Wednesday, March 20, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb
Pendahuluan :
Pada kesempatan kali saya akan menceritakan pengalaman saya hari ke sepuluh   IT Volunteer di SMP N 3 Mojosongo, langsung saja simak ceritanya teman-teman.


Latar Belakang :
Pada kegiatan IT Volunteer di SMPN 3 Mojosongo ini semoga sekolahan tersebut menjadi sekolah yang berbasis IT sehingga sekolahan tersebut juga bisa lebih maju dan berkembang mengenai IT nya khusunya untuk dibidang pendidikannya.

Pengertian :
SMPN 3 Mojosngo merupakan salah satu sekolah yang didirikan tentara pelajar yang dimana tentara pelajar tersebut dikenal dengan nama SA/CSA dengan logo burung garuda tegak. SMP N 3 Mojosngo ini  terletak di desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Maksud dan Tujuan :
Memberikan wawasan pengetahuan kepada seluruh warga SMP N 3 Mojosongo mengenai komputer dan dunia IT.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu mengetahui dan bisa mengoperasikan komputer secara baik dan benar.

Alat dan Bahan :
HP
Laptop

Waktu Kegiatan :
Hari : Rabu
TGL : 20 Maret 2019


Pembahasan :



Pada hari rabu tanggal 20 maret 2019, waktu itu bersamaan dengan ujian kabupaten untuk siswa kelas IX yang ada di Smpn 3 Mojosongo sehingga untuk siswa kelas VII dan VIII terpaksa belajar di rumah,walaupun belajar di rumah untuk siswa-siswi kelas VII dan VIII tersebut sangat antusias semangat belajar tentang komputer dan datang ke sekolah sehingga ikut kelas tambahan yang bertempatkan di lab komputer 2 dan 3. Pada saat itu juga siswa-siswi yang ikut tambahan berjumlah 75 anak. 

Saya dan teman dibagi tugas ada yang berada di ruang lab 2 dan lab 3,walaupun dipisahkan ruangan materi yang diberikan tetap sama yaitu desain logo nike dan mengulangi sedikit materi excel. Dalam tambahan kelas tersebut sudah berjalan 2 jam pun tiba-tiba listrik pun pemadaman,tapi saya dan teman-teman tidak bingung sebelumnya memang sudah ada pemberitahuan mengenai pemadaman tersebut sehingga untuk melanjutkan materinya saya dan teman-teman menggunakan laptop. Pada waktu itu juga sehabis memberikan edukasi kepada siswa-siswi sekitar jam 10.00 wib saya bersama teman-teman yang laki-laki juga langsung memberikan edukasi kepada bapak ibu guru, untuk yang perempuan tetap memberikan materi desain logo sampai jam 12.00 wib.

Pada saat pemberian edukasi kepada bapak ibu guru yang berada di ruang guru, saya dan teman-teman yang laki-laki memberikan power point lewat HP nya masing-masing dengan menggunakan aplikasi WPS. Kenapa saya dan teman-teman yang laki-laki memberikan materi lewat HP ?, ya dikarenakan posisinya pemadaman selain pemadaman juga perintah Pak Dawami (kepala sekolah smpn 3 mojosongo) untuk memberikan materi membuat power point lewat HP dan bagaimana cara membuat,membuka,mengisi tulisan bahkan memberi transisi dan menyimpannya lewat HP tersebut.


Dokumentasinya : 







Temuan Masalah :
Banyak bapak/ibu guru SMPN 3 Mojosongo yang masih takut untuk mengoperasikan komputernya masing-masing, selain bapak/ibu guru juga siswa-siswinya belum mengenal komputer.

Kesimpulan :
Jadi dengan adanya IT Volunteer ini dapat membantu pihak SMPN 3 Mojosongo tersebut menjadi ekolah berbasis IT, selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman saya di dunia nyata. Ternyata belajar diatas meja lebih mudah dari pada terjun di dunia nyata.

Referensi :
Diri Sendiri.

Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan teman-teman, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers