Thursday, March 21, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb
Pendahuluan :
Hai semunya, kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai pengalaman saya  hari ke sebelas   IT Volunteer di SMP N 3 Mojosongo Kabupaten Boyolali.

Latar Belakang :
Pada kegiatan IT Volunteer di SMPN 3 Mojosongo ini semoga sekolahan tersebut menjadi sekolah yang berbasis IT sehingga sekolahan tersebut juga bisa lebih maju dan berkembang mengenai IT nya khusunya untuk dibidang pendidikannya.

Pengertian :
SMPN 3 Mojosngo merupakan salah satu sekolah yang didirikan tentara pelajar yang dimana tentara pelajar tersebut dikenal dengan nama SA/CSA dengan logo burung garuda tegak. SMP N 3 Mojosngo ini  terletak di desa Kragilan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Maksud dan Tujuan :
Memberikan wawasan pengetahuan kepada seluruh warga SMP N 3 Mojosongo mengenai komputer dan dunia IT.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu mengetahui dan bisa mengoperasikan komputer.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
LCD Proyektor
Arus Listrik

Waktu Kegiatan :
Hari : Kamis
TGL : 21 Maret 2019

Pembahasan :



Pada hari kamis tanggal 21 maret 2019, pagi itu saya dan teman-teman mempunyai kegiatan memberikan edukasi kepada siswa-siswi kelas VII dan VIII yang beruang di lab komputer 2 dan lab komputer 3. Pada saat itu saya dan teman-teman memberikan materi mengenai pembuatan email untuk pembelajaran. Di saat pembuatan email itu berjalan tiba-tiba ada salah guru tata usaha yang mau memakai ruangan lab tersebut untuk mengurusi gaji bapak ibu guru yang ada di smpn 3 mojosongo. Jadi untuk kepentingan bapak ibu guru saya dan teman-teman bersama adik-adek smpn 3 mojosongo yang awalnya di lab komputer 3 lalu berpindah ke lab komputer 2.

Selain memberikan materi mengenai pembuatan email, saya dan teman-teman juga mengajarkan materi desain grafis seperti logo instagram dan pembuatan poster sesuai kreatifitas siswa tersebut. Saat itu yang mengikuti kelas tambahan berjumlah 65 anak, seiring waktu sudah pukul 10.00 wib saya bersama teman yang laki-laki dipanggil Pak Dawami untuk memberikan edukasi kepada bapak ibu guru di ruang guru mengenai materi power point tentang hyperlink antar slide, hyperlink antar dokumen seperti excel dan excel, bahkan hyperlink ke google.

Di saat pemberian materi ini saya yang menampilkan slide power point di depan dan dibelakang dibantu oleh teman saya Aris, Imam dan Wahid. Dalam memberikan materi hyperlink ini banyak bapak ibu guru yang masih kebingungan,setelah diarahkan untuk melihat ke depan satu persatu maka bapak ibu guru mulai paham mengenai materi hyperlink ini dan bisa mempraktekkannya. Sehabis pemberian materi power point tersebut, sebelum bapak ibu guru pulang ada yang tanya saya cara menginstall driver printer epson 2700 dan akhirnya saya mengarahkan ibu guru tersebut untuk menginstall driver printer tersebut setelah di install masuk ke control panel windows untuk melihat apakah driver tersebut sudah terinstall akhirnya pun driver printer sudah terinstall. 
 
Dokumentasinya :







Temuan Masalah :
Banyak bapak/ibu guru SMPN 3 Mojosongo yang masih takut untuk mengoperasikan komputernya masing-masing, selain bapak/ibu guru juga siswa-siswinya belum mengenal komputer.

Kesimpulan :
Jadi dengan adanya IT Volunteer ini dapat membantu pihak SMPN 3 Mojosongo tersebut menjadi ekolah berbasis IT, selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman saya di dunia nyata. Ternyata belajar diatas meja lebih mudah dari pada terjun di dunia nyata.

Referensi :
Diri Sendiri

Penutup :
Oke teman-teman cukup sekian dan terima kasih dari saya, semoga postingan ini dapat bemanfaat bagi kita semua.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers