Thursday, May 2, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hai teman-teman, gimana kabarnya kalian?, pastinya baik-baik ya. Nah pada kali ini saya akan sedikit memberikan pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi  eror eet locale pada debian server, untuk teman-teman sendiri pastinya penasaran bukan, langsung saja simak berikut ini.

Latar Belakang :
Pada saat kita setelah melakukan instalasi pada debian server itu pastinya kita menemukan beberapa pesan eror yang harus kita perbaiki, pesan eror itu berisikan eror locales, yang berartikan kita harus zona waktu pada debian tersebut.

Pengertian :


Locale merupakan sebuah paket yang berfungsi untuk mengatur lokasi dan zona waktu yang ada pada suatu operation system yang kita install tersebut.

Maksud dan Tujuan :
Supaya bisa mengatasi masalah eror dan bisa melakukan konfigurasi selanjutnya pada debian server.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu memecahkan masalah eror tersebut dan bisa mengatur lokasi maupun zona waktu sesuai kita berada, seperti gambar di bawah ini.

Alat dan Bahan :
Laptop
Charger
Debian Server

Waktu Kegiatan :
Hari : Kamis
TGL : 02 Mei 2019

Pembahasan :
Pada sebuah  cara untuk mengatasi eror di dalam debian server kita itu solusinya dengan mengatur paket-paket lokales dan zona waktu sesuai kita berada. Beikut ini merupakan contoh gambar ketika kita mengalami eror locales.

1. Langkah pertama untuk mengatasi seperti di atas itu kita harus masuk ke menu "package configuration" untuk masuk kita menggunkan perintah.

"#dpkg-reconfigure locales"
 
 

2. Kedua setelah kita ketikan perintah "#dpkg-reconfigure locales" tersebut, maka akan muncul tampilan seperti berikut.


3. Kemudian setelah muncul tampilan "Configuring locales" maka kita harus cari locales yang "en-US.UTF-8", seperti berikut.
 

4. Selanjutnya setelah kita mencari yang "en-US.UTF-8" di menu tampilan "Configuring locales" tersebut, maka kita juga harus mencari locales yang "id_ID.UTF-8 UTF-8" lalu kita klik tab pilih "Ok kemudian enter", seperti di bawah ini.


5. Langkah terakhir  ini setalah kita tekan enter, maka selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan kita tinggal memilih yang "en_US.UTF-8" lalu "Ok dan Enter"


Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi masalah eror locales yang kita alami tersebut itu merupakan masalah yang kita alami pada saat kita menginstall debian server tersebut, dan masalah itu bisa teratasi setelah kita mengatur lokasi maupun zona waktu sesuai kita berada.

Referensi :
Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-telkom.pdf

Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan teman-teman, semoga atikel pembahasan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Wassamu'alaikum Wr.Wb 


0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers