Monday, April 29, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo teman-teman, kembali lagi di blog Mahfud Andriyan ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara mengatasi jika kita lupa password root pada debian, pastinya banyak teman-teman yang belum tahu ya mengenai tutorial ini jadi langsung saja ya teman-teman simak langkah-langkahnya di bawah ini.


Latar Belakang :
Pada pembuatan artikel cara mengatasi cara lupa password ini berlatar belakang jika kita saat mengalami kelupaan pada password root di debian pastinya ketika belum mengetahuinya akan langsung segera install ulang kembali. Nah teman-teman untuk mengatsi itu semua kita alangkah baiknya mencari cara untuk login dengan membypass grouploader.

Pengertian :

 
Debian merupakan sebuah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas General Public Licensi (GNU) dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU atau linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel linux yang merupakan distribusi linux yang populer dan berpengaruh. Debian sendiri di distribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.

Maksud dan Tujuan :
Bisa melakukan Troubleshooting ketika lupa password root debian tanpa harus menginstall ulang.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu mengatasi masalah lupa password root pada debian yang kita install.

Alat dan Bahan :
Laptop
Charger
Debian yang sudah terinstall


Waktu Kegiatan :
Hari : Senin
TGL : 29 April 2019

Pembahasan :

1. Pertama pastinya teman-teman jika lupa password maka ada tulisan "Login Incorrect" dan tampilannya seperti ini.

Lupa Password
2. Kedua kita lakukan restart pada debian yang kita punya tersebut, untuk masuk pada tampilan awal grub, seperti di bawah ini.

Masuk Group Loader
3. Kemudian pada langkah ketiga ini setelah muncul "group loader" tersebut kita tinggal tekan tombol "E" di keyboard untuk mengedit sintak, seperti berikut.

Sintak Grup Loader
4. Selanjutnya setelah kita masuk pada sintak grup loader tinggal kita tambahkan sintak di antara sintak-sintak yang ada pada group loader tersebut, dengan kita tambahkan setalah kata quiet "init=/bin/bash rw" tanpa tanda petik, seperti gambar berikiut ini.

Menambah Sintak
5. Pada langkah kelima ini setelah kita menambahkan sintak tersebut, tinggal tekan " CTRL + X " maka jika kita berhasil akan muncul tampilan root.
 
CTRl + X

 6. Keenam ini lagsung saja kita mengganti password root pada debian, seperti berikut.

Masukkan Password
7. Langkah terakhir setelah kita membuat password baru tersebut, maka nanti kita akan bisa login pada debian kita, seperti di bawah ini.

Login Sukses

Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan kita mengetahui metode cara mengatasi lupa password root pada debian ini, kita tidak perlu susah payah melakukan instalasi dan konfigurasi pada debian kita tersebut.

Referensi :
Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf

Penutup :
Nah itu saja teman-teman dari saya, semoga pada pembahasan artikel pada kesempatan hari ini dapat membantu bagi kita semua dalam mengatasi lupa password root debian.
Terima Kasih.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers