Friday, April 12, 2019


Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hai teman-teman, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel mengenai cara blokir situs dengan layer 9 protocol di mikrotik.


Latar Belakang :
Pada zaman sekarang banyak situs yang kurang bermanfaat, maka dengan adanya metode blok situs menggunkan layer 7 protocol ini kita dapat memfiltering agar situs-situs yag kurang bermanfaat itu tidak dapat kita akses.

Pengertian :
Layer 7 Protocol merupakan sebuah firewall yang sangat bagus dan kompleks dibandingkan dengan firewall-firewall yang lain di dalam mikrotik sehingga ini menjadikan layer 7 protocol ini disebut firewall filtering.


Maksud dan Tujuan :
Dapat memahami dan mengerti cara kerja dari blok situs dengan layer 7 protocol

Hasil yang Diharapkan :
Mampu dan bisa blokir situs dengan metode layer 7 protocol

Alat dan Bahan :
Laptop
Mikrotik
Kabel UTP
Koneksi Internet

Waktu Kegiatan :
Hari : Jumat
TGL : 12 April 2019

Pembahasan :


Layer 7 Protocol merupakan sebuah firewall yang sangat bagus dan kompleks dibandingkan dengan firewall-firewall yang lain di dalam mikrotik sehingga ini menjadikan layer 7 protocol ini disebut firewall filtering. Pada ayer 7 protocol ini kita dapat memblokir situs http maupun https, tidak seperti halnya dengan web proxy yang hanya bisa memblokir situs http.

1. Pertama kita masuk ke "IP=> Firewall" , seperti gambar dibawah ini.


2. Kedua setelah kita kita klik firewall maka akan muncul tampilan ""Firewall" dan pindah ke tab menu "Layer 7 Protocols" kemudian kita tambahkan klik (+), seperti berikut.


3. Ketiga selanjutnya setelah kita klik (+) akan ada tampilan "Firewall L7 Protocol", disini kita tambahakan nama terserah teman-teman kemudian tulisankan format situs yang akan kita blokir di menu "Regexp" , disini saya akan mencoba memblokir situs facebook dan instagram dengan cara ^.+(facebook.com|instagram.com).*$ kemudian kita Apply dan Ok.


4. Keempat kita kembali lagi ke tab menu "Filter Rules" kemudian kita klik add (+).

Kemudian setelah kita klik add maka akan ada tampilan "New Firewall Rule" kita isikan "Chain dengan type forwad", kenapa forwad ? karena nanti akan diteruskan koneksi dari client atau host ke internet melalui router kita.


5. Pada langkah ini kita pindah ke tab menu "Advanced" kemudian kita isikan "Layer 7 Protocol" dengan list yang kita buat tadi.


Selanjutnya setelah kita isikan layer 7 protocol, kita pindah ke tab menu "Action" dan pilih type "drop" (Karena untuk menolak packet) lalu kita Apply baru Ok.



6. Langkah keenam ini merupakan langkah terakhir kita mencoba akses situs yang kita blokir tadi (facebook dan instagram) dengan layer 7 protocol ini, jika teman-teman berhasil dalam konfigurasi ini maka facebook dan instagram tersebut tidak dapat di akses, sebagai contoh lihat gambar di bawah ini.


7. Sebenarnya untuk blokir situs ini hanya sampai langkah keenam, dan mengapa saya menulis ketujuh ini ya saya akan menampilkan Langkah pembuktian jika "fFirewall" kita "disable" ataupun kita hapus maka hasilnya situs yang kita blok itu bisa akses kembali, untuk jelasnya kita lihat gambar dibawah ini.


Setelah kita disable kita coba akses kembali maka hasilnya, seperti berikut ini.



Temuan Masalah :
Kelemahan dari firewall layer 7 protocol ini yaitu dapat meningkatkan penggunaan memori pada mikrotik maupun PC router.


Kesimpulan :
Jadi dengan firewall layer 7 protocol di mikrotik ini dapat memblokir situs-situs dengan tipe http maupun https, sehingga dapat memfiltering secara aman.


Referensi :
Modul MTCNA

Penutup :
Oke teman-teman, sekian yang dapat saya sampaikan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Terima Kasih.

Wassamu'alaikum Wr.Wb 



0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers