Wednesday, January 23, 2019


Assamua’alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Alhamadulilah puji syukur kehadirat Allah swt yang mana pada hari ini kita masih diberi kesempatan dalam belajar membahas tentang pengenalan pada TCP/IP.
Latar Belakang :
Dalam perkembangan jaringan komputer pengembangannya telah menciptakan beberapa unsur utama diantaranya yaitu TCP/IP agar mampu membangun sebuah komunikasi jaringan.
Pengertian :
TCP/IP (Transfer Control Protokol/Internet Protokol) adalah standarisasi dalam komunikasi data yang digunakan untuk saling proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lainnya pada sebuah jaringan internet.
Maksud dan Tujuan :
Dapat memahami pengenalan mengenai TCP/IP.
Alat dan Bahan :
Laptop
Buku
Internet
Waktu Kegiatan :
Jam : 08.00 – 16.00
Hari : rabu
Tgl : 23 januari 2019
Pembahasaan :
TCP/IP
TCP/IP (Transfer Control Protokol/Internet Protokol) adalah standarisasi dalam komunikasi data yang digunakan untuk saling proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lainnya pada sebuah jaringan internet.

TCP/IP ini,seperti halnya OSI Layer, yaitu sebuah standart atau yang mengatur komunikasi data pada sebuah komputer. TCP/IP atau Transmission Control Protokol atau Internet. Protokol merupakan model jaringan yang digunakan untuk komunikasi data dalam proses tukar-menukar informasi (paket data) di internet. TCP/IP ini menggunakan modelnya referensi dari  DARPA model. Seorang network engineer sudah seharusnya memahami tentang TCP/IP tersebut,karena lebih simple yang hanya terdiri dari 4 lapis dan lebih sering dibutuhkan.

TCP/IP ini pada awalnya dikembangkan oleh ARPANET dan ARPANET-lah yang membuat internet. Jadi TCP/IP ini lebih mengarah ke internet. TCP/IP ini terdiri dari 4 lapis atau layer yaitu :
1. Layer Application
2. Layer Transport
3. Layer Network
4. Layer Network Interface
Kesimpulan :
jadi dalam belajar jaringan itu kita juga perlu mengetahui dan memahami dari dasarnya terlebih dahulu,seperti TCP/IP tersebut.
Referensi :
Buku BEST PATH TRAINING CENTER Workbook CCNA.
Penutup :
mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan ,untuk materi lebih selanjutnya simak blog ini agar tidak ketinggalan materi baru. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Terima kasih


Wassamu’alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers