Wednesday, May 15, 2019

Assamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan :
Hai teman-teman selamat datang kembali di blog Mahfud Andriyan ini, pada kesempatan hari ini saya akan membahas materi mengenai konfigurasi DHCP server pada debian server, untuk lebih detailnya silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Latar Belakang :
Pada sebuah jaringan itu pastinya ada yang nama server dan client, jika server itu mempunya sebuah ip secara manual maka si client akan bisa tersambung namun dengan cara yang manual. Nah maka dari itu saya melakukan konfigurasi IP DHCP server ini karena pada server agar bisa memberikan alamat ip kepada client secara manual.

Pengertian :
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) merupakan sebuah layanan yang memberikan nomor IP secara otomatis kepada komputer yang memintanya (client).

Maksud dan Tujuan :
Supaya memudahkan client agar tidak mensetting ip secara manual.

Hasil yang Diharapkan :
Mampu melakukan konfiigurasi IP DHCP debian server tersebut.

Alat dan Bahan :
Laptop
Charger
Debian Server
PC Client

Waktu Kegiatan :
Hari : Rabu
TGL : 15 Mei 2019

Pembahasan :

1. Pertama kita install terlebih dahulu package DHCP nya dengan perintah apt-get install dhcp-server.

2. Kedua kita lakukan konfigurasi pada DHCP nya dengan menggunkan perintah seperti gambar di bawah ini.

Kemudian cari kalimat A Slightiy dengan menekan CTRL + w lalu tuliskan kalimat yang ingin dicari.


3. Langkah ketiga jika sudah ketemu dengan kata yang di cari tadi maka kita hapus semua tanda # dan mengubah parameter ipnya seperti gambar di bawah ini serta jangan lupa kalau sudah di simpan dengan menekan CTRL + x + y lalu enter.
4. Langkah keempat ini kita tentukan interface yang diinginkan untuk menjadi DHCP tersebut dengan menggunakan perintah nano /etc/default/isc-dhcp-server. Kemudian cari dibagian paling bawah INTERFACES="di isi interfacenya" kemudian di simpan dengan menekan CTRL + x + y lalu enter.
 
5. Setelah itu kita restart dengan menggunakan perintah seperti berikut ini.
6. Kemudian kita mengecek apakah sudah berjalan apa belum konfigurasi DHCP tersebut dengan menggunkan perintah seperti gambar dibawah ini.
7. Jika sudah berjalan maka kita mengecek alamat ip DHCP yang sudah kita tentukan ip addressnya tadi, jika berhasil maka akan sesuai ip yang telah kita atur sebelumnya, sebagai contoh berikut gambarnya.

Temuan Masalah :
-

Kesimpulan :
Jadi dengan menggunakan  DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) merupakan layanan server yang dapat memberikan alamat ip kepada client secara otomatis dan lebih efisien waktu (tidak perlu manual).

Referensi :
Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf

Penutup :
Baiklah teman-teman, ini saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan hari ini, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Post a Comment

Pages

Penayangan

Translate

Jadwal Sholat

FOTO

  • SEKOLAH

    Followers