Thursday, March 14, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Selamat malam teman-teman, Pada kesemptan malam hari ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengenai IT Volunteer di SMP N 3 Mojosongo Boyolali.

Latar Belakang :
Pada kegiatan IT Volunteer di SMPN 3 Mojosongo ini semoga sekolahan tersebut menjadi sekolah yang berbasis IT sehingga sekolahan tersebut juga bisa lebih maju dan berkembang mengenai IT nya khusunya untuk dibidang pendidikannya.

Pengertian :
SMPN 3 Mojosngo merupakan salah satu sekolah yang didirikan tentara pelajar yang dimana tentara pelajar tersebut dikenal dengan nama SA/CSA dengan logo burung garuda tegak. SMP N 3 Mojosngo ini  terletak di desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Maksud dan Tujuan :
Memberikan wawasan pengetahuan kepada seluruh warga SMP N 3 Mojosongo mengenai komputer dan dunia IT.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu mengetahui dan bisa mengoperasikan komputer baik dan benar sesuai prosedur yang ada.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC.
LCD Proyektor.
Koneksi Internet.


Waktu Kegiatan :
Hari : Kamis
TGL : 14 Maret 2019


Pembahasan :


pada hari ke empat tanggal 14 maret 2019, kami laki-laki r bangun jam 04.00 wib. Sehabis bangun kami ada yang sholat ada yang mandi baru sholat subuh, setelah itu kami langsung persiapan untuk makan pagi dan siap-siap pergi ke ruang guru untuk rutinitas rapat setiap pagi dan juga tidak lupa untuk yel bersama dan menyanyikan indonesia raya. Sehabis itu kami juga tidak lupa rutinitas kami untuk briving sebentar yang dilaksanakan di ruang sebelah ruang guru. Pada pagi hari itu saya diminta salah satu ibu guru untuk mengarahkan mengeprint dan mengatur ukuran kertas saat mengeprint. Sehabis itu lanjut saya dan sukma dapat amanat dari bu windarti pembimbing FLS (Festival Literasi Sekolah) untuk membimbing siswa mendesain poster tentang wisata yang ada di boyolali. Sebelum saya memberikan pengenalan dasar-dasar desain saya membaca buku panduan lomba FLS (Festival Literasi Sekolah) yang diberikan bu Windarti yang berisi persyaratan dalam mengikuti lomba desain tersebut. Di dalam persyaratan tersebut siswa bisa mendesain poster wisata menggunakan corel draw maupun photoshop. Setelah semua saya baca maka siswa yang ditunjuk oleh guru tersebut saya arahkan untuk membaca persyaratan dalam lomba tersebut, sehabis membaca persyaratan tersebut saya dan sukma memberikan pengenalan tools yang ada pada coreldraw dan langsung mempraktekkannya cara membuat dan memberikan efek desain yang sederhana mulai dari mendesain logo dan memberikan efek pada tulisan. Selain memberikan bimbingan desain kepada siswa, saya dan ita juga di beri kesempatan bu Utami untuk masuk ke kelas IX D untuk sharing tentang IT dan setelah itu saya dan ita pun memberikan tugas bahasa inggris untuk mengerjakan buku detik-detik, tugas tersebut merupakan amanat dari bu utami.

Pada siang setelah sekolah saya dan teman-teman tim IT volunteers memberikan materi kepada siswa siswi yang ikut kelas tambahan dengan materi power point berkelanjutan, pada saat itu anak yang ikut tambahan yaitu 8 anak. Masih tetap seperti biasa pada tambahan ini mulai pukul pada jam 14.00 wib sampai jam 16.00. Sehabis kelas tambahan kami pun kemas-kemas alat-alatnya dan lalu sholat ashar berjamaah di masjid yang berada di sekolah tersebut. Kami sehabis sholat berjama’ah langsung istirahat ke kamar masing-masing dan bersih diri (mandi). Lalu setelah masuk waktu sholat maghrib kami pun bergegas ke masjid untuk sholat maghrib berjemaah, setelah dari masjid kami kembali ke kamar masing-masing dan menunggu sambil isyak, sehingga setelah masuk waktu isyak kami juga bergegas ke masjid untuk solat berjama’ah di masjid. Setelah kami melaksanakan sholat isya di masjid maka kita makan malam yang telah disediakan oleh keluarganya mas juli, lalu sehabis makan yang kami bersama-sama membereskan tapi yang perempuan nyuci piringnya dan setelah mencuci piring maka kami melakukan briving malam.


Dokumentasinya : 






Temuan Masalah :
Banyak bapak/ibu guru SMPN 3 Mojosongo yang masih takut untuk mengoperasikan komputernya masing-masing, selain bapak/ibu guru juga siswa-siswinya belum mengenal komputer.

Kesimpulan :
Jadi dengan adanya IT Volunteer ini dapat membantu pihak SMPN 3 Mojosongo tersebut menjadi ekolah berbasis IT, selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman saya di dunia nyata. Ternyata belajar diatas meja lebih mudah dari pada terjun di dunia nyata. 

Referensi :
Diri Sendiri.

Penutup :
Baik teman-teman itu saja dari saya, semoga apa yang saya sampaikan hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Terima Kasih.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers