Tuesday, March 19, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Pada kesempatan hari ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengenai hari ke sembilan IT Volunteer di SMP N 3 Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. 
Latar Belakang :
Pada kegiatan IT Volunteer di SMPN 3 Mojosongo ini semoga sekolahan tersebut menjadi sekolah yang berbasis IT sehingga sekolahan tersebut juga bisa lebih maju dan berkembang mengenai IT nya khusunya untuk dibidang pendidikannya.

Pengertian :
SMPN 3 Mojosngo merupakan salah satu sekolah yang didirikan tentara pelajar yang dimana tentara pelajar tersebut dikenal dengan nama SA/CSA dengan logo burung garuda tegak. SMP N 3 Mojosngo ini  terletak di desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Maksud dan Tujuan :
Memberikan wawasan pengetahuan kepada seluruh warga SMP N 3 Mojosongo mengenai komputer dan dunia IT.

Hasil yang Diharapkan :
Bisa mengetahui fungsi maupun manfaat komputer selain itu juga dapat mengoperasikan komputer dengan baik dan benar.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
LCD Proyektor
Koneksi Internet


Waktu Kegiatan :
Hari : Senin
TGL : 19 Maret 2019


Pembahasan :


Pada hari selasa tanggal 19 maret 2019,saat pagi hari itu saya mengawali pagi saya untuk sarapan pagi bersama teman-teman di rumah mas Marjuli. Kemudian setelah saya bersama teman-teman di bagi tugas yang perempuan nyuci piring dan yang laki-laki membereskan makanan untuk dibawa ke rumah mas Marjuli tersebut, selanjutnya sehabis itu saya bersama-teman pergi ke ruang guru untuk memberikan edukasi kepada bapak ibu guru yang kosong. Kebetulan pada saat itu juga ada guru yang kosong minta di ajarin wordpress, pertama saya agak kaget mengenai wordpress kemudian saya browsing sebentar mengenai wordpress dan akhirnya saya bisa membantu guru tersebut, dikala waktu itu guru yang memerlukan bantuan untuk wordpress tersebut yaitu Bapak Sutrisno. 

Saya saat membantu Bapak Sutrisno itu tidak sendirian tapi juga ada partner saya yaitu Aris, materi yang diminta Bapak Sutrisno seperti bagaimana cara membuat menu dan membuat sub-sub menu dan merapikan postingan agar tidak tercampur postingan yang berbeda seperti halnya postingan masakan terkelompok menjadi postingan masakan dan juga postingan kajian islam menjadi terkelompok ke postingan kajian islam. Setelah ini beres saya kembali ke ruang dekat kantor yang biasanya untuk makan, baru saja duduk saya dan nisa diminta untuk masuk ke kelas VIII B dalam kelas tersebut materi yang saya berikan masih berhubungan dengan dasar excel membuat daftar nilai siswa dengan rumus rata-rata,penjumlahan,peringkat,nilai minimum dan nilai maximum.

Pada waktu siang harinya setelah pulang sekolah,saya bersama teman-teman juga memberikan edukasi kelas tambahan bagi siswa-siswi yang berminat untuk belajar. Di kesempatan ini siswa yang ikut tambahan berjumlah kurang lebih sekitar 47 anak. Jadi semakin tambah anak yang mengikuti kelas tambahan ini mulai dari kelas 7 maupun kelas 8, saat itu materi yang saya sampaikan bersama teman-teman yaitu power point dan excel. Power point bagaimana cara membuat presentasi yang menarik dan keren sedangkan materi excel membuat daftar nilai siswa dengan rumus rata-rata,penjumlahan,peringkat,nilai minimum dan nilai maximum. Waktu itu semua siswa wajib praktik sampai benar-benar bisa hingga waktunya pulang.

Dokumentasinya :







Temuan Masalah :
Banyak bapak/ibu guru SMPN 3 Mojosongo yang masih takut untuk mengoperasikan komputernya masing-masing, selain bapak/ibu guru juga siswa-siswinya belum mengenal komputer.

Kesimpulan :
Jadi dengan adanya IT Volunteer ini dapat membantu pihak SMPN 3 Mojosongo tersebut menjadi ekolah berbasis IT, selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman saya di dunia nyata. Ternyata belajar diatas meja lebih mudah dari pada terjun di dunia nyata.

Referensi :
Diri Sendiri

Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan teman-teman, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers