Thursday, April 4, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Halo semua, kembali lagi di blog saya. Pada kesempatan hari ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti training Mikrotik MTCNA.


Latar Belakang :
Pada sertifikasi mikrotik  MTCNA yang berada di BLC Telkom ini merupakan sertifikasi yang dimana untuk mencetak siswa-siswi magang yang menjadi bersertifikasi secara internasional.


Pengertian :

  
Mikrotik adalah perusahan kecil yang berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins. Sedangkan MTCNA  (Mikrotik Certified Network Assosiated) adalah sertifikasi di mikrotik pada tingkatan yang pertama.


Maksud dan Tujuan :
Dapat mengikuti training Mikrotik MTCNA dan MTCRE yang ada di BLC Telkom klaten.


Hasil yang Diharapkan :
Menjadi generasi muda agar lebih paham mengenal mikrotik dan bersertifikasi secara internasional.

Alat dan Bahan :
Laptop
Mikrotik
Kabel UTP
Koneksi Internet
Modul MTCNA

Waktu Kegiatan :
08.00-12.00 : Training
12.00-13.00 : Istirahat
13.00-16.00 : Training
16.00-16.30 : Istirahat
16.30-17.30 : Training
17.30-20.00 : Istirahat
20.00-22.00 : Training

Pembahasan :
MTCNA  (Mikrotik Certified Network Assosiated) adalah sertifikasi di mikrotik pada tingkatan yang pertama. Pada materi dasar MTCNA ini yang dipelajari diantaranya cara mengakses mkrotik, mereset mikrotik, cara mengamnakan mikrotik dan lain sebagainya.



Perkenalan dari Pak Ziad Sobri sebagai trainer mikrotik yang akan mentraining kami siswa magang yang berada di BLC Telkom Klaten ini, beliau mendapatkan sertifikat trainer mikrotik di Venish,Italian pada tahun 2014. Pak Ziad Sobri sendiri juga sudah mendapatkan semua sertifikasi mikrotik secara internasional.

Pada hari ini itu sebelum materi kami juga diberikan tugas pertama yaitu untuk melakukan pendaftaran akun ke mikrotik dengan registrasi ke https://mikrotik.com/client/register setalah  setelah itu login ke akun mikrotik https://mikrotik.com/client/login dengan menggunkan username dan password yang telah kita buat. Kemudian setelah login akun kami diperintahkan untuk mengerjakan soal practice exam yang ada di https://mikrotik.com/client/trainingSessions untuk mengeahui kemampuan kita apakah sudah paham tentang mikrotik. Selanjutnya Pak ZIad Sobri memberikan materi pertama yang disampaikan Pak Ziad Sobri yaitu pengenalan mikrotik seperti series produk mikrotik dan kode produk mikrotik, selain itu juga dikenalkan tentang basic konfigurasi pada mikrotik, macam-macam mengakses mikrotik dan cara mengamankan mikrotik.

Macam-macam Cara Mengamankan Mikrotik Dengan Menggunakan :
1. Winbox
2. Webfig
3. Mac Winbox
4. Telnet
5. SSH
6. Mac Telnet
7. Console

Cara Mengamankan Mikrotik :
1. Pertama mengganti user dan password default pada mikrotik dengan cara " System=> user=>add(+)=>user" kemudian setelah dibuat yang baru kita bisa menghapus maupun menonaktifkan user dan password default tersebut. Alasan kenapa user dan password default harus diganti?, karena agar tidak mudah ditebak maupun di hack orang dengan bruteforce.

2. Mematikan service yang tidak digunakan dengan cara kita masuk pada " IP => service=>pilih service yang akan dimatikan dengan klik service tersebut kemudian klik tanda X"

3. Menggantikan port service yang ada di mikrotik melalui " IP=> service=>pilih service yang akan diganti portnya=> tuliskan portnya."

4. Langkah Terakhir dengan mengamanakan Mac Address melalui "Tools=> Mac Server=> add (+) => Pilih interface mana yang akan di ijinkan untuk mengakses mikrotik melalui winbox."

Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi pada hari pertama training mikrotik MTCNA ini kita dapat mengetahui tentang cara mengakses mikrotik dan cara mengamankan mikrotik.

Referensi :
Pak Ziad Sobri
Penutup :
Oke teman-teman sekian yang dapat saya sampaikan pada hari ini, simak kelanjutan sharing pengalaman training ini ya. Semoga sharing kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Wassamu'alaikum Wr.Wb 



0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers