Sunday, March 17, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hai kawan-kawan kembali lagi di blog saya, Pada kesempatan hari ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengenai  hari ke tujuh  IT Volunteer di SMP N 3 Mojosongo Kabupaten Boyolali.


Latar Belakang :
Pada kegiatan IT Volunteer di SMPN 3 Mojosongo ini semoga sekolahan tersebut menjadi sekolah yang berbasis IT sehingga sekolahan tersebut juga bisa lebih maju dan berkembang mengenai IT nya khusunya untuk dibidang pendidikannya.

Pengertian :
SMPN 3 Mojosngo merupakan salah satu sekolah yang didirikan tentara pelajar yang dimana tentara pelajar tersebut dikenal dengan nama SA/CSA dengan logo burung garuda tegak. SMP N 3 Mojosngo ini  terletak di desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Maksud dan Tujuan :
Memberikan wawasan pengetahuan kepada seluruh warga SMP N 3 Mojosongo mengenai komputer dan dunia IT.

Hasil yang Diharapkan :
Dapat mengoperasikan komputer secara mahir.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
LCD Proyektor
Koneksi Intenet

Waktu Kegiatan :
Hari : Minggu
TGL : 17 Maret 2019


Pembahasan :


Pada hari minggu tanggal 17 maret 2019, saya mempunyai kegiatan edukasi kelas tambahan kepada siswa-siswi Smpn 3 Mojosongo,selain kepada siswa-siswi waktu hari libur tersebut juga ada salah satu guru yang ingin belajar power point,excel, dan inkscape yaitu Bapak Suyanto. Pada waktu itu kelas tambahan dimulai dari jam 07.00 wib pagi sampai dengan jam 12.00 wib, saat itu juga anak yang ikut tambahan pada hari minggu berjumlahkan 39 anak. Kemudian materi yang saya sampaikan kepada siswa-siswi smpn 3 Mojosongo diantaranya yaitu desain dengan aplikasi inkscape, setelah aplikasi inkscape selesai dilanjutkan pembuatan email.

Materi desain inkscape yang saya berikan kepada siswa siswi tersebut yaitu cara membuat stiker, meniru gambar yang sudah ada dengan cara ngeblat dan membuat dasar desain batik. Sehabis desain usai langsung masuk materi yang kedua dengan cara membuat email, pertama saya dibantu teman saya aris itu memberikan pengetahuan hingga contoh membuat email dan yang lain memback up dari belakang. Sehingga juga ada anak yang praktek membuat email di depan, waktu tidak terasa sudah memasuki jam siang sehingga waktu molor sampai sekitar pukul 12.10 wib dan anak-anak pun sudah pada pulang sehingga saya bersama teman-teman pergi ke masjid untuk sholat dzuhur berjamaah lalu sehabis sholat berjamaah saya pergi ke kamar untuk istirahat. Pada malam harinya saya bersama teman-teman dipanggil Pak Dawami (kepala sekolah smpn 3 mojosongo) untuk briving bersama di ruangannya sampai pukul 21.00, waktu pembahasan briving malam itu kami membicarakan banyak di antara membuat jurnal kegiatan,apa keluhan yang dirasakan,apa yang ditargetkan besok, nyaman apa tidak di smpn 3 mojosongo dan ada yang sakit apa tidak. Saat itu juga saya dan teman-teman keadaannya baik-baik saja, Setelah briving itu usai maka saya bersama teman-teman dipersilahkan untuk istirahat.

Dokumentasinya :






Temuan Masalah :
Banyak bapak/ibu guru SMPN 3 Mojosongo yang masih takut untuk mengoperasikan komputernya masing-masing, selain bapak/ibu guru juga siswa-siswinya belum mengenal komputer.

Kesimpulan :
Jadi dengan adanya IT Volunteer ini dapat membantu pihak SMPN 3 Mojosongo tersebut menjadi ekolah berbasis IT, selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman saya di dunia nyata. Ternyata belajar diatas meja lebih mudah dari pada terjun di dunia nyata.

Referensi :
Diri sendiri.

Penutup :
Oke kawan-kawan sekian dari saya semoga pembahasan pada kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Terima Kasih.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers