Wednesday, February 6, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Alhamdulillah teman-teman pada hari ini masih berjumpa lagi dengan saya, dengan membahas materi mengenai sejarah,pengertian dan fungsi mikrotik.

Latar Belakang :
Pada dasarnya mikrotik menawarkan kepada pendidikan sebuah progam yakni mikrotik academy,sehingga saat ini mikrotik dapat berkembang pesat an banyak hal perlu kita pelajarinya.

Pengertian :
Mikrotik adalah kependekan dari mikrotikls, yang artinya “network kecil” dalam bahasa Latvia.

Maksud dan Tujuan :
-Dapat mengenal dan mengetahui mikrotik.
-Dapat mengetahui jenis-jenis mikrotik.

Hasil yang Diharapkan :
-Mampu mengetahui manfaat dari mikrotik.
-Mampu mngetahui fungsi dari mikrotik.

Alat dan Bahan :
Laptop
Internet
Ebook

Waktu Kegiatan :
Hari : rabu
TGL : 06 februari 2019

Pembahasan :
https://mahfudblctelkom.blogspot.com/

Sejarah Mikrotik
Mikrotik adalah sebuah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia,bersebelahan dengan Rusia. Pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan arnis Riekstins. John dan Arnis mulai me-routing dunia pada tahun 1996 mikrotik mempunyai misi untuk me-routing seluruh dunia. Mulai dengan sistem linux dan MS-DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless-LAN (WLAN) Aeronet berkecepatan 2 Mbps di Moldova, negara tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia.
Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP(W-ISP), tetapi membuat progam router yang handal dan dapat dijalankan diseluruh dunia. Mereka pada saat itu menggunakan linux yang pertama pada kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5-15 orang staff Research dan Development (R&D) sehingga mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Menurut Armis, selain staff di lingkungan mikrotik, mereka juga merekrut tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan mikrotik secara marathon.

Jenis-jenis Mikrotik :
1. Mikrotik RoutersOS
Mikrotik RoutersOS merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. Pada mikrotik routerOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal,mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Ini adalah versi mikrotik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat dipasang pada komputer melalui CD.

2. RouterBoard
RouterBoard adalah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang dikembangkan oleh mikrotik yang didalamnya terinstall sistem operasi mikrotik RoutersOS. RouterBoard seperti halnya komputer tetapi RouterBoard memiliki ukuran yang sangat kecil dan praktis. Pada RouterBoard didalamnya terdapat processor,RAM,ROM dan memory flash.

Fitur-fitur Mikrotik
1. Firewall dan NAT
2. Routing-Static routing
3. Date Rate Management
4. Hostpot
5. Point-to-point tunneling protocols
6. Simple tunnels
7. Ipsec
8. Web proxy
9. Caching DNS client
10.DHCP
11.Universal Client
12.VRRP
13.Upnp
14.NTP
15.Monitoring/Accounting
16.SNMP
17.M3P

Fungsi dari Mikrotik :
1. Pengaturan koneksi internet dapat dilakukan secara terpusat dan memudahkan pengelolaannya.
2. Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandlkan pc mikrotik router os dengan hardware requirements yang sangat rendah.
3. Blocking situs-situs terlarang dengan menggunakan proxy.
4. Digunakn sebagai pembuatan PPPoE Server.
5. Digunakan sebagai billing hostpot.
6. Digunakan untuk memisahkan bandwith traffic internasional dan local maupun lainnya.

Manfaat mikrotik :
1. Sebagai internet gateway bagi LAN (Local Area Network)
contohnya pada router mikrotik menghubungkan beberapa jaringan local untuk dihubungkan ke internet. Router mikrotik sebagai pengatur lalu lintas data yang masuk maupun keluar.

2. Sebagai Access Point
Router mikrotik dengan interfaces wireless dapat berfungsi sebagai access point pada jaringan wifi. Seperti halnya disekolah,kampus ataupun jaringan [ublik yang menggunakan router mikrotik sebagai access point untuk wifi tersebut.

3. Sebagai routing
Routing merupakan fitur utama dalam router mikrotik ,routing ini menghubungkan beberapa jaringan dan menentukan jalur terbaik menuju komputer atau alamat tujuan. Contohnya yaitu ada tiga gedung A,B dan C router mikrotik tersebut mengatur ketiga dari gedung tersebut.

Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan kita mempelajari mikrotik tersebut, kita akan lebih tahu fungsi dan kegunaan pada mirotik tersebut.

Referensi :
Modul Mikrotik.pdf

Penutup :
Sekian dari saya teman-teman,kurang lebihnya minta maff. Semoga materi kali ini bermanfaat bagi teman-teman.
Terima kasih.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers