Wednesday, March 13, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Pada kesempatan hari ini saya mau memberikan sharing pengetahuan mengenai hari ketiga saya mengikuti IT Volunteer di SMPN m3 Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Latar Belakang :
Pada kegiatan IT Volunteer di SMPN 3 Mojosongo ini semoga sekolahan tersebut menjadi sekolah yang berbasis IT sehingga sekolahan tersebut juga bisa lebih maju dan berkembang mengenai IT nya khusunya untuk dibidang pendidikannya.

Pengertian :
SMPN 3 Mojosngo merupakan salah satu sekolah yang didirikan tentara pelajar yang dimana tentara pelajar tersebut dikenal dengan nama SA/CSA dengan logo burung garuda tegak. SMP N 3 Mojosngo ini  terletak di desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Maksud dan Tujuan :
Memberikan wawasan pengetahuan kepada seluruh warga SMP N 3 Mojosongo mengenai komputer dan dunia IT.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu mengetahui dan bisa mengoperasikan komputer dengan baik sesuai yang dinginkan.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
Koneksi Internet
LCD Proyektor


Waktu Kegiatan :
Hari : Rabu
TGL : 13 Maret 2019

Pembahasan :



Pada hari ketiga tanggal 13 maret 2019 seperti biasa jam 06.30 kami pun rapat bersama di ruang guru,setelah rapat membiasakan yel-yel dan salam ABITA lalu di lanjut dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan setelah menyanyikan lagu indonesia raya kami juga briving untuk apa yang harus dikerjakan dan apa yang harus dilakukan sehingga kami pun satu persatu dapat tugas tersendiri ada yang mengajar di kelas, ada yang memperbaiki jaringan wifi di ruang staff yang trouble atau down, ada memberikan edukasi kepada bapak ibu guru di kantor. Paginya saya di ruang guru di panggil salah satu guru untuk memberikan arahan tentang download file di google dan sehabis memberikan arahan ternyata ada kelas yang kosong saya pun diberi tugas untuk memberikan pengetahuan tentang IT di kelas tersebut.

Pada saat itu kelas yang kosong yaitu kelas VII A, Saat masuk awalnya murid-muridnya ramai dan setelah saya masuk ke kelas tersebut saya langsung memperkenalkan diri dan sharing pengetahuan tentang materi sejarah komputer saat saya memberikan pengetahuan tentang komputer ternyata siswa-siswinya sangat antusias mendengarkan bahkan juga ada yang mencatat materi ini,saya juga tidak lupa mengeplay video sejarah komputer. Sehabis menonton video sejarah komputer saya juga menerangkan materi tentang excel dan mempraktikkan cara membuat tabel ataupun absensi kelas pada posisi itu saya sendirian dan tiba-tiba wahid tim saya pun datang untuk membantu saya. Pada kesempatan itu yang laki-laki praktek dengan saya dan yang perempuan praktek dengan teman saya wahid. Setelah semua sudah praktek excel saya dan wahid juga memberikan materi cara pembuatan powerpoint. Dalam materi power point ini saya menjelaskan cara membuka power point, membuat slide baru, memberikan desain pada slide power point. Sehabis saya jelaskan lalu para siswa langsung maju mempraktikkannya sampai selesai.

Pada hari ketiga ini selain masuk ke kelas siangnya saya dan rekan saya Imam juga mengecek jaringan yang ada di ruang staff dan cara mengatasi windows yang lemot karena banyak aplikasi. Sehabis itu saya dan imam juga langsung menuju ke ruang IX C untuk ikut memberikan materi kepada siswa siswi smpn 3 mojosongo yang ikut tambahan tersebut,pada hari itu materinya yaitu tentang power point. Waktu itu yang ikut tambahan yaitu 7, tambahan itu dimulai dari jam 14.00 wib sampai jam 16.00 wib.
Dokumentasinya :




Temuan Masalah :
Banyak bapak/ibu guru SMPN 3 Mojosongo yang masih takut untuk mengoperasikan komputernya masing-masing, selain bapak/ibu guru juga siswa-siswinya belum mengenal komputer.

Kesimpulan :
Jadi dengan adanya IT Volunteer ini dapat membantu pihak SMPN 3 Mojosongo tersebut menjadi ekolah berbasis IT, selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman saya di dunia nyata. Ternyata belajar diatas meja lebih mudah dari pada terjun di dunia nyata.


Referensi :
Diri Sendiri.

Penutup :
Okey teman-teman, sekian dari saya semoga dengan adanya sharing ini semoga dapat bermnafaat bagi kita semua.
Terima Kasih.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers