Tuesday, April 2, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Pada kesempatan hari ini saya akan membahas materi tentang menjaga keamanan pada mikrotik melalui management group user login.

Latar Belakang :
Pada management grup user login ini memiliki tujuan agar menjaga keamanan di mikrotik, sehingga dalam mikrotik kita itu terdapat hak akses yang setiap user loginnya dapat kita amankan dan kita bedakan dari setiap user mikrotik tersebut.

Pengertian :
Group user merupakan salah satu sebuah sub fitur membership yang dapat kita gunakan untuk mengklasifikasikan setiap user yang akan login dalam sebuah fitur yang diinginkan.

Maksud dan Tujuan :
Dapat memahami dan mempraktekkan tentang management user login di mikrotik tersebut.
Hasil yang Diharapkan :
-Mampu menjaga keamanan mikrotik saat masuk dengan winbox.
-Mampu mengatur user dan group akses di mikrotik.

Alat dan Bahan :
1 buah Mikrotik
Laptop/PC
Kabel UTP

Waktu Kegiatan :
Hari : Selasa
TGL : 03 April 2019

Pembahasan :

Dalam mikrotik terdapat 3 macam jenis group, dan group ini yang dapat membedakan suatu batasan akses untuk masing-masing user. Pada group ini saya akan menjelaskan beberapa jenis group tersebut dan memberikan perbedaan dari masing group itu sendiri.

1. Group Full
 Group full ini berfugsi untuk membuat seluruh konfigurasi pada sebuah mikrotik.

2. Group Write
Group write ini memiliki fungsi tidak jauh berbeda dengan group full hanya membedakan tidak bisa menambahkan user  login baru dan mereset konfigurasi pada mikrotik.

3. Group Read
Group read hanya dapat melihat isi dari semua konfigurasi pada mikrotik namun tidak bisa menambahkan user atau melakukan konfigurasi apapun.

Langkah pertama dalam management user login itu kita pastikan sudah berada di menu mikrotik yang terdapat di winbox tersebut.


Langkah yang kedua ini kita menambahkan password user default, sebelum masuk memberipassword pada user di mikrotik kita harus masuk ke menu system => users.

Maka nanti akan muncul tampilan user list, pada tampilan user list itu kita klik secara double klik pada user admin.

Selanjutnya setelah kita lakukan double klik pada user admin, kita sekarang klik pada password dan isikan password user admin tersebut dengan password yang kalian inginkan.


Langkah yang ketiga sekarang kita tambahkan user baru dengan cara kita masuk di menu system=> user lalu kita klik tombol add (+) pada menu user.
 

Pada tahap ini kita berikan nama dan group hak akses sesuai keinginan kalian, sebagai contoh kita beri group "read" untuk user yang mengakses hanya bisa membaca dan tidak bisa menambahkan konfigurasi ataupun menambahkan password di mikrotik.
 
 
Sebenarnya kita selain memberi group read kita juga bisa memberi hak akses user dengan memilih grup yang lain, berikut contoh memilih group.


Setelah kita memberikan user dan group tadi, kita coba masuk ke mikrotik melalui winbox untuk mengecek apakah user yang kita buat tadi.


Seperti ini pada user dan group read kita hanya bisa melihat isi konfigurasi tetapi tidak bisa mengedit bahkan menambahkan konfigurasi apapun pada mikrotik tersebut.


Langkah yang keempat ini sebagai langkah yang terakhir yaitu dengan mengatur group pada mikrotik dengan cara masuk di menu system=>users kemudian pindah ke tab "Groups" dan pilih akses yang ingin kita edit.

 
Sebagai contohnya saya memilih read,sebenarnya bisa mengedit fitur-fitur apa saja yang dapat kita akses dan fitur yang tidak bisa diakses pada group tersebut.


Temuan Masalah :
-
Kesimpulan :
Jadi dengan kita mengetahui tentang management user di mikrotik ini, merupakan salah satu upaya untuk mengamankan mikrotik kita agar tidak sembarangan orang bisa masuk dan mengubah konfigurasi di mikrotik kita tersebut.

Penutup :
Sekian yang dapat saya sampaikan pada materi management group user login ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Terima kasih.
Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers