Tuesday, March 12, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hallo semua, kembali lagi di blog saya. Pada kesempatan hari ini saya akan menceritaka pengalaman saya hari kedua IT Volunteer di SMPN 3 Mojosngo Boyolali Jawa Tengah.

Latar Belakang :
Pada kegiatan IT Volunteer di SMPN 3 Mojosongo ini semoga sekolahan tersebut menjadi sekolah yang berbasis IT sehingga sekolahan tersebut juga bisa lebih maju dan berkembang mengenai IT nya khusunya untuk dibidang pendidikannya.

Pengertian :
SMPN 3 Mojosngo merupakan salah satu sekolah yang didirikan tentara pelajar yang dimana tentara pelajar tersebut dikenal dengan nama SA/CSA dengan logo burung garuda tegak. SMP N 3 Mojosngo ini  terletak di desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Maksud dan Tujuan :
Memberikan wawasan pengetahuan kepada seluruh warga SMP N 3 Mojosongo mengenai komputer dan dunia IT.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu mengetahui dan bisa mengoperasikan komputer dengan baik dan benar.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
Koneksi Internet

Waktu Kegiatan :
Hari : Selasa
TGL : 12 Maret 2019

Pembahasan :


 
Pada hari kedua tanggal 12 maret 2019,pagi jam 04.30 kita bangun untuk melakukan sholat subuh, sehabis sholat subuh kami pun langsung mandi sehabis mandi lalu persiapan untuk melakukan sarapan pagi, tim kami setelah rapat bersama bapak ibu guru dan kepala sekolah Smpn 3 mojosongo ,selanjutnya setelah rapat bersama bapak ibu guru di ruang guru kita melakukan yel-yel salam ABITA dan yel kebanggaan Smpn 3 Mojosongo habis melakukan yel-yel kami keluar dari ruang guru lalu menghadap ke bendera merah putih untuk menyanyikan lagu indonesia raya secara bersama-sama. Kami pun setelah menyanyikan lagu indonesia raya masuk lagi ke ruangan yang berada di belakang ruang guru untuk melakukan briving sebentar dengan tim kami sehingga pada saat itu di bagi tugas ada yang edukasi kepada bapak ibu guru, ada yang memindahkan router dari lab komputer 3 ke lab komputer 2, lalu juga ada yang masuk ke kelas kosong untuk memberikan pengetahuan tentang IT khususnya di bidang komputer.

Pada saat itu juga saya ke bagian masuk ke kelas kosong yang berada di sebelah kantor guru yaitu kelas VIII E, saya diberikan tugas untuk sharing tentang IT pada siswa-siswi tersebut. Saya pun di saat masuk kelas itu saya sendirian dan awalnya saya agak kebingungan belum pernah ada pengalaman masuk kelas yang belum kita ketahui. Tapi dengan tekad dan semangat yang kuat agar saya mempunyai pengalaman terjun lapangan di dunia kerja saya pun tidak kebingungan, saat itu saya diberi kesempatan 2 jam pelajaran. Pertama saat saya masuk kelas itu pun saya langsung memperkenalkan diri, setelah perkenalan saya langsung memberikan materi mengenai sejarah komputer dari penemu komputer hingga sejarah komputer generasi ke-1 sampai komputer generasi ke-5, pada saat itu pun saya juga mengeplay video sejarah komputer dan siswa siswi kelas VIII E pun sangat memperhatikannya. Sehabis dari VIII E saya dan ita juga diberikan tugas dari guru untuk mengisi kelas VII E yang awalnya masuk ke kelas VII E itu imam dan berhubung imam di panggil aris untuk membenahi jaringan di lab 2 yang trouble lalu saya dan ita pun menggantikan imam, di saat saya dan ita masuk ke kelas VII E yang pertama kami memperkenalkan diri setelah itu kami juga memberikan materi tentang sejarah komputer.

Siangnya setelah jam pulang sekolah sekitar pukul 14.00 wib pun juga ada kelas tambahan untuk siswa-siswi Smpn 3 Mojosongo, kelas tambahan tersebut berada di ruangan kelas IX C dengan materi yang sama yaitu pengenalan komputer. Pada hari itu siswa yang ikut cuma 5 anak.
Dokumentasinya :








Temuan Masalah :
Banyak bapak/ibu guru SMPN 3 Mojosongo yang masih takut untuk mengoperasikan komputernya masing-masing, selain bapak/ibu guru juga siswa-siswinya belum mengenal komputer.

Kesimpulan :
Jadi dengan adanya IT Volunteer ini dapat membantu pihak SMPN 3 Mojosongo tersebut menjadi ekolah berbasis IT, selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman saya di dunia nyata. Ternyata belajar diatas meja lebih mudah dari pada terjun di dunia nyata.

Referensi :
Diri Sendiri.
Penutup :
Nah itu saja teman-teman yang dapat saya sharingkan pada kesempatan hari ini semoga bermanfaat bagi kita semua.
Terima Kasih.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers