Saturday, April 13, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Pada kesemptan kali saya akan sedikit memberikan pengetahuan materi tentang cara setting VPN di mikrotik, langsung saja simak berikut ini teman-teman.


Latar Belakang :
Pada jaringan sering kali disebut sekumpulan komputer yang saling terhubung,namun pernyataan itu kita sadari bahwa terhubung tidaklah harus berkumpul. Bahkan ketika saling berjauhanpun masih bisa terhubung dan dapat terhubung kejaringan yang melewati beberapa jaringan yang lain

Pengertian :
VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah jaringan komputer dimana koneksi antar perangkatnya (node) dapat memanfaatkan jaringan publik sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi internet di masing-masing site.

PPTP (Point To Point Tunnel Protocol) merupakan sebuah service yang sering digunakan untuk membangaun sebuah jaringan VPN, Pada PPTP sendiri mempunyai sebuah koneksi terdiri dari PPPT Server dan PPTP Client.

Maksud dan Tujuan :
Kita dapat mengamankan jalur jaringan yang kita gunakan.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu memahami cara kerja VPN dan bisa menghubungkan jaringan dengan cara melewati jaringan yang lain.

Alat dan Bahan :
Laptop/PC
Mikrotik
Kabel UTP
Koneksi Internet


Waktu Kegiatan :
Hari : Sabtu
TGL : 13 April 2019


Pembahasan :


 1. Langkah pertama mengakses mikrotik melalui winbox,kemudian kita klik pada menu ppp.

Setelah kita klik menu ppp maka selanjutnya kita klik menu interface lalu klik menu PPTP Server.


2. Langkah kedua pada menu PPTP Server, centang pada bagian "Enable". Default profilenya ganti dengan "default-encryption". Lalu pada bagian kotak merah yang bawah centang semuanya lalu setelah dicentang klik Apply dan OK.


3. Langkah ketiga kita kembali ke menu "Interface" kemudian klik "Add (+)" dan kita pilih PPTP Server Binding.


Setelah kita klik pada PPTP Server Binding maka kita buat nama "User" sesuai dengan yang di inginkan. Kalau sudah tinggal Apply dan Ok.


4. Langkah keempat kita kembali lagi ke menu "Interface" kemudian klik "PPTP Client", seperti berikut.


Selanjutnya setelah kita klik PPTP Client maka akan muncul tampilan interface <pptp-out1> lalu kita pilih menu "Dial Out" dan isikan pada "Connect To (di isi IP PPoE Server kalian)", jangan lupa isi "User dan password" dan kemudian ubah profilenya menjadi "default-encryption", sebelum kita apply pastikan sudah di isi semua baru kita Apply dan Ok.


5. Langkah kelima kita masuk ke menu "Secrets" isikan "Nama dan Password" yang telah kita buat tadi, isikan profilenya "default-encryption" dan tidak lupa kita isikan pada "Local Address dan Remote Address" nya sesuai yang diinginkan, kemudian Apply dan Ok.


6. Langkah keenam kita masuk pada settingan laptop maupun pc kita di "network connections" pilih ethernet lalu kita tambhakan dengan klik (+).


Kemudian setelah kita klik (+) maka akan tampil choose a connection type pilih "Point-to-Point Tunneling Protocol (PPTP)" lalu klik "Create".


7. Langkah ketujuh setelah kita create tadi maka kita masuk ke "Editing VPN" isikan pada "Gateway" sesuai dengan "Connect To" yang telah kita buat di mikrotik tadi. Kemudian kita mengisi "username dan password" seperti yang kita buat di mikrotik tadi, tetapi sebelum kita memasukan username dan passwordnya kita klik yang diberi tandah panah itu kita pilih yang " Store the password only for this user" lalu baru kita save.


8. Langkah terakhir kita coba mengecek VPN yang kita buat itu apakah sudah bisa connect atau belum, ketika konfigurasi kita benar maka akan bisa connect seperti berikut.


Temuan Masalah :
Terkadang agak kebingungan ketika memasukan ip Local Address dan Remote Address.

Kesimpulan :
Jadi dengan kita menggunakan VPN kita dapat terhubung ke jaringan lain melalui jaringan VPN yang telah kita buat. Bahkan selain terhubung kita juga dapat meremote mikrotik kita, sehingga kita dapat mengamankan jaringan yang kita punya dengan VPN yang bersifat aman dalam mencari jalur private.


Referensi :
http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=43

Penutup :
Oke teman-teman itu saja sedikit pengetahuan yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman.

Wassamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers