Saturday, April 20, 2019


Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo teman-teman gimana kabarnya kalian ?, pastiny baik-baik saja bukan, Nah teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi mengenai Cara Pengaturan Waktu Pada Mikrotik.

Latar Belakang :
Pada sinkronisasi waktu (jam,tanggal,bulan,tahun) di mikrotik ini sangat perlu dan di pentingkan karena apabila kita tidak mengkonfigurasi akan ada perbedaan waktu dalam proses pengiriman dan penerimaan data.

Pengertian :
NTP (Network Time Protocol) merupakan sebuah protocol jaringan untuk sinkronisasi waktu (jam,tanggal,bulan,tahun) antara sistem komputer melalui jaringan data packet-switched, variable-latency. NTP ini beroperasi sejak tahun 1985 dan NTP juga merupakan protocol internet tertua yang digunakan pada saat ini, NTP itu dirancang oleh David L.Mills dari University of Delaware.

Maksud dan Tujuan :
Dapat mengetahui apa itu NTP dan mengerti fungsinya.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu mengkonfigurasi NTP (Network Time Protocol) di Mikrotik.

Alat dan Bahan :
Laptop
Mikrotik (RB951Ui-2HnD)
Kabel UTP
Koneksi Internet

Waktu Kegiatan :
Hari : Sabtu
TGL : 20 April 2019

Pembahasan :


1. Pertama kita masuk dulu pada mikrotik kita dan pastikan sudah di setting dasar agar dapat terkoneksi internet jika belum bisa setting dasar mikrotik bisa di lihat DISINI,seperti berikut.

2. Kedua setelah kita masuk ke winbox , kita setting NTP Client pada menu "System=>NTP Client".


Selanjutnya setelah kita masuk pada NTP Client lalu kita ,isikan seperti berikut dan tidak lupa beri tanda centang pada "Enabled".

Mode : Unicast
Primary NTP Server : id.pool.ntp.org


3. Setelah kita Apply tadi maka akan berubah tampilan menjadi sperti berikut ini.

4. Berikutnya kita masuk pada setttingan clock di menu "System=> Clock" maka nanti akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
Sebelum di Setting

Selanjutnya setelah kita masuk pada menu "Clock" kita setting "Time Zone Name " tinggal pilih yang "Asia/Jakarta", Jika kita berhasil maka "Time dan Date" akan berubah seperti gambar berikut ini.

Setelah di Setting
5. Langkah terakhir kita tampilankan settingan date dan time di menu "Dashboard : add time and add date", maka nanti akan tampil seperti berikut.

Temuan Masalah :
Jika mikrotik kita yang sudah di konfigurasi NTP ini, ketika di lakukan reset pada mikrotik maka waktu mikrotik akan kembali ke defaultnya.

Kesimpulan :
Maka dengan adanya kita melakukan konfigurasi NTP ini maka kita dapat mensinkronkan waktu agar natinya sebuah jaringan akan sesuai real time yang ada.


Referensi :
Ebook MTCNA-2012.pdf

Penutup :
Oke teman-teman, itu saja dari saya apabila ada salah atau kurang kata mohon maaf dan semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassamu'alaikum Wr.Wb 


0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers