Monday, March 18, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb
Pendahuluan :
Halo semua, Pada kesempatan hari ini saya akan membagikan pengalaman saya mengenai hari kedelapan  IT Volunteer di SMP N 3 Mojosongo.


Latar Belakang :
Pada kegiatan IT Volunteer di SMPN 3 Mojosongo ini semoga sekolahan tersebut menjadi sekolah yang berbasis IT sehingga sekolahan tersebut juga bisa lebih maju dan berkembang mengenai IT nya khusunya untuk dibidang pendidikannya.

Pengertian :
SMPN 3 Mojosngo merupakan salah satu sekolah yang didirikan tentara pelajar yang dimana tentara pelajar tersebut dikenal dengan nama SA/CSA dengan logo burung garuda tegak. SMP N 3 Mojosngo ini  terletak di desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Maksud dan Tujuan :
Memberikan wawasan pengetahuan kepada seluruh warga SMP N 3 Mojosongo mengenai komputer dan dunia IT.

Hasil yang Diharapkan :
Dapat mengoperasikan komputer sesuai yang diharapkan sehingga menjadi mahir.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
LCD Proyektor
Koneksi Internet


Waktu Kegiatan :
Hari : Senin
TGL : 18 Maret 2019


Pembahasan :


Pada hari senin tanggal 18 maret 2019, saya pagi melakukan aktivitas edukasi kepada bapak ibu guru dan siswa-siswi. Berhubungan dengan ada nya kegiatan uji coba kelas IX di lab maka ada bapak ibu guru yang memberikan amanat kepada saya untuk masuk kelas ke VII F dimana saya masuk kelas VII bersama sukma,saat saya masuk kelas saya memberikan materi tentang excel yaitu rumus rata-rata,jumlah,nilai maksimum,nilai minimum dan peringkat. Selain edukasi kepada siswa saya juga edukasi kepada salah satu guru bagaimana cara ngeprint file excel dan langsung mempraktekkannya. Sehabis itu saya juga masih mempunyai tanggung jawab bersama sukma untuk membimbing siswa yang ikut desain grafis, siswa yang saya bimbing bersama sukma itu namanya Merdeka kelas VIII A. Siswa tersebut praktik memakai laptop saya , saya bersama sukma memakai laptopnya sukma mengarahkan siswa itu dan memberikan contoh desain grafisnya sehingga siswa tersebut bisa praktik secara berulang-ulang. Sehabis usai membimbing siswa yang desain maka saya lanjut dengan sharing di depan ruang guru bersama wahid mengenai materi power point lanjutan. 

Sebelum saya melanjutkan materi yang lain maka,saya bersama wahid pun mereview ulang apakah masih ingat mengenai materi yang sebelumnya yang sudah disampaikan seperti cara membuka,cara membuat slide bahkan animasi maupun transisi pada power point dan ternyata alhamdulilah masih ingat tentang materi tersebut. Jadi saya dan wahid langsung menjelaskan cara hyperlink antar slide, membuat shapes dimana pada action button. Selanjutnya setelah dijelaskan bapak ibu guru yang berada di ruang guru tersebut langsung mempraktekkannya sehingga beliau sampai benar-benar bisa dalam edukasi kali ini teman-teman yang lain membackup dari belakang untuk mengarahkan bapak ibu guru yang merasa kebingungan.

Pada waktu siangnya seperti biasa ada kelas tambahan yang berada di ruang kelas IX A dan yang ikut tambahan berjumlahkan 43 siswa, dalam tambahan ini materi yang saya sampaikan bersama teman-teman yaitu desain banner pakai inkscape. Pada saat itu siswa sangat antusias semangat untuk desain banner yang saya contohkan yaitu “banner dilarang membuang sampah”.
Dokumentasinya : 









Temuan Masalah :
Banyak bapak/ibu guru SMPN 3 Mojosongo yang masih takut untuk mengoperasikan komputernya masing-masing, selain bapak/ibu guru juga siswa-siswinya belum mengenal komputer.

Kesimpulan :
Jadi dengan adanya IT Volunteer ini dapat membantu pihak SMPN 3 Mojosongo tersebut menjadi ekolah berbasis IT, selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman saya di dunia nyata. Ternyata belajar diatas meja lebih mudah dari pada terjun di dunia nyata.

Referensi :
Diri Sendiri.

Penutup :
Baiklah teman-teman itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini, semoga pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.
Terima Kasih.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers