tadi di langkah ketujuh.


11. Pada langkah kesebelas ini setelah login maka akan muncul status login, seperti gambar berikut.


12. Langkah terakhir ini, jika teman-teman di langkah kesebelas tadi di klik "Log off" maka hasil akan keluar dari login, contohnya seperti gambar dibawah ini.


Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Maka dengan adanya hotspot kita bisa membuat halaman login,user maupun password sendiri sehingga kita juga dapat membatasi client yang terhubung ke hotspot kita.

Referensi :
Modul Mikrotik

Penutup :
Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf, semoga pembahasan materi kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassamu'alaikum Wr.Wb 



0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers