Tuesday, April 30, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hai guys selamat datang dan berjumpai lagi di blog Mahfud Andriyan, jangan bosan-bosan simak blog saya ini. Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahu bagaimana cara mengganti hostname pada debian server, okey guys untuk lebih jelasnya simak langkah-langkahnya berikut ini.

Latar Belakang :
Pada pemberian hostname debian server ini belatar belakang pada sebuah tanda pengenal pada komputer dalam sebuah jaringan. Jika kita menggunakan 2 hostname dalam satu jaringan maka sistem akan memberitahukan bahwa adanya duplikasi nama. Agar menghindari itu semua maka solusinya harus mengganti hostname tersebut.

Pengertian :
Hostname merupakan sebuah nama mesin yang digunakan sebagai tanda milik dan juga sebagai tanda pengenal dalam jaringan agar bisa diketahui.

Maksud dan Tujuan :
Dapat mengatahui cara mengubah hostname pada debian server

Hasil yang Diharapkan :
Mampu mengubah hostname pada debian server

Alat dan Bahan :
Laptop
Charger
Debian Server yang Sudah Terinstall

Waktu Kegiatan :
Hari : Selasa
TGL : 30 April 2019


Pembahasan :


1. Pertama kita mengecek hostnamenya terlebih dahulu yang ada di pc kita apakah hostname sudah sama apa belum, jika tidak sama maka kita akan mengubahnya menjadi sama. Untuk mengecek hostnamenya kita masukkan perintah seperti berikut ini :

#hostname && hostname -f

Tahap Pengecekan
 2. Kedua setelah kita mengecek hostnamenya berbeda, maka saya akan mengubah hostname tersebut menjadi sama dengan kita masuk ke perintah berikut ini.

#nano /etc/hosts

Tahap untuk mengubah
 3. Ketiga setelah kita masuk dengan perintah tersebut maka akan muncul tampilan secara defaultnya seperti berikut.

Tampilan Default
4. Setelah kita melihat tampilan secara defaultnya, maka kita akan menyamakan hostname kita tersebut, seperti di bawah ini,

Setelah di Edit
Selanjutnya setelah kita mengeditnya, maka kita simpan dan keluar dari tampilan di atas dengan menggunakan "CTRL + X" kemudian kita tekan "Y dan Enter".

5. Kemudian pada langkah kelima ini setelah kita sudah mengedit hostnamenya lalu kita juga mengedit file hostnamenya di "/etc/hostname" dengan menggunakan perintah seperti berikut.
"#echo.skanka.co.id> /etc/hostname"
Edit File Hostname
6. Langkah keenam ini selanjutnya kita lakukan restart pada hostname yang sudah kita ubah tadi, dengan menggunakan perintah seperti berikut.

"#/etc/init.d/hostname.sh"

Merestart Hostname
7. Langkah terakhir setelah kita merestartnya kemudian kita melihat hostname-nya apakah sudah sama atau belum dengan menggunkan perintah seperti di bawah ini.

"#hostname && hostname -f"

Hostname sudah sama
Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan kita merubah hostname debian dengan maka nanti akan mudah mengenali hostname kita dalam jaringan.

Referensi :
Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-telkom.pdf

Penutup :
Okey guys, cukup sekian dan terima kasih dari saya. Semoga pada artikel kali ini dapat bermanfaat bagi saya maupun orang lain.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers