Friday, March 8, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi mengenai pegertian dan cara instalasi website CMS sekolahku di localhost, untuk teman-teman yang belum tahu caranya langsung saja ya lihat caranya di bawah ini.

Latar Belakang :
Pada Instalasi CMS Sekolahku ini berlatar belakangkan mengenai di jaman sekarang merupakan zaman berkembangnya di dunia IT, lantas dengan CMS Sekolahku ini website sekolah kita dapat kita buat secara mudah dan kita juga bisa mengedit atau mengatur websitenya secara mudah.

Pengertian :
CMS (Content Management System) merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu web. Situs Web sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu Website, website merupakan suatu halaman web yang saling berhubungan yang umummya berada pada peladenan yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan,kelompok, atau organisasi.

Maksud dan Tujuan :
Agar dapat mengetahui apa itu CMS Sekolahku

Hasil yang Diharapkan :
Mampu mengetahui dan mempraktekkannya cara instalasi CMS sekolahku

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
Charger
File CMS Sekolahku (DISINI)


Waktu Kegiatan :
Hari : Jumat
TGL : 08 Maret 2019


Pembahasan :
1. Pertama sebelum kita menginstall CMS Sekolahku kita pastikan sudah menginstall lampp jika belum menginstallnya bisa lihat DISINI dan setelah menginstall lampp kita juga harus mempunyai file CMS Sekolahku jika teman-teman-teman juga belum punya bisa download DISINI.

2. Kedua kita masuk ke direktori atau tempat menyimpan file cms sekolah tersebut, seperti berikut.

3. Ketiga setelah kita masuk pada direktori tersebut kita copy kan file cms sekolah itu ke direktori "/var/www/html".



   Kemudian setelah kita copy kan file cms sekolah itu kita masuk pada direktori  "/var/www/html" untuk memastikan file yang kita copykan tersebut sudah ada.
 
4.  Keempat kita unzip file cms tersebut dengan perintah "unzip (nama_file)", seperti berikut.

    Dan tak lupa setelah kita unzip file cms tersebut kita lihat hasilnya.

5. Selanjutnya setelah kita unzip selesai kita ubah nama file tersebut supaya mudah kita ingat, seperti berikut.
 
6. Kemudian setelah kita mengubah nama file tersebut, lalu kita masuk ke direktori "sekolah/application/config" dan kita mengubah file "database.php"
 
  Nah untuk mengubahnya kita lakukan perintah "nano database.php", kemudian file php tersebut ubah sesuai dengan user dan password phpmyadmin yang kita punya. Nah setelah itu ubah database sesuai nama file yang kita punya tadi, lalu kalau sudah kita simpan dengan perintah "CTRL + X lalu tekan Y baru Enter" untuk jelasnya seperti gambar di bawah ini.

7. Langkah ketujuh setelah kita mengubah database.php lalu kembali ke direktori "/var/www/html" lalu beri hak akses pada direktori cms sekolah kita, seperti berikut.
Setelah memberi hak akses jangan lupa kita lakukan restart pada apache2 localhost kita, seperti berikut.
 

8. Langkah kedelapan kita masuk ke phpmyadmin kita, untuk membuat database cms sekolah tersebut. Nah pada pembuatan database di phpmyadmin ini kita harus sama namanya dengan database.php yang telah kita buat tadi, berikut gambarnya.
9. Kemudian Langkah kesembilan ini kita setelah membuat database lalu kita mengimport file database cms sekolah.sql, seperti di bawah gambar ini.
Setelah kita klik "GO" maka nanti loading dan tunggu sampai selesai seperti berikut ini.
10. Langkah terakhir selanjutnya kita restart apache2 terlebih dahulu baru buka browser kita dan tuliskan "localhost/nama_file_cms", jika kita berhasil maka hasilnya seperti berikut.

Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Dengan adanya website sekolah dengan CMS ini maka sekolahan kita dapat lebih di kenal kalangan luas mengenai sekolahan kita tersebut.

Referensi :
https://sekolahku.web.id/read/3/panduan-installasi-cms-sekolahku

Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan teman-teman, kuang lebihnya mohon maff dan semoga materi pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassamu'alaikum Wr.Wb 



0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers