Saturday, May 4, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo sobat setia blogger Mahfud Andriyan, selamat datang di blog saya ini, terima kasih sobat masih setia menyimak artikel di blog saya ini. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah cara dan konfigurasi SSH (Secure Shell) pada debian server, pastinya sobat semua ini penasaran bukan?, tidak usah penasaran sobat, mari kita langsung simak saja langkah demi langkahnya berikut ini.

Latar Belakang :
Meremote merupakan salah satu teknologi yang dapat kita gunakan untuk mengakses suatu system melalui sebuah jaringan, agar kita mampu mengkonfigurasi serta mengkontrol pada suatu system dimanapun dan kapanpun kita berada asalkan kita terhubung ke jaringan internet.

Pengertian :
SSH (Secure Shell) merupakan salah satu protokol pada sebuah jaringan komputer yang dapat berfungsi untuk meromete perangkat kita. SSH ini juga mengenkripsi pada sebuah password sehingga efektif dapat menghilangkan pembajakan dan serangan pada system kita tersebut.

Maksud dan Tujuan :
Supaya kita dapat meromet serta mengamankan suatu system server kita menggunakan SSH.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu melakukan konfigurasi SSH pada server kita tersebut.

Alat dan Bahan :
Laptop
Charger
Debian Server yang sudah terinstall


Waktu Kegiatan :
Hari : Sabtu
TGL : 04 Mei 2019

Pembahasan :
Oke temn-teman disini saya akan memberikan langkah-langkah konfigurasi sshopen-server ini secara detail dan beserta gambarnya lengkap, langsung saja ya baca langkah-langkahnya sampai selesai.


1. Pertama untuk melakukan remote server dengan ssh ini kita harus menginstall openssh-server, gimana cara menginstallnya?, cara mudah kita tinggal mengetikkan perintah seperti berikut.

"#apt-get install openssh-server"


2. Kedua setelah selesai melakukan instalasi openssh-server maka selanjutnya kita dapat melihat ataupun merubah konfigurasi sshnya menggunakan perintah, seperti ini.

"#nano /etc/ssh/sshd_config"


Maka setelah kita ketikkan perintah tadi akan muncul tampilan sshd_config, dimana kita dapat melihat port yang standart dari openssh-server tersebut, untuk tampilan ssh_config nya itu seperti berikut.


3. Ketiga setelah kita kita masuk pada tampilan ssh_config maka selanjutnya kita keluar dengan menekan "CTRL + X" lalu "enter", kemudian kita mencoba untuk melakukan meremote server kita dengan laptop kita, tetapi sebelum kita meromote server kita pastikan antara laptop dan server bisa saling ping. Lalu untuk meremote server denga perintah seperti berikut.

"#ssh nama-user/root@ip_server"

Oke teman-teman stelah kita mengetikkan untuk meremote server kita tersebut jika ada pemberitahuan "Warning: Permanetly added 'ip_server' (ECDSA) to the list of know hosts". Maka itu tandanya kita belum bisa masuk untuk meremote server kita, lalu gimana untuk bisa meromote server kita?, nah kita jangan khawatir tidak bisa meremote server. Untuk kita bisa meremotenya tinggal kita masuk ke menu sshd_config, dengan perintah seperti berikut.

"#nano /etc/ssh/sshd_config"


4. Pada langkah keempat ini kita mengubah PremitRootLogin pada tampilan sshd_config menjadi yes, seperti berikut.


Jika tampilan "PremitRootLogin masih without-password", maka tinggal kita ganti yes saja seperti ini agar kita nanti bisa meremote server kita tersebut.


5. Selanjutnya setelah kita melakukan perubahan pada sshd_config, maka kita jangan lupa melakukan restart pada ssh tersebut dengan perintah seperti berikut.

"#/etc/init.d/ssh restart"


6. Langkah terakhir kita mencoba kembali untuk meremote server kita, dengan perintah seperti tadi ("#ssh nama-user/root@ip_server"). Jika kita berhasil maka kita bisa login dan dapat meremote server kita, seperti berikut.


Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan kita menggunakan sebuah protokol dengan fitur yang dapat meromote access pada system kita tersebut, maka sangat bermanfaat karena itu semua lebih efisien serta efektif jika kita ingin melakukan konfigurasi server dari jarak jauh.

Referensi :
Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf

Penutup :
Cukup sekian dan terima kasih ya sobat, semoga pada postingan artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassamu'alaikum Wr.Wb 


0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers