Monday, April 1, 2019


Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hallo semua,bertemu lagi di blog saya. Pada kesempatan hari saya akan membahas materi tentang cara konfigurasi vlan di mikrotik, langsung saja kita semua lihat konfigurasinya.

Latar Belakang :
Pada sebuah VLAN merupakan suatu metode yang sering kita gunakan untuk mendistribusikan beberapa segmen pada sebuah jaringan yang berbeda pada perangkat router yang memiliki interface ethernet fisik yang terbatas.

Pengertian :
VLAN (Virtual LAN) merupakan sekelompok suatu perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan menggunakan perangkat lunak dalam pengelolaannya, sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat kita terhubung dengan jalur yang sama padahal perangkat kita berada pada segmen LAN yang berbeda.

Maksud dan Tujuan : 
Dapat melakukan konfigurasi VLAN di mikrotik.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu membagi sebuah jaringan VLAN tersebut sehingga dapat  mengimplementasikannya di dunia nyata.

Alat dan Bahan :
Laptop
Kabel UTP 1 buah
Router Mikrotik 1 buah
Internet

Waktu Kegiatan :
Hari : Senin
TGL : 01 April 2019

Pembahasan :
VLAN di Mikrotik
Langkah pertama pastikan teman-teman sudah melakukan konfigurasi dasar pada mikrotik kalian, jika belum bisa lakukan konfigurasinya di postingan saya sebelumnya DISINI.

Langkah kedua kita sekarang masuk ke menu interfaces => VLAN => kemudian kita tambahkan dengan klik tanda +.

Langkah yang ketiga kita memberi nama untuk VLAN-nya bisa diganti sesuai keinginan teman-teman, setelah memberi nama VLAN saya akan setting VLAN ID-nya dengan memberikan "VLAN ID 2019" dan tidak lupa untuk interfacenya ganti ke "ether2". Kenapa saya memberikan ether2, sebab ether2 tersebut ether yang tersambung ke laptop kita lalu kita Apply dan Ok.
Maka setelah saya Ok ketika berhasil akan muncul tampilan seperti berikut :
Langkah yang keempat sekarang kita masuk ke menu IP => Addreses dan kita tambahkan dengan mengeklik tanda +. Selanjutnya jangan lupa setelah kita memberikan alamat addressnya kita juga menyetting interfacenya pilih VLAN yang kita buat tadi "vlan2019" lalu Apply dan Ok.

Langkah kelima kita sekarang masuk ke menu Ip lagi selanjutnya kita pilih DHCP Server=>DHCP Setup. Pada DHCP Setup kita klik maka nanti akan muncul tampilan DHCP Server Interface, di saat itu kita jangan lupa memilih interface vlan yang telah dibuat tadi "vlan2019" untuk kita buat DHCP Server agar saat kita konek tidak perlu memasukan IP pada laptop kita secara manual lalu klik next sampai selesai.
Setelah kita klik next sampai selesai maka nanti jika berhasil akan muncul tampilan sebagai berikut :

Langkah yang keenam kita masuk pada setelan "Network Connections => klik Ethernet lalu kita tambahkan dengan tanda +." Setelah kita klik tanda + maka akan muncul tampilan "Choose a Connection Type" di menu tersebut terdapat banyak pilihan sehingga kita harus memilih VLAN lalu kita klik Create.

Maka setelah kita Create tadi nanti akan muncul tampilan yang harus kita isi dengan benar agar nanti kita bisa tersambung internet. Hal yang pertama kita isi yaitu "Connection name : VLAN 2019" kemudian kita isi "parent interface via DHCP" seperti halnya di winbox tadi vlan2019 telah kita setting DHCP Server maka kita juga tinggal pilih DHCP saja terus jangan lupa  VLAN id kita isi sesuai Vlan id yang telah kita buat tadi "VLAN ID 2019" selanjutnya kita klik save.

Untuk mengeceknya apakah kita sudah berhasil buat vlan di network connection tadi, kita bisa mengeceknya di menu "Network Conections".
Langkah yang ketujuh sekarang kita cek apakah jaringan vlan kita tadi bisa terhubung dengan laptop kita apa tidak melalui settingan "network", maka setelah berhasil nanti laptop kita akan dapat IP secara DHCP.


Setelah kita tadi mengecek ternyata sudah dapat IP secara DHCP maka selanjutnya kita lakukan "ping google.com" melalui terminal untuk memastkan apakah settingan vlan kita sudah terhubung dengan internet apa belum.

Ternyata setelah dilakukan pengecekan melalui ping laptop saya sudah bisa konek ke internet, untuk memastikan konek internet dengan cara yang kedua kita bisa melalui browser. pada browser kita bisa cari sesuai keinginan kalian,contohnya sebagai berikut :
Konfigurasi Vlan

Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan kita menggunakan konfigurasi vlan ini, kita dapat membagi sebuah jaringan selain itu kita juga dapat menjadi lebih hemat dengan  alat yang kita butuhkan saat membangun jaringan seperti kabel.
Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan teman-teman, semoga materi konfigurasi vlan di mikrotik ini bermanfaat bagi kita semua.
Terima kasih.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers