Friday, May 3, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo teman-teman, selamat datang kembali di blog Mahfud Andriyan ini, Nah jangan merasa bosan ya menyimak blog saya ini ya. Pada kesempatan hari ini saya akan membagikan cara menambahkan repository Online dan DVD/CD di debian server, untuk lebih jelasnya silahkan simak berikut ini.

Latar Belakang :
Pada penambahan repository ini merupakan hal-hal penting yang harus kita lakukan ketika kita sudah melakukan instalasi debian server. Sehingga kita mempunyai banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk proses instalasi suatu paket yang kita butuhkan.

Pengertian :
Repositori merupakan suatu tempat yang dapat digunakan untuk tempat penyimpanan software yang dapat di install di server dan juga dapat kita install di komputer dengan cara terhubung dengan jaringan internet.

Maksud dan Tujuan :
Supaya dapat mengerti apa itu repository serta dapat mengetahui manfaat dari repository DVD/CD maupun repository online tersebut.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu menambahkan repository debian server dengan menggunakan DVD/CD maupun repository secara online.

Alat dan Bahan :
Laptop
Charger
Debian Server
Koneksi Internet

Waktu Kegiatan :
Hari : Jumat
TGL : 03 Mei 2019

Pembahasan :


Pada cara menambhakan repository ini ada 2 cara yaitu dengan menambahkan repository secara online dan offline, nah teman-teman disini saya kan memberikan dengan cara kedua-duanya.

#Cara Offline :
1. Pada cara offline ini kita menambahkan repository dengan cara mealalui DVD/CD, untuk menambahkan menggunakan ini gimana ya? caranya sih mudah teman-teman, tinggal kita memasukan DVD pad debian server tersebut. Lalu gimana cara memasukankannya?, untuk memasukannya kita tinggal mengetikkan perintah seperti berikut.

"#apt-cdrom add"

2. Selanjutnya kita masukan dahulu DVD tersebut secara berurutan mulai dari DVD 1 sampai DVD 3, tetapi untuk menambahkan repository dengan cara ini ketika kita memasukan DVD 1 maka setelah selasai kita tinggal eject untuk mengeluarkannya DVd tersebut. Jadi untuk perintah seterusnya (DVD 2 dan 3) lakukan hal seperti DVD 1.

3. Langkah terakhir setelah  menambahkan repository secara offline dengan DVD 1 sampai 3 ini, kemudian kita tinggal melakukan update dan upgrade dengan perintah di bawah ini.

"#apt-get update"
"#apt-get upgrade"

#Cara Online :
Secara default pada debian server yang kita install tersebut itu sebenarnya sudah memiliki repository namun repository bawaan dari repository debian.org, nah teman-teman untuk memudahkan mengambil paket-paket dari repository agar lebih cepat maka kita memerlukan repository yang local yaitu dari Indonesia. Untuk repository di Indonesia sendiri terdapat beberapa repository sebagai berikut.

1. Kambing UI :
"#deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ jessie main contrib non-free"
"#deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ jessie-updates main contrib non-free"
"#deb http://kambing.ui.ac.id/debian-security/ jessie/updates main contrib non-free" 

2. Kebo VLSM :
"#deb http://kebo.vlsm.org/debian/ jessie main contrib non-free"
"#deb http://kebo.vlsm.org/debian/ jessie-updates main contrib non-free"
"#deb http://kebo.vlsm.org/debian-security/ jessie/updates main contrib non-free"

3. Data Utama Surabaya :
"#deb http://kartolo.sby.datautama.net.id/debian/ jessie main contrib non-free"
"#deb http://kartolo.sby.datautama.net.id/debian/ jessie-updates main contrib non-free"
"#deb http://kartolo.sby.datautama.net.id/debian-security/ jessie/updates main contrib non-free"

4. Mirror Unej : 
 
"#deb http://mirror.unej.ac.id/debian/ jessie main contrib non-free"
"#deb http://mirror.unej.ac.id/debian/ jessie-updates main contrib non-free"
"#deb http://mirror.unej.ac.id/debian-security/ jessie/updates main contrib non-free"

Nah, teman-teman bebas memilih repository manakah yang menurutnya cocok untuk kita jadikan repository pada debian server kita. Kemudian lantas gimana untuk memasukan repository online tersebut, untuk memasukannnya itu gampang sekali ya, seperti di bawah ini.

1. Pertama kita pastikan sudah masuk di root pada debian server kita, kemudian kita tinggal memasukan repository online tersebut dengan mengetikkan perintah "#nano /etc/apt/source.list", seperti berikut ini.


2. Selanjutnya setelah kita mengetikkan perintah tersebut, maka akan muncul tampilan untuk memasukan repository online yang kita pilih.

#Catatan :
"Berhubung tadi sudah menggunakan repository secara offline dengan DVD, maka di sini nanti yang menggunakan repository DVD tersebut akan kita tutup dengan tanda # di awal tulisannya." 


3. Kemudian setelah usai kita memberi tanda pagar (#) seperti di atas maka ,kita juga masukkan repository dengan mengetikkan seperti di bawah ini.


Lalu setelah kita mengetikkan repository tersbut maka, kita save tersebut dengan menekan "CTRL + X" lalu tekan "Y" baru kita "Enter". Jangan lupa kita update dan upgrade debian kita tersebut menggunakan perintah, seperti ini.
"#apt-get update"
"#apt-get dist upgrade"

Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan kita menambahakan repository secara offline maupun online kita nanti dapat mudah ketika mau menginstall paket-paket yang kita butuhkan.

Referensi :
Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf
https://www.linuxsec.org/2015/07/repo-lokal-debian-jessie.html

Penutup :
Oke teman-teman, sekian yang dapat saya sampaikan pada materi hari ini, semoga dari apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi saya sendiri maupunteman-teman.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers