Tuesday, April 30, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hai guys selamat datang dan berjumpai lagi di blog Mahfud Andriyan, jangan bosan-bosan simak blog saya ini. Oke guys tadi setelah mengganti hostname pada debian server, nah kali ini saya akan memberitahu bagaimana cara konfigurasi IP Address pada debian server, okey guys untuk lebih jelasnya simak langkah-langkahnya berikut ini.

Latar Belakang :
Pada konfigurasi IP Address ini merupakan salah satu hal-hal yang penting harus dilakukan setelah kita melakukan instalasi pada sebuah server, Nah sehingga pada konfigurasi IP Address ini sangat perlu dilakukan pada server supaya nanti server kita bisa masuk ke sebuah jaringan sesuai yang kita inginkan kedepannya.

Pengertian : 


IP (Internet Protocol) Address merupakan sebuah alamat IP yang mempunyai derettan angka biner antara 32 bit hingga 128 bit yang dapat digunakan sebagai alamat pada sebuah komputer untuk tersambung ke sebuah jaringan yang ada.

Maksud dan Tujuan :
Dapat mengetahui konfigurasi dan menambah IP Address pada debian server agar bisa terhubung ke sebuah jaringan.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu melakukan konfigurasi IP address pada Debian Server tersebut.

Alat dan Bahan :
Laptop
Charger
Debian Server Yang Sudah Terinstall

Waktu Kegiatan :
Hari : Selasa
TGL : 30 April 2019

Pembahasan :
1. langkah pertama kita login terlebih dahulu ke debian server kita tersebut, seperti di bawah ini.

Pertama
2. Kedua ini setelah kita login pada debian server kita maka kita selanjutnya mengkonfigurasi IP address dari debian server dan untuk melakukan konfigurasi tersebut kita harus masuk menggunakan peritah seperti berikut.

"#nano/etc/network/interfaces"

Kedua
3. Setelah kita mengetikan perintah "#nano/etc/network/interfaces" seperti di atas maka akan muncul tampilan secara defaultnya seperti di bawah ini.

Ketiga
4. Langkah keempat ini kita tahap untuk mengeditnya, setelah kita edit maka kita simpan menekan tombol "CTRL + X"  kemudian kita tekan "lalu Enter", seperti di bawah ini.

Keempat
5. Selanjutnya setelah kita kita mengeditnya kemudian kita lakukan restart pada networking tersebut, seperti berikut.

"#/etc/init.d/networking restart"

Kelima
6. Langkah terakhir kita setelah melakukan restart, selanjutnya kita cek apakah konfigurasi IP tersebut berhasil atau tidak dengan menggunakan perintah seperti di bawah ini.

"#ifconfig"

Keenam

Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan kita melakukan konfigurasi IP address pada Debian Server ini merupakan sebuah langkah dasar untuk mengawali sebuah server tersebut agar bisa terhubung dalam sebuah jaringan yang ada.

Referensi :
Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-telkom.pdf

Penutup :
Okey guys, cukup sekian dan terima kasih dari saya. Semoga pada artikel kali ini dapat bermanfaat bagi saya maupun orang lain.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers